MANAJEMEN STRATEGIK
PERGURUAN
TINGGI
Sub-Pokok
Bahasan Planning of Ministry in the Christian Education
-- eko basuki --
Dosen Pengampu :
Program Master
of Theology (M.Th)
STT Pokok Anggur (STT-PA)
3 – 7 April 2017
Daftar Isi
Bab 1. Latar Belakang
Masalah……………………………………………….……2
Bab 2. Pengertian
Manajemen Strategik...................................................................5
Bab 3. Kegunaan
Manajemen Strategik bagi Pendidikan Tinggi...........................6
Bab 4. Elemen-Elemen
Dasar Manajemen Startagik Perguruan Tinggi...............7
1.
Pemindaian
Lingkungan Internal dan External.....................................7
a.
Lingkungan
External...........................................................................8
b.
Lingkungan
Internal............................................................................9
c.
Strategi
Umum.....................................................................................9
2.
Formulasi Strategi....................................................................................10
a.
Penentuan
Visi dan Misi....................................................................10
b.
Penentuan
Tujuan dan Sasaran........................................................12
c.
Pengembangan
Strategi.....................................................................12
d.
Pembuatan
Kebijakan.......................................................................13
3.
Implementasi
Strategi..............................................................................13
a.
Penyusunan
Program.........................................................................14
b.
Pembuatan
Anggaran........................................................................14
c.
Pembuatan
Prosedur.........................................................................14
4.
Evaluasi
dan Pengawasan Kinerja.........................................................15
a.
Evaluasi...............................................................................................15
b.
Pengawasan........................................................................................16
c.
Studi
Kelayakan.................................................................................18
Bab 5 Penutup............................................................................................................18
Kepustakaan...............................................................................................................19
Bab 1
Latar
Belakang Masalah
Ilmu manajemen mengalami perkembangan demikian rupa dan telah banyak
memberikan kontribusi bagi perkembangan banyak perusahaan, termasuk
lembaga-lembaga nirlaba, seperti pada umumnya perguruan-perguruan tinggi. Perguruan
tinggi adalah suatu satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Tujuan
perguruan tinggi adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penggunaan
ilmu pengetahuan dan teknologi bertujuan meningkatkan taraf kehidupan
masyarakat. Bertalian dengan itu, Indrajit mengemukakan lima dimensi yang
melekat pada perguruan tingi, yaitu: dimensi keilmuan, dimensi pendidikan,
dimensi sosial (kehidupan masyarakat), dimensi korporasi (satuan pendidikan
atau penyelenggara), dan dimensi etis.1
Semua dimensi ini tidak bisa terpisahkan, karena semuanya adalah saling
berhubungan erat.