RENCANA
STRATEGIK
Tugas akhir :
Manajemen Strategi dalam
Pendidikan Kristen
Oleh :
Eko Basuki
NIM: 02.17.041/D.Th.
Dosen Pengampu :
Dr.Stevri Indra Lumintang
SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA
SURABAYA
2017
DAFTAR ISI
Halaman
I. PENDAHULUAN…………………………………………………..2
II. DASAR PERENCANAAN…………………………………………3
A. VISI……………………..………………………………….4
B. MISI…………………… …………………………………4
C. STRATEGI
PENCAPAIAN……………………………….5
III. PENUTUP…………………………………………………….…….6
LAMPIRAN.…………………………………………………………6
RENCANA STRATEGI PRIBADI
TAHUN 2017-2021
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Rencana Strategis
(Renstra) Pribadi Sipenulis Tahun
2017-2021 disusun guna menyediakan dokumen perencanaan lima tahunan Satuan
Kerja yang akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja dalam
perkuliahan sebagaimana Sistem Perencanaan Pengembangan diri Tahun 2017-2021
merupakan dokumen perencanaan yang bersifat
teknis operasional dan merupakan penjabaran teknis siPenulis 2017-2021
untuk setiap kerja dalam pencapaian yang memuat Visi, Misi, Arah Kebijakan
Teknis, Rencana Program dan Indikasi Kegiatan. Penyusunan Renstra Pribadi ini
merupakan kelanjutan dari Renstra sebelumnya yang selanjutnya telah dilakukan
penyesuaian sehubungan dengan Rancangan Pribadi. Berdasarkan pola pemikiran
yang dimaksud, dimana Si Penulis memiliki kepentingan berdasarkan asal usul
bergereja dan kebutuhan studi. untuk melaksanakan kegiatan perencanaan masa
depan lebih baik yang sesuai dengan prinsip-prinsip Pemerintahan yang baik
(Good Governance) sebagai Partisipasif, Transparan dan Akuntabilitas di bidang
akademis.
Visi, Misi, dan Rencana strategis
pribadi
(RENSTRA-PRIBADI)
Visi
Menyelesaikan
6 semester kuliah dan menjadi Doktor
pada bidang Sistem Pendidikan yang memiliki skill atau keahlian di
bidang manajemen pendidikan dan pengaplikasian data ,menguasai teknologi
informatika manajemen dan aplikasi komputerisasi dengan baik.
Misi
1. Meningkatkan
membaca dan mencari literature untuk berbagai informasi sebagai sumber yang
ingin diketahui dan saya harus lebih aktif dalam kampus khususnya dalam proses
belajar mengajar berlangsung.
2. Memanagement
waktu dengan baik dan konsisten setiap schedule
3. Meningkatkan
kemampuan kepemimpinan untuk lebih bertanggung jawab dengan tugas dan amanah
yang di berikan oleh dosen maupun sekolah.
4. Melakukan
peningkatan sosialisasi dengan dosen ataupun teman dan masyarakat tempat saya
tinggal menyambung silaturahmi dengan baik
5. Meningkatkan
kemampuan dalam menggunakan komputerisasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa
Indonesia, Inggris, dan bahasa yang mendukung studi saya dengan baik.
6. Memperdalam
sifat kemandirian berorganisasi dalam bidang studi yang saya kerjakan.
7. Memiliki
komitmen yang pada organisasi/lembaga gereja dan berkeinginan memiliki tekat
yang kuat untuk maju bersaing dimasa kini.
8.
Kuliah secepat mungkin untuk segera memajukan manajemen pendidikan digereja
lokal.
Strategi
pencapaian
1. Menyisihkan
uang jajan untuk membeli buku atau literatur lain yang berhubungan dengan
pelajaran atau mata kuliah yang di pelajari
2. Mencoba
dan selalu mempraktekan belajar bahasa Indonesia, Inggris, dan bahasa lainnya
yang mendukung studi saya dengan baik.
3. Selalu
bertanya apa yang tidak jelas dalam meteri pembelajaran saat kuliah, baik sama
dosen yang bersangkutan ataupun teman yang mengerti.
4. Membuat
dan mewujudkan “diary activity” atau daftar kegiatan yang mengacu kepada
kegiatan umum sehari hari yang biasa dilakukan, agar lebih biasa memanfaatkan
waktu dengan terstruktur.
5. Mengerjakan
tugas/PR yang di berikan oleh dosen dengan tepat waktu dan dapat menjalin
hubungan baik dengan semua dosen maupun teman-teman.
6. Mengadakan
belajar kelompok atau diskusi dalam memecahkan suatu tugas/PR dari dosen yang kiranya
agak sulit dan bisa juga ketika tidak ada tugas/PR.
7. Selalu
ingin mencoba sesuatu lebih dulu dan kalau bisa tanpa bantuan orang lain.
8. Mendengar
semua perkataan dan menuruti semua perintahnya, dan menjauhi semua larangannya
(Firman Tuhan/Alkitab)
9. Selalu
menanamkan keyakinan bahwa saya bisa berhasil dalam cita-cita, yang selama ini
dirindukan. Sebagai lulusan Doktor yang baik, memiliki dedikasi, dan
teritegritas.
PENUTUP
Proses perkuliahan dapat berhasil
dengan baik atas dukungan semua pihak, dan hasilnya akan dapat bermanfaat bagi
sipenulis maupun organisasi/lembaga gereja, sehingga penulis memiliki harapan
yng besar kepada semua pihak dapat memberikan kontribusi, doa dan arahan dalam melaksanakan perkuliahan sehari-hari.
LAMPIRAN.
Dalam lampiran dokumen renstra
dapat saya lampirkan SWOT sebagai ringkasan dokumen renstra saya.
STRENGTH
kekuatan
|
·
Pengajar
Handal
·
Sabar
dan mudah bergaul
·
Pandai
bicara sebagai konselor
·
Dukungan dari lembaga Gereja.
|
WEAKNESS
kelemahan
|
·
Gelar
pendidikan belum sesuai dengan persaratan yang berlaku.
·
Theologia
hanya mendominasi gereja, sedangkan bidang Pendidikan dan Konseling kurang
mendapat perhatian gereja.
|
OPPORTUNITY
kesempatan
|
·
Ada peluang untuk mengembangkan
lembaga pendidikan
·
Banyaknya tuntutan tenaga pendidik di
sekolah-sekolah umum, theologia dan gereja.
|
THREAT
ancaman
|
·
Akreditas
dari Badan Akreditasi Nasional (BAN), apabila tidak disikapi dengan serius
akan menjadi ancaman bagi eksistensi saya sebagai Dosen di STT.
·
Kualitas
dan kemajuan sekolah tinggi theologia yang relatif lebih muda.
|
Eko Basuki
NIM: 02.17.041/D.Th.
No comments:
Post a Comment