Tuesday, 25 July 2017



MANAJEMEN STRATEGIK
PERGURUAN TINGGI








Sub-Pokok Bahasan Planning of Ministry in the Christian Education

-- eko basuki --

Dosen Pengampu : 
Stevri Indra Lumintang 





Program Master of Theology (M.Th)
STT Pokok Anggur (STT-PA)


3 – 7 April 2017


Daftar Isi


Bab 1. Latar Belakang Masalah……………………………………………….……2

Bab 2. Pengertian Manajemen Strategik...................................................................5

Bab 3. Kegunaan Manajemen Strategik bagi Pendidikan Tinggi...........................6

Bab 4. Elemen-Elemen Dasar Manajemen Startagik Perguruan Tinggi...............7

1.      Pemindaian Lingkungan Internal dan External.....................................7
a.      Lingkungan External...........................................................................8
b.      Lingkungan Internal............................................................................9
c.       Strategi Umum.....................................................................................9

2.      Formulasi Strategi....................................................................................10
a.      Penentuan Visi dan Misi....................................................................10
b.      Penentuan Tujuan dan Sasaran........................................................12
c.       Pengembangan Strategi.....................................................................12
d.      Pembuatan Kebijakan.......................................................................13

3.      Implementasi Strategi..............................................................................13
a.      Penyusunan Program.........................................................................14
b.      Pembuatan Anggaran........................................................................14
c.       Pembuatan Prosedur.........................................................................14

4.      Evaluasi dan Pengawasan Kinerja.........................................................15
a.      Evaluasi...............................................................................................15
b.      Pengawasan........................................................................................16
c.       Studi Kelayakan.................................................................................18

Bab 5 Penutup............................................................................................................18

Kepustakaan...............................................................................................................19










Bab 1

Latar Belakang Masalah


Ilmu manajemen mengalami perkembangan demikian rupa dan telah banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan banyak perusahaan, termasuk lembaga-lembaga nirlaba, seperti pada umumnya perguruan-perguruan tinggi. Perguruan tinggi adalah suatu satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Tujuan perguruan tinggi adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi bertujuan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Bertalian dengan itu, Indrajit mengemukakan lima dimensi yang melekat pada perguruan tingi, yaitu: dimensi keilmuan, dimensi pendidikan, dimensi sosial (kehidupan masyarakat), dimensi korporasi (satuan pendidikan atau penyelenggara), dan dimensi etis.1 Semua dimensi ini tidak bisa terpisahkan, karena semuanya adalah saling berhubungan erat.

PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS
INSTANSI PEMERINTAH DI LINGKUNGAN DEPDIKNAS
( Acuan Inmendiknas No : 1/U/2002 )

I. RASIONAL
Banyak cara dalam penyusunan rencana strategik sebuah lembaga sesuai dengan konsep yang dikembangkan para ahli manajemen, akan tetapi bila sebuah lembaga telah memiliki acuan yang telah ditetapkan sebaiknya acuan tersebut sebagai rujukan utama. Teori dan konsep rencana strategi sebagian besar lahir dari konsep bisnis, misalnya: IE (Internal-Eksternal) matrik, SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) matrik, Grand Strategy matrik, TOWS matrik dan BCG, dan sebagai penetapan alternative strategi dapat menggunakan QSPM (Quantitative Strategies Planning Matriks) . Diantara konsep-konsep tersebut yang tidak menggunakan parameter bisnis adalah: Matrik TOWS. Sehingga dalam penyusunan renacana strategis yang akan dibahas akan mengambil rujukan Inmendiknas No: 1/U/2002 yang

RENCANA
STRATEGIK



Tugas akhir :

Manajemen Strategi dalam Pendidikan Kristen

Oleh :
Eko Basuki
NIM: 02.17.041/D.Th.


Dosen Pengampu :
Dr.Stevri Indra Lumintang



SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA
SURABAYA
2017
DAFTAR ISI


Halaman


I.      PENDAHULUAN…………………………………………………..2


II.     DASAR PERENCANAAN…………………………………………3

A.  VISI……………………..………………………………….4

B.  MISI……………………   …………………………………4

C.  STRATEGI PENCAPAIAN……………………………….5


III.    PENUTUP…………………………………………………….…….6

LAMPIRAN.…………………………………………………………6















RENCANA STRATEGI PRIBADI
TAHUN 2017-2021

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Rencana Strategis (Renstra)  Pribadi Sipenulis Tahun 2017-2021 disusun guna menyediakan dokumen perencanaan lima tahunan Satuan Kerja yang akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja dalam perkuliahan sebagaimana Sistem Perencanaan Pengembangan diri Tahun 2017-2021 merupakan dokumen perencanaan yang bersifat  teknis operasional dan merupakan penjabaran teknis siPenulis 2017-2021 untuk setiap kerja dalam pencapaian yang memuat Visi, Misi, Arah Kebijakan Teknis, Rencana Program dan Indikasi Kegiatan. Penyusunan Renstra Pribadi ini merupakan kelanjutan dari Renstra sebelumnya yang selanjutnya telah dilakukan penyesuaian sehubungan dengan Rancangan Pribadi. Berdasarkan pola pemikiran yang dimaksud, dimana Si Penulis memiliki kepentingan berdasarkan asal usul bergereja dan kebutuhan studi. untuk melaksanakan kegiatan perencanaan masa depan lebih baik yang sesuai dengan prinsip-prinsip Pemerintahan yang baik (Good Governance) sebagai Partisipasif, Transparan dan Akuntabilitas di bidang akademis.










Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...