Friday 28 May 2021

TEORI, PRINSIP DAN KONSEP PEMBELAJARAN

 TEORI, PRINSIP DAN KONSEP PEMBELAJARAN

TEORI PEMBELAJARAN

Teori ialah prinsip kasar yang menjadi dasar pembentukan sesuatu ilmu pengetahuan. Dasar teori

ini yang akan di kembangkan pada ilmu pengetahuan agar dapat di ciptakan pengetahuan baru

yang lebih lengkap dan detail sehingga dapat memperkuat pengetahuan tersebut.Teori juga

merupakan satu rumusan daripada pengetahuan sedia ada yang memberi panduan untuk

menjalankan penyelidikan dan mendapatkan maklumat baru. Sehingga ada ahli yang

mengemukakan asumsinya terhadap kebutuha adanya sebuah rumusan teori. Menurut

Snelbecker(di situs www.teknologi-pembelajaran.com) menjelaskan sejumlah asumsi dijadikan

dasar untuk menentukan gejala yang diamati dan atau teori yang dirumuskan. Asumsi-asumsi itu

adalah:


Ilmu dan pengetahuan berkembang dengan pesat dengan implikasi bagi kebanyakan orang untuk

mengikuti perkembangan itu.Pertambahan penduduk akan senantiasa terjadi meskipun dengan

derajat perbandingan yang kian mengecil. Perkembangan penduduk ini membawa implikasi makin

banyaknya mereka yang perlu memperoleh pendidikan.Terjadinya perubaha-perubahan mendasar

dan bersifat menetap di bidang sosial, politik, ekonomi, industri, atau secara luas kebudayaan,

yang menghendaki re-edukasi atau pendidikan terus-menerus bagi semua orang.Penyebaran

teknologi ke dalam kehidupan masyarakat yang makin meluas. Masyarakat mengandung budaya

dan teknologi, yang memengaruhi segenap bidang kehidupan, termasuk di dalamnya bidang

pendidikan.Makin terbatasnya sumber-sumber tradisional sehingga harus diciptakan sumber-

sumber baru dan sementara itu memanfaatkan sumber yang makin terbatas itu secara lebih

berdaya guna dan berhasil guna. Termasuk dalam sumber tradisional ini adalah sumber insani

untuk keperluan pendidikan.

Dan untuk asumsi tersebut dapat di buktikan kebenarannya atau tidak itu tidak menjadi masalah

dalam teori Pembelajaran. Yang terpenting adalah hasil Teori -teori yang di kemukakan ahli dapat

memberikan rumusan baru pada pembelajaran. Pada asasnya, teori-teori pembelajaran masa kini

dapat diklasifikasikan kepada teori yang utama yaitu yaitu behavioris, kognitif, sosial, humanis,

Piaget, Vygotsky, Ausubel, dan Konstruktivisme. Untuk lebih jelasnya, disini akan di bahas satu-

persatu di bawah ini.

1. Teori Behavioris

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...