Tuesday 25 July 2017


SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA POKOK ANGGUR
KONTRAK PEMBELAJARAN

A.   Identitas Mata Kuliah
1. Mata kuliah (MK)                   : Philosophy and Contemporary Theology
2. Beban                                     : 3 sks
3. Pengampu MK                      : eko basuki
4. Ruang Kuliah                         : Ruang Seminar

B.   Manfaat Mata Kuliah
Perkembangan masa pencerahan yang memicu rasionalisme membawa dampak yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia termasuk dalam studi teologi dan pendidikan iman Kristen. Rasionalisme membangkitkan kebebasan berpikir para teolog yang bersentuhan langsung dengan iman Kristen. Banyak dogma gereja yang secara tradisi diterima mulai digoyangkan dengan berbagai pertanyaan yang mengemuka dalam pergulatan ilmu teologi. Akibat rasionalisme yang menonjol adalah perubahan konsep teologi dan pola pengajaran Iman Kristen.  Timbulnya pemikiran-pemikiran Teologi dan Pendidikan Iman Kristen di masa kini yang mengalami pergeseran-pergeseran seringkali menyebabkan kebingungan dalam gereja dan perpecahan dalam dunia teologi Kristen.
Mata Kuliah ini bermanfaat untuk mempertajam wawasan mahasiswa untuk menganalisis perkembangan dan pergeseran konsep-konsep teologi maupun Pendidikan Iman Kristen. Manfaat utama yang diharapkan dapat dicapai dalam mata kuliah ini adalah mempertajam kemampuan mahasiswa melakukan analisis terhadap berbagai teologi dan perkembangan pendidikan Iman Kristen agar dapat menghindarkan diri dari ajaran yang tidak Alkitabiah.


C.   Deskripsi Mata kuliah
Bagian pertama mata kuliah ini adalah memberikan dasar tentang iman Kristen dan pengetahuan dasar tentang bidat-bidat yang diharapkan menjadi panduan untuk melakukan analisis teologi maupun pendidikan Iman Kristen. Bagian kedua adalah pembahasan tentang:  Apa itu Teologi  dan Pendidikan Iman Kristen dari sudut filosofi maupun perkembangannya. Menelusuri akar Teologi Kontemporer yang adalah Teologi Modern dan perkembangan di Jaman PostModern. Bagian ketiga, adalah menganalisis Teologi masa kini sebagai langkah penilaian terhadap kebenaran dan dampaknya terhadap kehidupan bergereja di masa kini.

D.   Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator
Setelah menempuh mata kuliah ini maka mahasiswa mampu untuk: berpegang teguh pada teologi yang benar  dan mampu menyelenggarakan Pendidikan Iman Kristen yang Alkitabiah.

Kompetensi Dasar pertama: mahasiswa dapat menjelaskan serba-serbi tentang Filosofi dan Perkembangan Teologi
Indikatornya:
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan apa itu Teologi
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan sifat Teologi
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan dasar dan proses terjadinya Teologi Kontemporer
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang metode Teologi Kontemporer.

Kompetensi Dasar Kedua: mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan  Teologi Kontemporer.
 Indikatornya:
  1. Mahasiswa mampu menyebutkan contoh-contoh pengajaran Teologi Kontemporer.
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Teologi Kontemporer.

Kompetensi Dasar Ketiga: mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap teologi di masa kini ditinjau dari filosofi dan perkembangannya. Indikatornya:
  1. Mahasiswa mampu melakukan penilaian terhadap berbagai Teologi Kontemporer dari sudut filosofi dan perkembangannya.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang dampak Teologi dan Pendidikan Iman Kristen dalam perkembangan gereja di masa kini.
.
E.   Pengorganisasian Materi
Mantap Berteologi dan Melaksanakan Pendidikan Iman Kristen sesuai Alkitab
 





Analisis Teologi
 




Perkembangan Teologi Kontemporer
 






Penelusuran Teologi dan Pendidikan Iman Kristen
 




Pijakan Teologi dan Pendidikan Iman Kristen
di Masa Kini
 





F.    Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran untuk pencapaian tujuan yaitu: Pertama dengan pendekatan pembelajaran Leaner Centered Learning (LCL). Mahasiswa diberi peran aktif mengerjakan tugas pendalaman materi dan Teologi yang berkembang sampai masa kini. Strategi pembelajaran berfokus pada pendalaman Filosofi dan Perkembangan Teologi maupun Pendidikan Iman Kristen dengan jalan menganalisisnya. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah dengan memberi ceramah, presentasi, tanya jawab dengan cara interaksi antara dosen dan mahasiswa.

G.   Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran
1.    Smith L. David. A Handbook of Contemporary Theology: Tracing Trends & Discerning Directions in Today’s Theological Landscape. Illinois: 1992.
2.    Conn, M. Harvey, Teologi Semesta Kontemporer. Malang: SAA, 1985.
3.    Linnemann Eta, Teologi Kontemporer. Malang: YPPII, 1991.
4.    Lutzer, Erwin W. Teologi Kontemporer. Malang: Gandum Mas, 1999.
5.    House, H. Wayne. Charts of Cults, Sect, and Religious Movements. Grand Rapids, Michigan: Zondervan, 2000.
6.    Enns, Paul. The Moody Handbook of Theology 2: Buku Pegangan Teologi Jilid 2. Malang: SAAT, 2006.
7.    Hadiwijono, Harun. Teologi Reformatoris Abad Ke-20. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.
8.    Oranje, L. Sejarah Singkat Teologi Abad XX. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1986
9.    Daun, Paulus. Bidat Kristen dari Masa ke Masa. Manado: Daun Family, 2002.
10. _________. Apakah Evangelicalisme. Yogyakarta: ANDI, 1996.
11. Scotland, Nigel. Buku Wajib Cara Menyangkal Sekte dan Agama Baru. Yogyakarta: ANDI, 2013.
12. Setiawan, Roby. Terpesona dengan Dongeng. Semarang: Setiawan Literatur Ministry, 2009.
13. Matindas, B.E. Meruntuhkan Benteng Ateisme Modern. Yogyakarta: ANDI, 2010.
14. Herlianto. Humanisme dan Gerakan Zaman Baru. Bandung: Kalam Hidup, 1996.
15. Marantika, Chris. Kaum Injili Indonesia Masa Kini. Surabaya:  Yakin, t.th.
16. Susabda, Yakub B. Teologi Modern II. Surabaya, LRII, 1991.
17. ___________. Teologi Modern I. Surabaya, LRII, 2001.
18. ___________. Kaum Injili: Membangkitkan Kembali Iman Kristiani Ortodoks. Malang: Gandum Mas, 2000.
19. Balasurya, Tissa. Teologi Siarah. Jakarta:BPK Gunung Mulia, 1994.
20. Eckardt, A. Roy. Menggali Ulang Yesus Sejarah: Kristologi Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.
21. Ryrie, Chares Caldwell. Teologi Kekinian. Surabaya: YAKIN, 1983.
22. Lowy, Michael. Teologi Pembebasan. Yogyakarta: INSIST & Pustaka Pelajar. 2000.
23. Woodbridge, Charles. The New Evangelism. Greenville, South Carolina: Bob Jones University Press, 1969.


H.   Tugas mahasiswa
TUGAS 1: PRESENTASI 
Mahasiswa menyusun analisa teologi dalam bentuk makalah sebanyak minimal 10 halaman spasi tunggal, di kertas A4. Makalah akan dipresentasikan menggunakan powerpoin yang efektif (berisi inti penjelasan) di dalam kelas sesuai jadwal. Jumlah slide maksimal 30 slide.

Makalah dan power poin dikirim ke dosen via email : ekosurabaya@gmail.com, maksimal pada hari Senin,15 Mei 2017. Setiap mahasiswa memilih satu topik dan menginformasikannya kepada dosen via email (ekosurabaya@gmai.com) atau HP no 081230447796, agar tidak terjadi duplikasi topik yang sudah dipilih.  Adapun pilihan topik makalahnya adalah:
1)        Teologi Pengharapan (Jurgen Moltmann/Wolfgart Pannenberg)
2)        Teologi Proses (Paul Tillich)
3)        Teologi Liberal (Frederich Schleiermacher/Soren Aabye Kierkegaard/Immanuel Kant/Albert Ritschl)
4)        Teologi Neo-Katolisisme (Hans Kung)
5)        Gerakan Zaman Baru (New Age Movement)
6)        Teologi Neo-Ortodoks (Karl Barth/Emil Brunner/Reinhold Niebuhr)
7)         Teologi Neo-Evangelical
8)        Teologi Feminis
9)        Teologi Sekularisasi (Dietrich Bonhoeffer)
10)     Demitologisasi (Rudolf Bultmann)
11)     Teologi Sukses
12)     Teologi Pluralis
13)     Yesus Sejarah
14)     Teologi Kharismatik


TUGAS 2: BEDAH BUKU.
Mahasiswa diberi tugas untuk mempelajari buku yang dipilih oleh dosen dan mempresentasikan isi buku serta kritik buku terkait dengan teologi di masa kini

TUGAS 3: INTEGRASI PAPER
Mahasiswa menyusun laporan harian terkait dengan setiap sajian materi untuk menunjukkan kompetensi penyerapan materi kuliah dengan menunjukkan pokok perubahan pandangan teologi yang diperoleh, dan rekonstruksi pemahaman teologi yang baru. Integrasi Paper diserahkan via email ke ekosurabaya@gmai.com, paling lambat tanggal 25 Juli 2017


I.      Penilaian dan Kriteria Pembelajaran
Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan kriteria sesuai aturan STT Bethany. Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:
1.    Tugas 1                                  40%
2.    Tugas 2                                  30%
3.    Tugas 3                                  20%
4.    Partisipasi                             10%


No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...