Friday 14 September 2018

Injil Yohanes

*Rangkuman YOHANES*
*INJIL YOHANES*
*Penulis:*  Rasul  Yohanes

*Waktu Penulisan:*  Antara tahun  85  dan 96 Masehi.
*Rentang Waktu:* Sekitar 3 1/z th (Tahun 29 – 33 Masehi).
*Judul Kitab Dari penulis kitab ini:*  Yohanes.
*Latar Belakang:*  Meskipun   Injil  Matius, Markus, dan Lukas mempunyai sudut pandang yang berbeda, mereka sangat mirip satu sama lain dalam segi materi, karena itulah disebut sebagai "Injil Sinoptik" (mirip dalam isi  urutan dsb). Yohanes disebut dengan "Injil Tambahan': karena ia berdiri   sendiri  dengan unik dalam kelasnya sendiri.
Kitab Yohanes ini berbeda dalam berbagai hal: gaya, struktur, penggunaan wawancara yang pribadi,  kurangnya cerita  perum pamaan, dan penjelasan secara rohani tentang berbagai  kejadian.  Yohanes dan saudaranya Yakobus mengikuti Yohanes Pembaptis sampai Yesus memanggil mereka untuk mengikuti-Nya. Yesus menyebut keduanya sebagai  "Putera Guntur", tetapi kemudian Yohanes disebut murid "Yang Dikasihi Yesus". Yohanes, bersama-sama dengan Petrus dan Yakobus, menjadi sangat dekat dengan Yesus. Mereka bertiga saja yang berada bersama-sama Yesus pada saat Yesus dimuliakan di atas gunung (Mat.  17: 1-8) dan di taman Getsemani (Mrk.  14:32-41). Yohanes menulis kitab ini untuk sebuah tujuan yang khusus " .. supaya kamu percaya bahwa Yesuslah Mesias Anak Allah dan supaya  kamu oleh imanmu  memperoleh hidup dalam nama-Nya" (20:31). Yohanes juga menulis kitab 1,2,3 Yohanes, dan kitab Wahyu.
*Tempat  Penulisan:*  Kemungkinan  di  Efesus.
*Ditujukan Kepada:* Semua orang non Yahudi dan orang Kristen.
*Isi:*
Jika Lukas menggambarkan Yesus sebagai "Anak manusia", Yohanes mempresentasikan- Nya dengan keilahian-Nya sebagai ''AnakAllah". Hubungan Yesus dengan Bapa ditekankan ketika Ia mengajar, menyembuhkan orang sakit, berdoa, dan melayani. Mujizat yang ditulis dalam Yohanes termasuk: mengubah air menjadi anggur (2: 1-11), memberi makan 5000 orang (6: 1-14), berjalan di atas air (6: 16-21), dan membangkitkan Lazarus (11:1-46).  Meskipun demikian,  sebagai tambahan akan keberadaan-Nya sebagai Allah, segi kemanusiaan Yesus  juga  ditunjukkan  saat Ia merasakan lelah,  lapar,  haus, dan sedih yang mendalam.  Yesus menyebut diri-Nya dengan "Aku inilah ... " sebanyak 7 kali yang dengan jelas menunjukkan pernyataan-Nya akan keilahian-Nya dan jalan kepada keselamatan. Setelah kematian dan kebangkitan-Nya, kemunculan Tuhan sebelum kenaikan-Nya ke Sorga diceritakan dengan sangat terperinci.
*Kata Kunci:* "Firman";  "Hidup";  "Percaya". Yesus adalah "Firman Kekal", yang telah ada pada mulanya, yang menjadi manusia. Seseorang harus "percaya" akan nama Yesus untuk mendapatkan "hidup" yang kekal ... yaitu Yesus, yang selalu bersama dengan Allah dan juga adalah Allah.
Tema: Allah begitu mengasihi kita sehingga Ia memberikan Anak-Nya supaya barang siapa percaya kepada Yesus tidak binasa tetapi merniliki hidupyangkekal (3:16). Mujizat tidak diberikan tidak hanya untuk menyembuhkan, tetapi juga sebagai  sebuah tanda yang mengarah kepada Yesus.   Allah ingin kita tidak hanya mengasihi- Nya, tetapi juga mengasihi sesama kita. Darah Kristus menutup segala permohonan dan pengakuan kita kepada Allah. Kristus mengerti penuh segala Iuka hati kita ... Ia membayar harga termahal  untuk menyembuhkannya.    Roh Kudus memberi kita damai kekal yang tidak dapat dihasilkan atau dibeli oleh dunia.
*Garis  Besar:*
1. Inkarnasi Anak Allah. 1: 1-18
2. Perkenalan dan pelayanan Yesus kepada umum. 1:19--5:18
3. Perlawanan atas pelayanan Yesus. 5: 19--12:50
4. Yesus menyiapkan murid-murid-Nya untuk pengkhianatan terhadap diri-Nya.  13: 1--17:26
5. Penangkapan, pengadilan, dan penyaliban Yesus.  18: 1--19:37
6. Penguburan dan kebangkitan Yesus. 19:38--21 :25
⁠⁠⁠⁠⁠⁠Sumber
Alkitab RAINBOW
Diakui Konperensi Waligereja Indonesia
Penerbit Lembaga Alkitab Indonesia dan MajestyBooks Publisher
*Dirangkum:*
*Ps. Dr. Eko Basuki, M.Pd.K*
Leader B1BLE Club

No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...