Monday 31 July 2017


Tugas                           : Studi Tekstual dan terjemahan
Mata kuliah                 : Eksegese Perjanjian Lama
Dosen pengapu           : Dr. Harianto Gp, D.Th
Nama mahasiswa        : Ampuni Gulo
Semester                      : III PAK
NIM                            : 314060
Tanggal tugas              : 06 Oktober 2015

STUDI TEKS KELUARAN 27:20-21
Analisa Tekstual[1]

 Keluaran 27:20וְאַתָּ֞ה[2] תְּצַוֶּ֣ה׀ אֶת־בְּנֵ֣י יִשְׂרָאֵ֗ל וְיִקְח֨ו אֵלֶ֜יךָ שֶׁ֣מֶן זַ֥יִת זָ֛ךְ כָּתִ֖ית לַמָּאֹ֑ור לְהַעֲלֹ֥ת נֵ֖ר תָּמִֽיד׃
Keluaran 27:21בְּאֹ֣הֶל[3] מֹועֵד֩ מִח֨וּץ לַפָּרֹ֜כֶת אֲשֶׁ֣ר עַל־הָעֵדֻ֗ת יַעֲרֹךְ֩ אֹתֹ֨ו אַהֲרֹ֧ן וּבָנָ֛יו מֵעֶ֥רֶב עַד־בֹּ֖קֶר לִפְנֵ֣י יְהוָ֑ה חֻקַּ֤ת עֹולָם֙ לְדֹ֣רֹתָ֔םa[4] מֵאֵ֖ת בְּנֵ֥י יִשְׂרָאֵֽל׃ ס
TERJEMAHAN PENULIS
Keluaran 27:20-21
Ayat 20
            Sekarang kamu memerintahkan[5] keturunan Israel untuk mengambil[6] minyak pohon zaitun yang murni untuk membesarkan[7] orang termasyur ayah dari Abner.


Ayat 21
            Didalam sebuah kemah pertemuan[8] di depan tirai yang menutupi tabut hukum, Harun dan keturunannya mengaturnya[9] dari malam sampai pagi dihadapan Tuhan sebagai ketetapan yang berlangsung lama pada generasi[10] keturunan Israel.


[1]Tekstual adalah suatu bentuk kritik teks yang diambil berdasarkan sumber-sumber atau bahan-bahan yang ada.Penulis mengacu kepada teks Ibrani yang adalah teks Masoret yang diambil dari A. Alt. P. Kahle Ediderat, R. Kittel, Biblia Hebreica Stuttgartensia.(Jerman: Deutsche Bibleg ellschaftn Stuttgart, 1990), 958. Karena teks Masoret ini mewakili sebuah tradisi kritik teks Yahudi yang berlangsung lama.BHS memakai kodeks Leningard, yaitu kodeks abad pertengahan pada tahun 1008 dari tradisi Tiberias.

Tugas                           : Studi Teks dan Terjemahan
Mata Kuliah                : Eksegese Perjanjian Lama
Dosen Pengampu        : Dr. Harianto GP, Th.M., M.pd.K
Nama Mahasiswa        : eko basuki
Semester                      : III (PAK)
N.I.M                          : 314061
Tanggal Tugas             : 26 September 2015

Studi Tekstual dan Terjemahan Hakim-Hakim 3:7-11
Analisa Tekstual[1]
7     וַיַּעֲשׂ֨וּ[2] בְנֵי[3]־יִשְׂרָאֵ֤ל[4] אֶת־[5]הָרַע֙ בְּעֵינֵ֣י יְהוָ֔ה וַֽיִּשְׁכְּח֖וּ אֶת־יְהוָ֣ה אֱלֹֽהֵיהֶ֑ם וַיַּעַבְד֥וּ אֶת־הַבְּעָלִ֖ים וְאֶת־הָאֲשֵׁ[6]רֽוֹת[7]׃
8     וַיִּֽחַר־אַ֤ף יְהוָה֙ בְּיִשְׂרָאֵ֔ל וַֽיִּמְכְּרֵ֗ם בְּיַד֙ כּוּשַׁ֣ן רִשְׁעָ[8]תַ֔יִם מֶ֖לֶךְ אֲרַ֣ם נַהֲרָ֑יִם וַיַּעַבְד֧וּ בְנֵֽי־יִשְׂרָאֵ֛ל אֶת־כּוּשַׁ֥ן רִשְׁעָ[9]תַ֖יִם שְׁמֹנֶ֥ה[10] שָׁנִֽים׃
9     וַיִּזְעֲק֤וּ בְנֵֽי־יִשְׂרָאֵל֙ אֶל־יְהוָ֔ה וַיָּ֨קֶם[11] יְהוָ֥ה מוֹשִׁ֛יעַ לִבְנֵ֥י יִשְׂרָאֵ֖ל וַיּֽוֹשִׁיעֵ֑ם[12] אֵ֚ת עָתְנִיאֵ֣ל בֶּן־קְנַ֔ז אֲחִ֥י כָלֵ֖ב [13]הַקָּטֹ֥ן מִמֶּֽנּוּ[14]׃
10     וַתְּהִ֨י עָלָ֥יו רֽוּחַ־יְהוָה֮ וַיִּשְׁפֹּ֣ט אֶת־יִשְׂרָאֵל֒ וַיֵּצֵא֙ לַמִּלְחָמָ֔ה וַיִּתֵּ֤ן יְהוָה֙ בְּיָד֔וֹ אֶת־כּוּשַׁ֥ן רִשְׁעָתַ֖יִם[15] מֶ֣לֶךְ אֲרָ֑ם וַתָּ֣עָז[16] יָד֔וֹ עַ֖ל כּוּשַׁ֥ן רִשְׁעָתָֽיִם[17]׃
11     וַתִּשְׁקֹ֥ט הָאָ֖רֶץ אַרְבָּעִ֣ים שָׁנָ֑ה וַיָּ֖מָת עָתְנִיאֵ֥ל בֶּן־קְנַֽז׃ פ









U L A N G A N   2  :  1   1 3
(Beberapa Catatan dan Informasi/Kutipan Lepas)
1. Kronologi
     kr. (kira-kira) 1446 sM       : Keluaran (“Exodus”) dari Mesir.
     kr. 1446 – 1406 sM           : Masa pengembaraan di padang gurun.  
     kr. 1445 sM                       : Dasa Titah diberikan.
     kr. 1406 sM                       : Kitab Ulangan [mulai] ditulis.
     kr. 1406 sM                       : Musa meninggal. Joshua menjadi pemimpin pengganti.
     kr. 1406 sM                       : Umat Israel memasuki Tanah Kanaan.      
       [Sumber: Quest Study Bible (Grand Rapids, Mich.: Zondervan, 2003), p. 246].

2. Pengantar    
     Istilah “ulangan” yang menjadi judul kitab bacaan kita sekarang ini berasal dari istilah
     deuteronomion (Yunani), yang berarti peng-ulangan [hukum Taurat]. Istilah ini meru-
     pakan terjemahan [yang keliru] untuk kata-kata “salinan hukum ini” dalam Ul 17:18.
     Kitab ini menyuguhkan suatu seri pidato Musa. Sebelum meninggal, dan sebagai pe-
     mimpin umat, dia memberikan peraturan-peraturan kepada bangsanya. Sekaligus meru
     -pakan pesan terakhir dari Musa untuk bangsanya tentang cara bagaimana mereka hi-
     dup dalam negeri (Tanah Kanaan) yang akan mereka masuki dan duduki untuk kemu-
     dian dihuni oleh mereka [Sumber: Etienne Charpentier, Bagaimana Membaca Perjanjian Lama, terj. (Jakarta: BPK-GM,
        1969), hlm. 75].

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...