Tuesday 25 July 2017


RENCANA
STRATEGIK



Tugas akhir :

Manajemen Strategi dalam Pendidikan Kristen

Oleh :
Eko Basuki
NIM: 02.17.041/D.Th.


Dosen Pengampu :
Dr.Stevri Indra Lumintang



SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA
SURABAYA
2017
DAFTAR ISI


Halaman


I.      PENDAHULUAN…………………………………………………..2


II.     DASAR PERENCANAAN…………………………………………3

A.  VISI……………………..………………………………….4

B.  MISI……………………   …………………………………4

C.  STRATEGI PENCAPAIAN……………………………….5


III.    PENUTUP…………………………………………………….…….6

LAMPIRAN.…………………………………………………………6















RENCANA STRATEGI PRIBADI
TAHUN 2017-2021

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Rencana Strategis (Renstra)  Pribadi Sipenulis Tahun 2017-2021 disusun guna menyediakan dokumen perencanaan lima tahunan Satuan Kerja yang akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja dalam perkuliahan sebagaimana Sistem Perencanaan Pengembangan diri Tahun 2017-2021 merupakan dokumen perencanaan yang bersifat  teknis operasional dan merupakan penjabaran teknis siPenulis 2017-2021 untuk setiap kerja dalam pencapaian yang memuat Visi, Misi, Arah Kebijakan Teknis, Rencana Program dan Indikasi Kegiatan. Penyusunan Renstra Pribadi ini merupakan kelanjutan dari Renstra sebelumnya yang selanjutnya telah dilakukan penyesuaian sehubungan dengan Rancangan Pribadi. Berdasarkan pola pemikiran yang dimaksud, dimana Si Penulis memiliki kepentingan berdasarkan asal usul bergereja dan kebutuhan studi. untuk melaksanakan kegiatan perencanaan masa depan lebih baik yang sesuai dengan prinsip-prinsip Pemerintahan yang baik (Good Governance) sebagai Partisipasif, Transparan dan Akuntabilitas di bidang akademis.














Visi, Misi, dan Rencana strategis pribadi
(RENSTRA-PRIBADI)

Visi

Menyelesaikan 6 semester kuliah dan menjadi Doktor  pada bidang Sistem Pendidikan yang memiliki skill atau keahlian di bidang manajemen pendidikan dan pengaplikasian data ,menguasai teknologi informatika manajemen dan aplikasi komputerisasi dengan baik.

Misi

1.   Meningkatkan membaca dan mencari literature untuk berbagai informasi sebagai sumber yang ingin diketahui dan saya harus lebih aktif dalam kampus khususnya dalam proses belajar mengajar berlangsung.

2.   Memanagement waktu dengan baik dan konsisten setiap schedule

3.   Meningkatkan kemampuan kepemimpinan untuk lebih bertanggung jawab dengan tugas dan amanah yang di berikan oleh dosen maupun sekolah.

4.   Melakukan peningkatan sosialisasi dengan dosen ataupun teman dan masyarakat tempat saya tinggal menyambung silaturahmi dengan baik

5.   Meningkatkan kemampuan dalam menggunakan komputerisasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, Inggris, dan bahasa yang mendukung studi saya dengan baik.
                                                                                                        
6.   Memperdalam sifat kemandirian berorganisasi dalam bidang studi yang saya kerjakan.

7.   Memiliki komitmen yang pada organisasi/lembaga gereja dan berkeinginan memiliki tekat yang kuat untuk maju bersaing dimasa kini.

8.   Kuliah secepat mungkin untuk segera memajukan manajemen pendidikan digereja lokal.

Strategi pencapaian

1.  Menyisihkan uang jajan untuk membeli buku atau literatur lain yang berhubungan dengan pelajaran atau mata kuliah yang di pelajari
2.   Mencoba dan selalu mempraktekan belajar bahasa Indonesia, Inggris, dan bahasa lainnya yang mendukung studi saya dengan baik.
3.   Selalu bertanya apa yang tidak jelas dalam meteri pembelajaran saat kuliah, baik sama dosen yang bersangkutan ataupun teman yang mengerti.
4.   Membuat dan mewujudkan “diary activity” atau daftar kegiatan yang mengacu kepada kegiatan umum sehari hari yang biasa dilakukan, agar lebih biasa memanfaatkan waktu dengan terstruktur.
5.   Mengerjakan tugas/PR yang di berikan oleh dosen dengan tepat waktu dan dapat menjalin hubungan baik dengan semua dosen maupun teman-teman.
6.   Mengadakan belajar kelompok atau diskusi dalam memecahkan suatu tugas/PR dari dosen yang kiranya agak sulit dan bisa juga ketika tidak ada tugas/PR.
7.   Selalu ingin mencoba sesuatu lebih dulu dan kalau bisa tanpa bantuan orang lain.
8.   Mendengar semua perkataan dan menuruti semua perintahnya, dan menjauhi semua larangannya (Firman Tuhan/Alkitab)
9.   Selalu menanamkan keyakinan bahwa saya bisa berhasil dalam cita-cita, yang selama ini dirindukan. Sebagai lulusan Doktor yang baik, memiliki dedikasi, dan teritegritas.






PENUTUP


Proses perkuliahan dapat berhasil dengan baik atas dukungan semua pihak, dan hasilnya akan dapat bermanfaat bagi sipenulis maupun organisasi/lembaga gereja, sehingga penulis memiliki harapan yng besar kepada semua pihak dapat memberikan kontribusi, doa dan arahan  dalam melaksanakan perkuliahan sehari-hari.


LAMPIRAN.
Dalam lampiran dokumen renstra dapat saya lampirkan SWOT sebagai ringkasan dokumen renstra saya.



STRENGTH
kekuatan
·         Pengajar Handal
·         Sabar dan mudah bergaul
·         Pandai bicara sebagai konselor
·         Dukungan dari lembaga Gereja.


WEAKNESS
kelemahan
·         Gelar pendidikan belum sesuai dengan persaratan yang berlaku.
·         Theologia hanya mendominasi gereja, sedangkan bidang Pendidikan dan Konseling kurang mendapat perhatian gereja.

OPPORTUNITY
kesempatan
·         Ada peluang untuk mengembangkan lembaga pendidikan
·         Banyaknya tuntutan tenaga pendidik di sekolah-sekolah umum, theologia dan gereja.


THREAT
ancaman
·         Akreditas dari Badan Akreditasi Nasional (BAN), apabila tidak disikapi dengan serius akan menjadi ancaman bagi eksistensi saya sebagai Dosen di STT.
·         Kualitas dan kemajuan sekolah tinggi theologia yang relatif lebih muda.






    Eko Basuki
 NIM: 02.17.041/D.Th.

No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...