TEORI, PRINSIP DAN KONSEP PEMBELAJARAN
TEORI PEMBELAJARAN
Teori ialah prinsip kasar yang menjadi dasar pembentukan sesuatu ilmu pengetahuan. Dasar teori
ini yang akan di kembangkan pada ilmu pengetahuan agar dapat di ciptakan pengetahuan baru
yang lebih lengkap dan detail sehingga dapat memperkuat pengetahuan tersebut.Teori juga
merupakan satu rumusan daripada pengetahuan sedia ada yang memberi panduan untuk
menjalankan penyelidikan dan mendapatkan maklumat baru. Sehingga ada ahli yang
mengemukakan asumsinya terhadap kebutuha adanya sebuah rumusan teori. Menurut
Snelbecker(di situs www.teknologi-pembelajaran.com) menjelaskan sejumlah asumsi dijadikan
dasar untuk menentukan gejala yang diamati dan atau teori yang dirumuskan. Asumsi-asumsi itu
adalah:
Ilmu dan pengetahuan berkembang dengan pesat dengan implikasi bagi kebanyakan orang untuk
mengikuti perkembangan itu.Pertambahan penduduk akan senantiasa terjadi meskipun dengan
derajat perbandingan yang kian mengecil. Perkembangan penduduk ini membawa implikasi makin
banyaknya mereka yang perlu memperoleh pendidikan.Terjadinya perubaha-perubahan mendasar
dan bersifat menetap di bidang sosial, politik, ekonomi, industri, atau secara luas kebudayaan,
yang menghendaki re-edukasi atau pendidikan terus-menerus bagi semua orang.Penyebaran
teknologi ke dalam kehidupan masyarakat yang makin meluas. Masyarakat mengandung budaya
dan teknologi, yang memengaruhi segenap bidang kehidupan, termasuk di dalamnya bidang
pendidikan.Makin terbatasnya sumber-sumber tradisional sehingga harus diciptakan sumber-
sumber baru dan sementara itu memanfaatkan sumber yang makin terbatas itu secara lebih
berdaya guna dan berhasil guna. Termasuk dalam sumber tradisional ini adalah sumber insani
untuk keperluan pendidikan.
Dan untuk asumsi tersebut dapat di buktikan kebenarannya atau tidak itu tidak menjadi masalah
dalam teori Pembelajaran. Yang terpenting adalah hasil Teori -teori yang di kemukakan ahli dapat
memberikan rumusan baru pada pembelajaran. Pada asasnya, teori-teori pembelajaran masa kini
dapat diklasifikasikan kepada teori yang utama yaitu yaitu behavioris, kognitif, sosial, humanis,
Piaget, Vygotsky, Ausubel, dan Konstruktivisme. Untuk lebih jelasnya, disini akan di bahas satu-
persatu di bawah ini.
1. Teori Behavioris