SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA POKOK ANGGUR
KONTRAK PEMBELAJARAN
A. Identitas Mata
Kuliah
1. Mata kuliah (MK) : Philosophy and Contemporary
Theology
2.
Beban :
3 sks
3.
Pengampu MK : eko basuki
4.
Ruang Kuliah : Ruang Seminar
B. Manfaat Mata
Kuliah
Perkembangan masa pencerahan yang
memicu rasionalisme membawa dampak yang sangat signifikan dalam kehidupan
manusia termasuk dalam studi teologi dan pendidikan iman Kristen. Rasionalisme
membangkitkan kebebasan berpikir para teolog yang bersentuhan langsung dengan
iman Kristen. Banyak dogma gereja yang secara tradisi diterima mulai
digoyangkan dengan berbagai pertanyaan yang mengemuka dalam pergulatan ilmu
teologi. Akibat rasionalisme yang menonjol adalah
perubahan konsep teologi dan pola pengajaran Iman Kristen. Timbulnya pemikiran-pemikiran Teologi dan
Pendidikan Iman Kristen di masa kini yang mengalami pergeseran-pergeseran
seringkali menyebabkan kebingungan dalam gereja dan perpecahan dalam dunia
teologi Kristen.
Mata Kuliah ini bermanfaat untuk
mempertajam wawasan
mahasiswa untuk menganalisis
perkembangan dan pergeseran konsep-konsep teologi maupun Pendidikan Iman
Kristen. Manfaat utama yang diharapkan dapat dicapai dalam mata kuliah ini
adalah mempertajam kemampuan mahasiswa melakukan analisis terhadap berbagai
teologi dan perkembangan pendidikan Iman Kristen agar dapat menghindarkan diri
dari ajaran yang tidak Alkitabiah.
C. Deskripsi Mata
kuliah
Bagian pertama mata kuliah ini adalah
memberikan dasar tentang iman Kristen dan pengetahuan dasar tentang bidat-bidat yang diharapkan menjadi panduan
untuk melakukan analisis teologi maupun pendidikan Iman Kristen. Bagian kedua
adalah pembahasan tentang: Apa itu
Teologi dan Pendidikan Iman Kristen dari
sudut filosofi maupun perkembangannya. Menelusuri akar Teologi Kontemporer yang
adalah Teologi Modern dan perkembangan di Jaman PostModern. Bagian ketiga,
adalah menganalisis Teologi masa kini sebagai
langkah penilaian terhadap kebenaran dan dampaknya terhadap kehidupan bergereja
di masa kini.
D. Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator
Setelah menempuh mata kuliah ini maka
mahasiswa mampu untuk: berpegang teguh pada teologi yang benar dan mampu menyelenggarakan Pendidikan Iman
Kristen yang Alkitabiah.
Kompetensi
Dasar pertama: mahasiswa dapat menjelaskan serba-serbi
tentang Filosofi dan Perkembangan Teologi
Indikatornya:
- Mahasiswa mampu menjelaskan apa itu Teologi
- Mahasiswa mampu menjelaskan sifat Teologi
- Mahasiswa mampu menjelaskan dasar dan proses
terjadinya Teologi Kontemporer
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang metode Teologi
Kontemporer.
Kompetensi
Dasar Kedua: mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan Teologi Kontemporer.
Indikatornya:
- Mahasiswa mampu menyebutkan contoh-contoh pengajaran
Teologi Kontemporer.
- Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Teologi
Kontemporer.
Kompetensi
Dasar Ketiga: mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap teologi di masa
kini ditinjau dari
filosofi dan perkembangannya. Indikatornya:
- Mahasiswa mampu melakukan penilaian terhadap
berbagai Teologi Kontemporer dari sudut filosofi dan perkembangannya.
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang dampak Teologi dan
Pendidikan Iman Kristen dalam perkembangan gereja di masa kini.
.
E. Pengorganisasian
Materi
|
|
|
|
|
F. Strategi
Pembelajaran
Strategi pembelajaran untuk pencapaian
tujuan yaitu: Pertama dengan pendekatan pembelajaran Leaner Centered Learning
(LCL). Mahasiswa diberi peran aktif mengerjakan tugas pendalaman materi dan
Teologi yang berkembang sampai masa kini. Strategi pembelajaran berfokus pada
pendalaman Filosofi dan Perkembangan Teologi maupun Pendidikan Iman Kristen dengan
jalan menganalisisnya. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah dengan
memberi ceramah, presentasi, tanya jawab dengan cara interaksi antara dosen dan
mahasiswa.
G. Sumber dan Alat Bantu
Pembelajaran
1. Smith L. David. A Handbook of Contemporary Theology: Tracing Trends & Discerning Directions
in Today’s Theological Landscape. Illinois :
1992.
2. Conn , M. Harvey, Teologi Semesta Kontemporer. Malang :
SAA, 1985.
3. Linnemann Eta, Teologi Kontemporer. Malang : YPPII, 1991.
4. Lutzer, Erwin W. Teologi Kontemporer. Malang: Gandum Mas,
1999.
5. House, H. Wayne.
Charts of Cults, Sect, and Religious Movements. Grand Rapids, Michigan:
Zondervan, 2000.
6. Enns, Paul. The Moody Handbook of Theology 2: Buku
Pegangan Teologi Jilid 2. Malang: SAAT, 2006.
7. Hadiwijono,
Harun. Teologi Reformatoris Abad Ke-20. Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 2000.
8. Oranje, L. Sejarah Singkat Teologi Abad XX.
Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1986
9. Daun, Paulus. Bidat Kristen dari Masa ke Masa. Manado:
Daun Family, 2002.
10. _________. Apakah Evangelicalisme. Yogyakarta:
ANDI, 1996.
11. Scotland, Nigel. Buku Wajib Cara Menyangkal Sekte dan Agama
Baru. Yogyakarta: ANDI, 2013.
12. Setiawan, Roby. Terpesona dengan Dongeng. Semarang:
Setiawan Literatur Ministry, 2009.
13. Matindas, B.E. Meruntuhkan Benteng Ateisme Modern. Yogyakarta:
ANDI, 2010.
14. Herlianto. Humanisme dan Gerakan Zaman Baru. Bandung:
Kalam Hidup, 1996.
15. Marantika, Chris.
Kaum Injili Indonesia Masa Kini. Surabaya: Yakin, t.th.
16. Susabda, Yakub B.
Teologi Modern II. Surabaya, LRII,
1991.
17. ___________. Teologi Modern I. Surabaya, LRII, 2001.
18. ___________. Kaum Injili: Membangkitkan Kembali Iman
Kristiani Ortodoks. Malang: Gandum Mas, 2000.
19. Balasurya, Tissa.
Teologi Siarah. Jakarta:BPK Gunung
Mulia, 1994.
20. Eckardt, A. Roy. Menggali Ulang Yesus Sejarah: Kristologi
Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.
21. Ryrie, Chares
Caldwell. Teologi Kekinian. Surabaya:
YAKIN, 1983.
22. Lowy, Michael. Teologi Pembebasan. Yogyakarta: INSIST
& Pustaka Pelajar. 2000.
23. Woodbridge,
Charles. The New Evangelism. Greenville,
South Carolina: Bob Jones University Press, 1969.
H.
Tugas mahasiswa
TUGAS 1: PRESENTASI
Mahasiswa
menyusun analisa teologi dalam bentuk makalah sebanyak minimal 10 halaman
spasi tunggal, di kertas A4. Makalah akan dipresentasikan menggunakan powerpoin
yang efektif (berisi inti penjelasan) di dalam kelas sesuai jadwal. Jumlah
slide maksimal 30
slide.
Makalah
dan power poin dikirim ke dosen via email : ekosurabaya@gmail.com, maksimal pada hari Senin,15 Mei
2017. Setiap mahasiswa memilih
satu topik dan menginformasikannya kepada dosen via email (ekosurabaya@gmai.com) atau HP no 081230447796,
agar tidak terjadi duplikasi topik yang sudah dipilih. Adapun pilihan topik makalahnya adalah:
1)
Teologi Pengharapan (Jurgen
Moltmann/Wolfgart Pannenberg)
2)
Teologi Proses (Paul Tillich)
3)
Teologi Liberal (Frederich
Schleiermacher/Soren Aabye Kierkegaard/Immanuel Kant/Albert Ritschl)
4)
Teologi Neo-Katolisisme (Hans Kung)
5)
Gerakan Zaman Baru (New Age Movement)
6)
Teologi Neo-Ortodoks (Karl Barth/Emil
Brunner/Reinhold Niebuhr)
7)
Teologi Neo-Evangelical
8)
Teologi Feminis
9)
Teologi Sekularisasi (Dietrich
Bonhoeffer)
10)
Demitologisasi (Rudolf Bultmann)
11)
Teologi Sukses
12)
Teologi Pluralis
13)
Yesus Sejarah
14)
Teologi Kharismatik
TUGAS 2: BEDAH BUKU.
Mahasiswa diberi tugas untuk mempelajari buku yang
dipilih oleh dosen dan mempresentasikan isi buku serta kritik buku terkait
dengan teologi di masa kini
TUGAS 3: INTEGRASI PAPER
Mahasiswa
menyusun laporan harian terkait dengan setiap sajian materi untuk menunjukkan
kompetensi penyerapan
materi kuliah dengan menunjukkan pokok perubahan pandangan teologi yang
diperoleh, dan rekonstruksi pemahaman teologi yang baru. Integrasi Paper
diserahkan via email ke ekosurabaya@gmai.com,
paling lambat tanggal 25 Juli 2017
I.
Penilaian dan Kriteria
Pembelajaran
Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan
menggunakan kriteria sesuai aturan STT Bethany. Dalam menentukan nilai akhir akan
digunakan pembobotan sebagai berikut:
1.
Tugas 1 40%
2.
Tugas 2 30%
3.
Tugas 3 20%
4.
Partisipasi 10%
No comments:
Post a Comment