Kreasi, Membuat, Menciptakan
Pengantar
Teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang tepat dan sumber daya. Di sini ada proses atau sumber daya untuk menggunakan atau mengelola bahan yang di nciptakan.
Bab ini berkaitan dengan kegiatan dan teori terkait
dengan proses seluruh kompleks yang terlibat dalam menciptakan bahan ajar,
pembelajaran lingkungan, dan sistem belajar-mengajar yang lebih besar.
Definisi sebelumnya AECT (Seels & richey, 1994)
menggunakan istilah desain, pengembangan, dan evaluasi untuk merujuk pada
fungsi menciptakan sumber daya untuk belajar. Definisi saat menghindari
istilah-istilah tersebut untuk cadangan mereka untuk digunakan sebagai istilah
teknis untuk menggambarkan langkah-langkah tertentu dalam proses yang lebih
besar dari penciptaan. Orang-orang telah dihasilkan sumber sukses
belajar-mengajar tanpa sadar terlibat dalam formal "desain,"
"pengembangan," atau "kegiatan evaluasi". Istilah-istilah
ini cenderung berhubungan dengan pendekatan-pendekatan sistem tertentu. Tapi
metodologi desain muncul dari berbagai pendekatan yang berbeda: estetika,
ilmiah, teknik, psikologi, prosedural, atau
82
sistemik, yang masing-masing dapat digunakan untuk menghasilkan bahan dan
kondisi yang efektif untuk belajar. itu adalah maksud dari bab ini untuk
membahas berbagai cara creat-
ing berbagai jenis bahan dan sistem untuk belajar. Paruh pertama bab ini menunjukkan bagaimana makna dan metode menciptakan telah berevolusi sebagai sorotan telah pindah dari satu bentuk media yang lain sepanjang sejarah modern lapangan, dengan media yang berbeda membawa masalah penelitian yang berbeda dan teori-teori ke lapangan. Bagian kedua dari penawaran bab dengan "ide-ide besar," termasuk prinsip-prinsip desain pesan dan model desain instruksional, yang mendasari proses menciptakan media pembelajaran. Bab ini diakhiri dengan melihat beberapa isu-isu kontemporer yang berkaitan dengan menciptakan.