Tuesday 28 June 2016

Menjadi Terang di Tengah Dunia

Submitted by admin on Mon, 10/06/2014 - 13:55
I. LANDASAN ALKITAB
II. TUJUAN
Mendorong remaja untuk menjalankan panggilannya sebagai terang dunia di mana pun mereka berada.
III. REFLEKSI
Kita semua adalah murid Kristus yang meneladani dan terus berjalan bersama Kristus sehingga kita memiliki pola hidup seperti Kristus. Tentu saja, sebagai terang dunia, kita seharusnya dapat memberikan dampak yang positif di tempat kita berada. Kita memiliki gaya hidup yang berbeda dan tidak mengikuti arus dunia yang sering kali tidak sesuai dengan kebenaran Alkitab.
Terang dunia adalah Kristus sendiri, tetapi sebagai murid, kita harus memantulkan cahaya Terang itu. Apabila dunia penuh dengan kejahatan, iri hati, dendam, tidak mengasihi, dan lain sebagainya, sebagai anak-anak terang, kita seharusnya dapat menyatakan kasih Kristus di dalam kehidupan sehari-hari, menjadi teladan dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, serta memiliki gaya hidup yang berbeda. Di dunia remaja, kita sering mengenal istilah "coba-coba", seperti mencoba merokok, menonton film porno, narkoba, dan lain sebagainya. Murid Kristus seharusnya tidak melakukan hal yang sama. Sebaliknya, kita harus bercahaya, seperti kota yang bercahaya di atas gunung, yang dari kejauhan pun sinar itu terlihat. Terang tidak pudar dalam kegelapan, tetapi terang itu justru membuyarkan kegelapan.
Oleh sebab itu, sebagai remaja Kristen, terang Kristus harus nyata dalam hidup kita. Sebagaimana yang dituliskan dalam Matius 5:16, "... supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." Siapkah kita menjadi terang dunia? Sudahkah hidup kekristenan kita memberi dampak bagi orang-orang di sekitar kita?
IV. DISKUSI
  1. Apa yang dimaksud dengan terang dunia?
  2. Seberapa besar arti panggilan kita sebagai terang dunia?
  3. Terang akan menerangi kegelapan. Ketika terang hadir, terang itu tampak bersinar dalam kegelapan. Sebagai terang dunia, perbedaan apa saja yang seharusnya kita hadirkan di tengah dunia yang gelap ini?
  4. Mengapa kita harus hidup berbeda dengan dunia ini?
  5. Bagaimana kita dapat menjadi terang:
    • di rumah?
    • di sekolah?
    • di gereja?
    • di dalam komunitas?
V. APLIKASI
Sebagai murid-murid Kristus yang sudah menerima terang ilahi, kita harus hidup di dalam terang itu. Kita seharusnya tidak hidup secara eksklusif atau menyendiri. Namun, bukan berarti kita mengikuti arus dan menjadi sama dengan dunia ini. Terang ini bersumber dari Kristus dan kita harus memantulkan terang itu ke tempat kita berada, yaitu di rumah, di sekolah, di gereja, dan di mana pun. Ketika hidup kita berbeda dari dunia ini, kehidupan kita akan disorot dan diperhatikan banyak orang. Oleh karena itu, kita harus hidup dengan lebih berhati-hati, khususnya di dalam menjaga sikap dan tindakan kita.
Sumber Bacaan:
  1. Gunadi, Paul, dkk. 2013. "Memahami Remaja dan Pergumulannya". Bandung: Visi Press. Hlm. 13.
  2. Wahyono, Ayub. 2011. "Bahan KTB Remaja 'Impact'". Bandung: Visi Press. Hlm. 55.

No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...