Tuesday 25 July 2017


RENCANA OPRASIONAL
(RENOP)
SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA ”I-3” BATU
2009-2013



Berdiri sejak 1959







Jl. Indragiri 5 Batu, 65312
P.O. Box 4, Jawa Timur, Indonesia
Telp (0341) 591283; Fax (0341) 597974
E-mail: i3batu@yahoo.co.id

RENCANA OPERASIONAL
STT “I-3 BATU
TAHUN 2009-2013

            Rencana Operasional (RENOP) adalah penjabaran lebih rinci dari Rencana Strategik (RENSTRA) Sekolah Tinggi Teologia “I-3” tahun 2009-2013. Dokumen Renop memuat rumusan program dan kebijakan serta rencana dan target yang bersifat kuantitatif dan operasional dari masing-masing tujuan dan sasaran yang hendak dicapai, berdasarkan misi STT “I-3”. Rumusan ini mencakup rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang sebagaimana ditetapkan dalam RENSTRA STT “I-3”.
            Dalam RENOP ini, secara rinci akan dipaparkan rencana STT “I-3” mencakup misi, tujuan, sasaran, program, strategi, dan target. Sebagaimana tujuan dari RENSTRA, di dalam RENOP digariskan program-program dalam bentuk kegiatan-kegiatan untuk menanggulangi masalah-masalah yang terlihat di dalam analisa kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan (SWOT), dan juga kegiatan-kegiatan untuk peningkatan atau pengembangan yang menyangkut kualitas dan kuantitas.
Sebagai acuan untuk menyusun rincian rumusan RENOP adalah visi, misi, tujuan, dan sasaran, serta stregi penyelenggaraan yang telah ditetapkan STT “I-3” sebagai berikut:



Visi STT “I-3”
Menjadi Pusat Pendidikan dan Penelitian Theologia Berhaluan Injili, Berjiwa Misioner, Bersifat Integratif dan Holistik yang Diakui oleh Pemerintah dan Dibutuhkan oleh karena Kompetensi Lembaga dan Lulusannya dalam Pengabdian Masyarakat Indonesia dan Asia di Era Globalisasi.

Misi STT “I-3”
1.       Menyelenggarakan pendidikan theologia dengan prinsip-prinsip injili untuk menyiapkan tenaga akademik dan/atau professional yang diakui pemerintah dan diminati oleh masyarakat Indonesia dan Asia.
2.       Mengembangkan theologia sebagai disiplin ilmu yang integrative dalam relasinya dengan multi-disiplin ilmu untuk mewujudkan pelayanan yang holistic melalui peran gereja di tengah-tengah bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di Asia.
3.       Menyelenggarakan manajemen mutu terpadu yang berfokus pada pelanggan, berorientasi pada proses, berkomitmen pada perubahan dan perbaikan, pelayanan yang prima dan pendidikan secara total.
4.       Mengadakan pembinaan iman dan pembangunan karakter, serta pelatihan kecakapan mengaplikasikan pemahaman dan pengalaman theologia dalam proses pembudayaan pola piker, gaya hidup dan model pemimpin pelayan.
5.       Melakukan penelitian theologia untuk mengekspresikan dan memberitakan serta mengajarkan kekayaan-kekayaan theologia yang aplikatif bagi pembangunan gereja yang missioner dan bangsa seutuhnya.
6.       Melakukan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, melalui pemberitaan dan pengajaran Firman Tuhan dalam bentuk perkataan dan perbuatan yang holistic melalui pelayanan pastoral dan pelayanan edukasi yang transformatif.
7.       Melakukan kerjasama dengan pihak lain yang saling “memperkaya” dan yang dapat membantu pencapaian visi dan misi STT “I-3”.


Misi 1
Menyelenggarakan pendidikan theologia dengan prinsip-prinsip injili untuk menyiapkan tenaga akademik dan/atau professional yang diakui pemerintah dan diminati oleh masyarakat Indonesia dan Asia.

Tujuan
1)      Menjadi Sekolah Tinggi Theologia berhaluan Injili yang menghasilkan hamba Tuhan yang memiliki kualitas spiritual, akademik, dan professional.
2)      Menjadi Sekolah Tinggi Theologia yang diakui pemerintah
3)      Menjadi Sekolah Tinggi Theologia yang diminati oleh masyarakat Indonesia dan Asia




Sasaran
1)      Pendidikan secara total, baik pendidik (dosen) maupun mahasiswa, yang meliputi pengajaran yang Injili, pembalajaran, pelatihan kecakapan, pembangunan karakter, pembentukan mental dan pembudayaan moral.
2)      Peningkatan STT “I-3” untuk memenuhi Delapan Standar Pendidikan Nasional, sehingga memperoleh Pengakuan Pendidikan Nasional melalui akreditasi.
3)      Peningkatan Jenjang Jabatan Dosen dan Kepangkatan Akademik Dosen sebagai Prasyarat Penyelenggaraan Program Studi dan Akreditasi oleh BAN.

Program
1)      Program Penilaian Pemerintah melalui Akreditasi oleh BAN PT
2)      Program Studi Lanjutan Dosen Prodi Theologi-kependetaan, Prodi PAK, dan prodi Misiologia, untuk mencapai standar minimal.
3)      Program Penyetaraan Ijazah Dosen bergelar S-2 dan S-3
4)      Program Penghitungan Jenjang Jabatan dan Kepangkatan Akademik Dosen
5)      Program Studi Kelayakan Prodi Theologia-Kependetaan, prodi Pendidikan Agama Kristen, dan Prodi Misiologia, program S-1, S-2, dan S-3.

PROGRAM
TARGET SELESAI TAHUN
ANGGARAN KEBUTUHAN
1. Penilaian Pemerintah melalui akreditasi oleh BAN PT
1211
75.000.0000,-
2. Studi lanjutan seluruh dosen setiap Prodi untuk mencapai standar minimal
1212
500.000.000,-
3. Penyetaraan Ijazah dosen bergelar S-2 dan S-3
1212
50.000.000,-
4.      Penghitungan Jenjang Jabatan dan Kepangkatan Akademik Dosen
2012
10.000.000,-
5.      Program Studi Kelayakan Prodi Theologia-Kependetaan, prodi Pendidikan Agama Kristen, dan Prodi Misiologia, program S-1, S-2, dan S-3.
2013
300.000.000,-

Strategi
1)      Penyusunan ESBED
2)      Pengisian Borang
3)      Penyerahan laporan prodi dalam rangka studi kelayakan
4)      Keikut-sertaan para dosen STT “I-3” dalam ujian negera, program S-1, S-2, dan S-3.
5)      Penghitungan jenjang jabatan dan kepangkatan Akademik dosen.
6)      Selalu mengupdate informasi dari pemerintah tentang pelenggaraan STT
7)      Peningkatan kualitas atau bobot akademik para dosen STT “I-3” dengan program tugas belajar yang diselenggerakan oleh STT “I-3” sendiri, ataupun di STT lain

Target
1)      STT-IAA menjadi Institut
2)      STT “I-3” diakui dan terterdaftar di pemerintah
3)      Seluruh dosen STT “I-3” bergelar paling rendah MTh menurut prodinya
4)      Seluruh dosen STT “I-3” sudah memiliki ijazah negara sebagai lesensi mengajar

Misi 2
Mengembangkan theologia sebagai disiplin ilmu yang integrative dalam relasinya dengan multi-disiplin ilmu untuk mewujudkan pelayanan yang holistic melalui peran gereja di tengah-tengah bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di Asia.

Tujuan
1)      Pengembangan theologia sebagai disiplin ilmu yang integrative dalam relasinya dengan multi-disiplin ilmu.
2)      Pengembangan theologia sebagai disiplin ilmu untuk mewujudkan pelayanan yang holistic melalui peran gereja di tengah-tengah bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di Asia
3)      Peningkatan pelayanan di Perpustakaan yang mempermudah pengguna
4)      Peningkatan kesejahteraan para dosen dan fasilitas pelayanan yang memadai

Sasaran
1)      STT “I-3” memiliki kurikulum yang menyiapkan mahasiswanya untuk dapat mewujudkan pelayanan yang holistic.
2)      Terwujudnya STT “I-3” memiliki program studi yang integrative, yang menghasilkan Pendeta Jemaat, Misionaris Lintas Budaya, Pendidik, Pemikir, dan Peneliti theologia.
Program
1)      Penyediaan sarana perkulihan yang memadai: LCD di tiap ruang kuliah, 50 kursi kuliah baru, 2 with board permanent
2)      Penyusunan Kurikulum yang relevan dan selalu diupdate sesuai kebutuhan pasar
3)      Studi banding dengan Sekolah-sekolah Tinggi Theologia dalam masing-masing prodi
4)      Penambahan 5 ruang kuliah permanent dan yang memenuhi standar akademik
5)      Pembangunan gedung kantor STT “I-3” yang permanen dan memadai bagi para dosen memiliki ruangan masing-masing untuk mempersiapkan diri terkait tugas mengajar yang berbobot
6)      Penambahan jumlah judul dan eksemplar buku sesuai pengebangan strata akademik dan prodi, meja belajar di perpustakaan, serta seorang pustakawan yang memiliki latar belakang pendidikan perpustakaan.
7)      Peningkatan perhatian kesejahteraan dosen dan Pembina STT “I-3”, baik finant-nya, ruang kerjanya, dan tempat huniannya.
8)      Penyediaan 2 sepeda motor untuk pelayanan akhir pecan ke pedesaan
PROGRAM
TARGET SELESAI TAHUN
ANGGARAN KEBUTUHAN
1.      Penyediaan sarana perkulihan yang memadai: 5 LCD di tiap ruang kuliah, 50 kursi kuliah baru, 2 with board permanent
2013
38.000.000,-
2.      Penyusunan Kurikulum yang relevan dan selalu diupdate sesuai kebutuhan pasar
2011
-
3.      Studi banding dengan Sekolah-sekolah Tinggi Theologia dalam masing-masing prodi
2011
10.000.000,-
4.      Penambahan 5 ruang kuliah permanent dan yang memenuhi standar akademik

2013
2.500.000.000,-
5.      Pembangunan gedung kantor STT “I-3” yang permanen dan memadai bagi para dosen memiliki ruangan masing-masing untuk mempersiapkan diri terkait tugas mengajar yang berbobot
2012
3.000.000.000,-
6.      Penambahan jumlah judul dan eksemplar buku yang sesuai dengan peningkatan program strata akademik  dan prodi, meja belajar di perpustakaan, serta tenaga pustakawan
2013
300.000.000,-
7.      Peningkatan perhatian kesejahteraan dosen dan Pembina STT “I-3”, baik finant-nya, ruang kerjanya, dan fasilitas kerjanya.
2013
500.000.000,-
8.      Penyediaan 2 sepeda motor untuk pelayanan akhir pecan ke pedesaan
2012
24.000.000,-




Strategi
1)      Mengevaluasi dan mengupdate kurikulum
2)      Survey ke gereja-gereja atau lembaga-lembaga gerejawi tentang kebutuhan mereka dalam hal pengajaran Kristiani
3)      Mencari para pendukung untuk melaksanakan pembangunan ruang kuliah dan gedung kantor permanent
4)      Pembelian buku-buku, meja belajar, serta up grading tenaga pustakawan
5)      Peningkatan kesejahteraan para dosen dan faktor-faktor penunjang lainnya
6)      Pembelian 2 sepeda motor untuk pelayanan akhir pekan

Target
1)      Memiliki kurikulum yang up to date
2)      Pelayanan yang holistic dan prodi yang integatif
3)      Penyediaan sarana dan prasarana perkulihan yang memadai
4)      Penyediaan 5 ruang kuliah yang permanent dan memadai
5)      Pengadaan gedung kantor STT “I-3” yang sesuai dengan peraturan pemerintah
6)      Jumlah buku, meja belajar di perpustakaan, serta tenaga pustakawan
7)      Kesejahteraan dosen dan Pembina di STT “I-3” yang layak dan memadai
8)      Pengadaan 2 sepeda motor



Misi 3
Menyelenggarakan manajemen mutu terpadu yang berfokus pada pelanggan, berorientasi pada proses, berkomitmen pada perubahan dan perbaikan, pelayanan yang prima dan pendidikan secara total.

Tujuan
Menjadikan STT “I-3” sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan manajemen mutu terpadu yang berfokus pada pelanggan, berorientasi pada proses, berkomitmen pada perubahan dan perbaikan, pelayanan yang prima dan pendidikan secara total.

Sasaran
Mewujudkan STT “I-3” mengimplementasikan manajemen mutu terpadu yang berfokus pada pelanggan, dan/atau melampaui delapan Standar Pendidikan Nasional (isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan).

Program
1)      Implementasi manajemen mutu terpadu dengan standar operating procedure: penetapan standar, pelaksanaan, monitoring, evaluasi diri, audit internal, umpan balik, perbaikan standar dan standar baru.
2)      Program peningkatan pelayanan yang berfokus pada pelanggan, yakni kebutuhan gereja-gereja dan lembaga-lembaga gereja serta lembaga pendidikan dan instansi pemerintah sebagai pasar STT “I-3”
3)      Program peningkatan pelayanan yang prima kepada pelanggan, dengan penyiapan mahasiswa baik dengan pembekalan akademik, spiritual, maupun praktis (ekstra kurikuler pelatihan IT, musik, mengendarai kendaraan bermotor, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa Internasional)
PROGRAM
TARGET SELESAI TAHUN
ANGGARAN KEBUTUHAN
1. Implementasi manajemen mutu terpadu dengan standar operating procedure: penetapan standar, pelaksanaan, monitoring, evaluasi diri, audit internal, umpan balik, perbaikan standar dan standar baru.
2013
50.000.000,-
2. Program peningkatan pelayanan yang berfokus pada pelanggan, yakni kebutuhan gereja-gereja dan lembaga-lembaga gereja serta lembaga pendidikan dan instansi pemerintah sebagai pasar STT “I-3”
2013
30.000.000,-
3. Program peningkatan pelayanan yang prima kepada pelanggan, dengan penyiapan mahasiswa baik dengan pembekalan akademik, spiritual, maupun praktis (ekstra kurikuler pelatihan IT, musik, mengendarai kendaraan bermotor, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa Internasional)
2013
200.000.000,-
Strategi
1)      Penataan administrasi dan manajeman di setiap bidang
2)      Evaluasi diri dan audit internal
3)      Berusaha mendapatkan umpan balik dari alumni, baik melalui internet, surat, maupun pertemuan alumni secara berkala oleh IKA “I-3”, juga peran biro alumni, maupun Berita Kampus.

Target
1)      Manajemen mutu terpadu
2)      Menurunkan tingkat kekeliruan yang terjadi dalam system administrasi keuangan
3)      Perbaikan dan Peningkatan kualitas pelayanan yang prima dalam segala bidang
4)      Menggali kekuatan alumni demi kemajuan STT “I-3”

Misi 4
Mengadakan pembinaan iman dan pembangunan karakter, serta pelatihan kecakapan mengaplikasikan pemahaman dan pengalaman theologia dalam proses pembudayaan pola pikir, gaya hidup dan model pemimpin pelayan.

Tujuan
Terwujudnya STT “I-3” sebagai pusat pendidikan theologia yang menghasilkan Pendeta jemaat, pendidik, dan misionaris yang berkarakter dan bermoral, yang mampu memimpin, menggembalakan, mendewasakan, dan memobilisasi gereja bagi pelayanan seutuhnya.

Sasaran
1)      Menghasilkan Pendeta jemaat, pendidik, misionaris yang berkarakter dan bermoral, serta dapat melayani secara holistic.
2)      Kepribadian dan spiritualitas lulusan yang mampu mengaplikasikan pemahaman dan pengalaman teologia dalam proses pembudayaan pola pikir, gaya hidup, dan model pemimpin pelayan.

Program
1)      Program perbaikan system dan pelaksanaan berbagai pelatihan secara berkesinambungan demi peningkatan STT “I-3” (buku tata tertib mahasiswa, buku KAMALIA untuk persekutuan Unit Kamis Malam, penyediaan alat-alat kerja praktis yang memadai di asrama)
2)      Peningkatan pola pembinaan terhadap para mahasiswa STT “I-3”, melalui pembinaan di klas, di unit, dan di asrama, maupun di pelayanan.
3)      Penambahan informasi terbaru, baik secara teologis, etika, wawasan nusantara, medis, dan berbagai skill sebagai pembekalan kepada mahasiswa
4)      Peningkatan berbagai fasilitas olah raga (lapangan sepak bola, lapangan foly, lapangan basket, lapangan tennis, meja tennis, dll)
5)      Pembuatan bank data mahasiswa

PROGRAM
TARGET SELESAI TAHUN
ANGGARAN KEBUTUHAN
1.      Program perbaikan system dan pelaksanaan berbagai pelatihan secara berkesinambungan demi peningkatan STT “I-3” (buku tata tertib mahasiswa, buku KAMALIA untuk persekutuan Unit Kamis Malam, penyediaan alat-alat kerja praktis yang memadai di asrama)
2011
300.000.000,-
2. Program perbaikan system dan pelaksanaan berbagai pelatihan secara berkesinambungan demi peningkatan STT “I-3”, denganp penambahan informasi terbaru (seminar, ceramah), baik secara teologis, etika, wawasan nusantara, medis, dan berbagai skill sebagai pembekalan kepada mahasiswa
2012
500.000.000,-
3. Peningkatan pola pembinaan terhadap para mahasiswa STT “I-3”, melalui pembinaan di klas, di unit, dan di asrama, maupun di pelayanan.
2011
300.000.000,-
4. Peningkatan berbagai fasilitas olah raga (lapangan sepak bola, lapangan foly, lapangan basket, lapangan tennis, meja tennis, dll)
2013
300.000.000,-
5. Pembuatan bank data mahasiswa
2011
20.000.000,-
Strategi
1)      Penyusunan tata tertib dan peraturan
2)      Pola kehidupan di asrama (peraturan dan kegitan yang telah tersusun rapih)
3)      Pola pembinaan unit-unit mahasiswa
4)      Ceramah-ceramah dengan issu-issu yang up to date (teologia, etika, wawasan nusantara, media, dan berbagai skill)
5)      Penyusunan bank data mahasiswa
6)      Penyediaan fasilitas olah raga yang memadai demi kesehatan fisik dan mental

Target
1)      Revisi dan pencetakan ulang buku Tata Tertib dan peraturan mahasiswa STT “I-3”
2)      Revisi dan pencetakan ulang buku KAMALITA (“Kamis malam lima tahun”)
3)      Acara malam misi November 2011
4)      Acara malam budaya April 2012
5)      Kelengkapan akomodasi dan tempat belajar mahasiswa STT “I-3”
6)      Bank Data mahasiswa dimulai Juli 2012
7)      Fasilitas olah raga dan fasilitas kerja praktis yang memadai





Misi 5
Melakukan penelitian theologia untuk mengekspresikan dan memberitakan serta mengajarkan kekayaan-kekayaan theologia yang aplikatif bagi pembangunan gereja yang missioner dan bangsa seutuhnya.

Tujuan
Menjadi Sekolah Tinggi Theologia yang menghasilkan buah-buah penelitian theologia untuk mengekspresikan dan memberitakan serta mengajarkan kekayaan-kekayaan theologia yang aplikatif bagi pembangunan gereja yang missioner dan bangsa seutuhnya.

Sasaran
Pemberitaan dan pengajaran sebagai hasil penelitian theologia yang aplikatif bagi pembangunan gereja yang missioner dan pembangunan bangsa seutuhnya.

Program
1)      Program penerbitan jurnal theologia secara berkala
2)      Program pelibatan dosen dan mahasiswa dalam diskusi ilmiah (theologia), pemberian seminar, dll secara berkala
3)      Program penelitian lapangan untuk melihat kebutuhan “pasar”
4)      Berbagai bentuk pelatihan bagi mahasiswa untuk menunjang tugasnya sebagai hamba Tuhan

PROGRAM
TARGET SELESAI TAHUN
ANGGARAN KEBUTUHAN
1. Program penerbitan jurnal theologia secara berkala
2012
50.000.000,-
2. Program pelibatan dosen dan mahasiswa dalam diskusi ilmiah (theologia), pemberian seminar, dll
2012
100.000.000,-
3. Program penelitian lapangan untuk melihat kebutuhan “pasar”
2012
300.000.000,-
4. Berbagai bentuk pelatihan bagi mahasiswa untuk menunjang tugasnya sebagai hamba Tuhan (Evangelism Explorism, dll)
2012
300.000.000,-

Strategi
1)      Penelitian dan Penulisan karya ilmiah dosen
2)      Peningkatan kualitas akademik mahasiswa, termasuk bimbingan skripsi
3)      Penelitian lapangan
4)      Dosen dan mahasiswa dilibatkan dalam diskusi ilmiah
5)      Kelengkapan alat-alat penelitian (kamera, handicamp, LCD, laptop, dll)

Target
1)      Penerbitan Jurnal theologia secara berkala
2)      Penerbitan hasil Peneltian dan Penulisan karya ilmiah dosen (thesis, disertasi, dll)
3)      Kompetensi mahasiswa dalam berbagai bentuk pelayanan yang aplikatif dan kontekstual

Misi 6
Melakukan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, melalui pemberitaan dan pengajaran Firman Tuhan dalam bentuk perkataan dan perbuatan yang holistic melalui pelayanan pastoral dan pelayanan edukasi yang transformatif.

Tujuan
Menjadi Sekolah Tinggi Theologia yang mengabdi kepada masyarakat, melalui pemberitaan dan pengajaran Firman Tuhan dalam bentuk perkataan dan perbuatan yang holistic yang transformative.

Sasaran
Pengabdian kepada masyarakat melalui pemberitaan dan pengajaran Firman Tuhan yang transformative.

Program
1)       Program terobosan kepada setiap gereja, untuk mendapat kesempatan memberitakan dan mengajarkan Firman Tuhan.
2)       Program pelayanan social ataupun layanan social kemasyarakatan
3)       Program kerja sama dengan pemerintah setempat
4)       Mengadakan aksi dana untuk membantu masyarakat kurban bencana dan/atau pengentasan kemiskinan masyarakat
5)       Berbagai bentuk pelatihan bagi mahasiswa untuk menunjang tugasnya sebagai hamba Tuhan

PROGRAM
TARGET SELESAI TAHUN
ANGGARAN KEBUTUHAN
1.      Program terobosan kepada setiap gereja, untuk mendapat kesempatan memberitakan dan mengajarkan Firman Tuhan.
2012
200.000.000,-
2.      Program pelayanan social ataupun layanan social kemasyarakatan
2012
100.000.000,-
3.      Program kerja sama dengan pemerintah setempat
2011
50.000.000,-
4.      Mengadakan aksi dana untuk membantu masyarakat kurban bencana dan/atau pengentasan kemiskinan masyarakat
2012
200.000.000,-
5.      Berbagai bentuk pelatihan bagi mahasiswa untuk menunjang tugasnya sebagai hamba Tuhan
2012
500.000.000,-




Strategi
1)      Kunjungan dan menjalin keakraban kepada gereja-gereja di kota Batu, Malang, dst.
2)      Studi tour dan pelayanan mahasiswa ke lembaga-lembaga social atau ke kelompok etnik terpencil atau yang masih eksklusif
3)      Keterlibatan aktif mahasiswa dan dosen STT “I-3” dalam kegiatan masyarakat, misalnya versifal, kerja bakti, seminar/ceramah, upacara-upacara dalam hari-hari besar NKRI atau Kota Batu.
4)      Pelayanan akhir pekan, pelayanan 6 minggu, dan pelayanan 1 tahun di luar kampus.
5)      Kerja bakti di dingkat keluaran, kecematan, dst
6)      Survey dan kunjungan kepada anggota masyarakat yang membutuhkan bantuan konkrit

Target
1) STT “I-3” bisa melayani di gereja-gereja di kota Batu dan lebih luas lagi
2) STT “I-3” dikenal, diterima, dan menjadi berkat bagi masyarakat dengan kata dan aksi konkrit
3) Menjadi anggota PERMASTI (Persekutuan Mahasiswa Antar STT Injili se Malang raya), PASTI (Persekutuan Antar Sekolah Theologi Injili di Indonesia), dan PERSETIA (Persekutuan Sekolah-sekolah Theologia di Indoensia)



Misi 7
Melakukan kerjasama dengan pihak lain yang saling “memperkaya” dan yang dapat membantu pencapaian visi dan misi STT “I-3”.
Tujuan
Menjadi Sekolah Tinggi Theologia yang diperkaya dan memperkaya lembaga-lembaga gereja, pendidikan dan misi dalam kerjasama, baik lingkup regional, nasional, maupun international (Asia) demi pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, demi pencapaian visi dan misi STT “I-3”.

Sasaran
Terwujudnya STT “I-3” yang diperkaya dan memperkaya lembaga-lembaga Gereja, pendidikan, dan misi dengan menjalin kerja sama.

Program
1)      Program peningkatan fasilitas jejaring kerjasama regional, nasional dan internasional.
2)      Program peningkatan jumlah dan mutu jejaring kerja sama nasional dan internasional
3)      Program peningkatan promosi STT “I-3” seluas mungkin sehingga STT “I-3” dikenal secara luas.

PROGRAM
TARGET SELESAI TAHUN
ANGGARAN KEBUTUHAN
1. Program peningkatan fasilitas jejaring kerjasama regional, nasional dan internasional
2011
50.000.000,-
2. Program peningkatan jumlah dan mutu jejaring kerja sama nasional dan internasional
2012
100.000.000,-
3. Program peningkatan promosi STT “I-3” seluas mungkin sehingga STT “I-3” dikenal secara luas (baik dengan software maupun hardware)
2012
100.000.000,-

Strategi
1)      Peningkatan jumlah dan mutu jejaring kerjasama internasional dengan kebijakan memprioritaskan kerjasama yang memberi posisi strategis STT “I-3” di tingkat nasional dan internasional.
2)      Penyebaran brosur dan pemflet STT “I-3”
3)      Kerja sama dengan para alumninya.
4)      Kerja sama dengan gereja-gereja, lembaga-lembaga gerejawi, lembaga-lembaga misi, instansi pemerintah, lembaga-lembaga keagamaan, lembaga-lembaga kemasyarakatan.
5)      Kerja sama dengan ATA dan OCI
6)      Formulir pendaftaran gratis bagi pelamar yang kurang mampu
7)      Pencarian sponsorship bagi mahasiswa yang berasal dari daerah dan yang memang kurang mampu dan akan diutus kembali ke daerahnya.


Target
1)      STT “I-3” dapat memperoleh sebanyak mungkin mahasiswa baru di tiap angkatan sesuai kapasitas Asrama
2)      Memberi sebanyak mungkin beasiswa bagi mahasiswa yang benar-benar membutuhkan
3)      Meningkatkan kerjasama sama atau jejaring dengan lembaga-lembaga yang akan mendukung STT “I-3” dalam mencapai visi misinya sesuai panggilan Allah.

Demikianlah RENOP yang dapat kami susun, yang sebenarnya masih banyak lagi yang lebih rinci yang tidak kami tuliskan di sini.



Batu, 29 Agustus 2009

Stevri Indra Lumintang
Rektor 

No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...