Sunday 25 August 2019

RINGKASAN BUKU SEJARAH PERKEMBANGAN PRAKTEK DAN PIKIRAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DARI PLATO SAMPAI IGNATIUS LOYOLA (ROBERT R. BOEHLKE, P.h.D )


RINGKASAN BUKU SEJARAH PERKEMBANGAN PRAKTEK DAN PIKIRAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DARI PLATO SAMPAI IGNATIUS LOYOLA (ROBERT R. BOEHLKE, P.h.D )
Description: Gambar terkait




Dosen Pengampu : Dr. Eko Basuki

Description: Hasil gambar untuk RINGKASAN BUKU SEJARAH PERKEMBANGAN PIKIRAN dan praktek PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DARI dari yohanes amos comenius  (ROBERT R. BOEHLKE, P.h.D )








BAB  1
DASAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN  MASA KUNO
A.   Pendidikan Yunani- Romawi
1.      Plato ( kira-kira 428 -348 s.M )
·      Pemenu Pendidikan Agama Kristen bukanlah GEREJA PURBA
·      Orang- orang Kristen pertama dibesarkan dalam negeri yang telah dipengaruhi  Kebudayaan Yunani kurang lebih 200 tahun lamanya.
·      Ada 3 macam arus mengalir menjadi sungai Iman Kristen, yaitu

1). Yahudi yang membawa dasar agamawi
2). Yunani yang membawa bahasanya
3). Romawi yang menentukan struktur ketertiban umum dan hak sipil
1.1    Plato berasal dari keluarga Bangsawan, sisilah nenek moyangnya terdapat nama raja-raja Atena dan seorang Anggota DPR yang bernama Solon.
1.2    Guru Plato adalah bernama Sokrates.
Sistim atau gaya mengajar Sokrates kepada murid melalui tiga tingkat fikiran ,yaitu :
1). Yakin yang tiada berdasar
2). Bimbang dan ragu-ragu tentang pendapatnya semula, dan ingin hendak mengetahui yang sebenarnya.
3). Yakin yang berdasarkan kepada penyelidikan dan cara berpikir yang betul.
Tragis, Sokrates dijatuhi hukuman mati ( ia minum racun dalam mangkok dikelilingi murid-muridnya ), Sokrates dituduh oleh musuh-musuhnya merusak akhlak para pemuda dengan pendekatan belajarnya.
1.3     Plato kemudian mendirikan sekolah yang dinamakan “ Akademi “,pikiran matang Plato tentang PENDIDIKAN dimuat dalam bukunya yang berjudul “Republik “   (bukunya melukiskan bentuk suatu Negara yang sesempurna mungkin) .
1.4    Pendidikan menurut Plato, perlu untuk :
v Membimbing orang-orang meninggalkan  semua bayang-bayang yang tidak berakar dalam kenyataan , agar melihat serta menganut Kebenaran
v Dalam Proses pendidikan, menurut Plato kita dibimbing  “ mengingat” inti abadi dari benda-benda dalam dunia ini.
v Pria dan wanita berhak menerima pendidikan.
v Yang termasuk  dalam subyek Pendidikan adalah anak-anak dan muda-mudi dari kaum atasan.


Monday 19 August 2019

Lansia






Sunday, January 25, 2015


PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MASA LANSIA

dari http://queenachun.blogspot.com Minggu, 10 Juni 2012


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perkembangan fisik pada masa lansia terlihat pada perubahan perubahan fisiologis yang bisa dikatakan mengalami kemunduran, perubahan perubahan biologis yang dialami pada masa lansia yang terlihat adanya kemunduran tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan terhadap kondisi psikologis.
Perubahan ini juga terjadi pada aspek psikologi dan sosialnya. Selain itu permasalahan mengenai kemampuan motorik juga perlu untuk dibahas secara terperinci.

B. Rumusan Masalah
1.    Apakah yang dimaksud dengan masa tua?
2.    Bagaimanakah ciri-ciri dan karakteristik masa tua tersebut?
3.    Apakah ada perubahan yang dialami dari segi fisiknya?
4.    Bagaimanakah pengaruhnya terhadap psikologisnya?
5.    Apakah implikasi masa tua dalam pendidikan?

C. Tujuan Pembahasan
Memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada mahasiswa tentang perkembangan fisik, psikologis, dan sosio-emosional secara terperinci terhadap perkembangan masa tua.

BAB II
PEMBAHASAN

A.      MASA TUA

1. Pengertian masa tua (lanjut usia)

Usia lanjut adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang. Masa ini dimulai dari umur enam puluh tahun sampai meninggal, yang ditandai dengan adanya perubahan yang bersifat fisik dan psikologis yang semakin menurun.

Proses menua (lansia) adalah proses alami yang disertai adanya penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial yang saling berinteraksi satu sama lain.

Berikut beberapa pendapat mengenai pengertian masa tua :
-   Menurut Bernice Neugarten (1968) James C. Chalhoun (1995) masa tua adalah suatu masa dimana orang dapat merasa puas dengan keberhasilannya.
-   Badan kesehatan dunia (WHO) menetapkan 65 tahun sebagai usia yang menunjukkan proses penuaan yang berlangsung secara nyata dan seseorang telah disebut lanjut usia. Lansia banyak menghadapi berbagai masalah kesehatan yang perlu penanganan segera dan terintegrasi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggolongkan lanjut usia menjadi 4 yaitu : usia pertengahan (middle age) 45 -59 tahun, Lanjut usia (elderly) 60 -74 tahun, lanjut usia tua (old) 75 – 90 tahun dan usia sangat tua (very old) diatas 90 tahun.
-   Pada lanjut usia akan terjadi proses menghilangnya kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya secara perlahan-lahan sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang terjadi (Constantinides, 1994).

Penggolongan lansia menurut Depkes dikutip dari Azis (1994) menjadi tiga kelompok yakni :
a) Kelompok lansia dini (55 – 64 tahun), merupakan kelompok yang baru memasuki lansia.
b) Kelompok lansia (65 tahun ke atas).
c) Kelompok lansia resiko tinggi, yaitu lansia yang berusia lebih dari 70 tahun.

Dari berbagai penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, lanjut usia merupakan periode di mana seorang individu telah mencapai kemasakan dalam proses kehidupan, serta telah menunjukan kemunduran fungsi organ tubuh sejalan dengan waktu, tahapan ini dapat mulai dari usia 55 tahun sampai meninggal.


2. Ciri  - ciri masa tua
a.  Menurut Hurlock (Hurlock, 1980, h.380) terdapat beberapa ciri-ciri orang lanjut usia, yaitu :
•   Usia lanjut merupakan periode kemunduran.
•   Orang lanjut usia memiliki status kelompok minoritas.
•   Menua membutuhkan perubahan peran.
•   Penyesuaian yang buruk pada lansia.

Karakteristik masa tua
Menurut Butler dan Lewis (1983) serta Aiken (1989) terdapat berbagai karakteristik lansia yang bersifat positif. Beberapa di antaranya adalah:
•   keinginan untuk meninggalkan warisan;
•   fungsi sebagai seseorang yang dituakan;
•   kelekatan dengan objek-objek yang dikenal;
•   perasaan tentang siklus kehidupan;
•   kreativitas,
•   rasa ingin tahu dan kejutan (surprise);
•   perasaan tentang penyempurnaan atau pemenuhan kehidupan, dll.

B.  PERUBAHAN FISIK PADA MASA TUA

Perkembangan fisik pada masa lansia terlihat pada perubahan perubahan fisiologis yang bisa dikatakan mengalami kemunduran, perubahan perubahan biologis yang dialami pada masa lansia yang terlihat adanya kemunduran tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan terhadap kondisi psikologis.

Perkembangan masa dewasa akhir atau usia lanjut, membawa penurunan fisik yang lebih besar dibandingkan dengan periode periode usia sebelumnya. Kita akan mencatat rentetan perubahan perubahan dalam penurunan fisik yang terkait dengan penuaan, dengan penekanan pentingnya perkembangan perkembangan baru dalam penelitian proses penuaan yang mencatat bahwa kekuatan tubuh perlahan lahan menurun dan hilangnya fungsi tubuh kadangkala dapat diperbaiki.
Terdapat sejumlah perubahan fisik yang terjadi pada periode lansia menurut Elida Prayitno yaitu:
•    Perubahan fisik bukan lagi pertumbuhan tetapi pergantian dan perbaikan sel-sel tubuh.
•    Pertumbuhan dan reproduksi sel-sel menurun.
•    Penurunan Dorongan Seks.

Pada umumnya perubahan pada masa lansia meliputi perubahan dari tingkat sel sampai kesemua sistem organ tubuh, diantaranya sistem pernafasan, pendengaran, penglihatan, kardiovaskuler, sistem pengaturan tubuh, muskuloskeletal, gastrointestinal, genito urinaria, endokrin dan integumen.

a. Sistem pernafasan pada lansia.
Kapasitas pernafasan pada lansia akan menurun pada usia 20 hingga 80 tahun sekalipun tanpa penyakit. Paru paru kehilangan elatisitasnya, dada menyusut, dan diafragma melemah. Meskipun begitu berita baiknya adalah bahwa orang dewasa lanjut dapat memperbaiki fungsi paru paru dengan latihan latihan memperkuat diafragma.

b. Perubahan Sistem persyarafan.
1)  Cepatnya menurunkan hubungan persyarafan.
2)  Lambat dalam merespon dan waktu untuk berfikir.
3)  Mengecilnya syaraf panca indera.
4)  Berkurangnya penglihatan, hilangnya pendengaran, mengecilnya syaraf pencium & perasa lebih sensitif terhadap perubahan suhu dengan rendahnya ketahanan terhadap dingin.
5)  Otak dan sistem syaraf. Aspek yang signifikan dari proses penuaan mungkin adalah bahwa neuron neuron itu tidak mengganti dirinya sendiri. Meskipun demikian otak dapat cepat sembuh dan memperbaiki kemampuannya, hanya kehilangan sebagian kecil dari kemampuannya untuk bisa berfungsi di masa dewasa akhir.
6)  Perkembangan Sensori. Perubahan sensori fisik masa dewasa akhir melibatkan indera penglihatan,pendengaran, perasa, pembau, dan indera peraba. Pada masa dewasa akhir penurunan indera penglihatan bisa mulai dirasakan dan terjadi mulai awal masa dewasa tengah. Adaptasi terhadap gelap lebih menjadi lambat, yang berarti bahwa orang orang lanjut usia membutuhkan waktu lama untuk memulihkan kembali penglihatan mereka ketika keluar dari ruangan yang terang menuju ke tempat yang agak gelap.

c. Perubahan panca indera yang terjadi pada lansia.
 Ciri – ciri perubahan pada indra masa lansia salah satunya sekresi saliva berkurang mengakibatkan pengeringan rongga mulut. Papil-papil pada permukaan lidah mengalami atrofi sehingga terjadi penurunan sensitivitas terhadap rasa terutama rasa manis dan asin. Keadaan ini akan mempengaruhi nafsu makan, dan dengan demikian asupan gizi juga akan terpengaruh. Keadaan ini mulai pada usia 70 tahun. Perubahan indera penciuman, penglihatan dan pendengaran juga mengalami penurunan fungsi seiring dengan bertambahnya usia.

d. Perubahan cardiovaskuler pada usia lanjut.
Tidak lama berselang terjadi penurunan jumlah darah yang dipompa oleh jantung dengan seiringnya pertambahan usia sekalipun pada orang dewasa yang sehat. Bagaimanapun, kita mengetahui bahwa ketika sakit jantung tidak muncul, jumlah darah yang dipompa sama tanpa mempertimbangakan usia pada masa dewasa. Kenyataannya para ahli penuaan berpendapat bahwa jantung yang sehat dapat menjadi lebih kuat selama kita menua dengan kapasitas meningkat bukan menurun.

e. Sistem genito urinaria.
1) Ginjal, Mengecil dan nephron menjadi atropi, aliran darah ke ginjal menurun sampai 50 %, penyaringan diglomerulo menurun sampai 50 %, fungsi tubulus berkurang akibatnya kurangnya kemampuan mengkonsentrasi urin, berat jenis urin menurun proteinuria ( biasanya + 1 ) ; BUN meningkat sampai 21 mg % ; nilai ambang ginjal terhadap glukosa meningkat.
2) Vesika urinaria / kandung kemih, Otot otot menjadi lemah, kapasitasnya menurun sampai 200 ml atau menyebabkan frekwensi BAK meningkat, vesika urinaria susah dikosongkan pada pria lanjut usia sehingga meningkatnya retensi urin.
3) Pembesaran prostat ± 75 % dimulai oleh pria usia diatas 65 tahun.
4) Atropi vulva.
5) Vagina, Selaput menjadi kering, elastisotas jaringan menurun juga permukaan menjadi halus, sekresi menjadi berkurang, reaksi sifatnya lebih alkali terhadap perubahan warna.
6) Daya sexual, Frekwensi sexsual intercouse cendrung menurun tapi kapasitas untuk melakukan dan menikmati berjalan terus.

f. Sistem endokrin / metabolik pada lansia.
1)  Produksi hampir semua hormon menurun.
2)  Fungsi paratiroid dan sekesinya tak berubah.
3)  Pituitary, Pertumbuhan hormon ada tetapi lebih rendah dan hanya ada di pembuluh darah dan berkurangnya produksi dari ACTH, TSH, FSH dan LH.
4)  Menurunnya aktivitas tiriod Ù BMR turun dan menurunnya daya pertukaran zat, dll.

g. Perubahan sistem pencernaan pada usia lanjut.
1)  Kehilangan gigi, Penyebab utama adanya periodontal disease yang biasa terjadi setelah umur 30 tahun, penyebab lain meliputi kesehatan gigi yang buruk dan gizi yang buruk.
2)  Indera pengecap menurun, Adanya iritasi yang kronis dari selaput lendir, atropi indera pengecap (± 80 %), hilangnya sensitivitas dari syaraf pengecap dilidah terutama rasa manis, asin, asam & pahit.
3)  Esofagus melebar,dll.

h. Perubahan sistem reproduksi dan kegiatan sexual.

1)  Perubahan sistem reprduksi.
a)  selaput lendir vagina menurun/kering.
b)  menciutnya ovarium dan uterus.
c)  atropi payudara.
d)  testis masih dapat memproduksi meskipun adanya penurunan secara berangsur berangsur.
e)  dorongan sex menetap sampai usia diatas 70 tahun, asal kondisi kesehatan baik.

2)  Kegiatan sexual.
Pada masa usia lanjut khususnya pada wanita salah satu ciri perubahannya yaitu mengalami fase menopause. Akibat berhentinya haid, berbagai organ reproduksi akan mengalami perubahan. Rahim mengalami antropi (keadaan kemunduran gizi jaringan), panjangnya menyusut, dan dindingnya menipis. Jaringan miometrium (otot rahim) menjadi sedikit dan lebih banyak mengandung jaringan fibriotik (sifat berserabut secara berlebihan). Leher rahim (serviks) menyusut tidak menonjol kedalam vagina bahkan lama-lama akan merata dengan dinding vagina, dsb.

1)  Hot flushes (perasaan panas)
Adalah rasa panas yang luar biasa pada wajah dan tubuh bagian atas (seperti leher dan dada). Dengan perabaan tangan akan terasa adanya peningkatan suhu pada daerah tersebut. Gejolak panas terjadi karena jaringan-jaringan yang sensitif atau yang bergantung pada esterogen akan terpengaruh sewaktu kadar estrogen menurun. Pancaran panas diperkirakan merupakan akibat dari pengaruh hormon pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur temperatur tubuh.

2)  Keringat Berlebihan
Cara bekerjanya secara persis tidak diketahui, tetapi pancaran panas pada tubuh akibat pengaruh hormon yang mengatur termostat tubuh pada suhu yang lebih rendah. Akibatnya, suhu udara yang semula dirasakan nyaman, mendadak menjadi terlalu panas dan tubuh mulai menjadi panas serta mengeluarkan keringat untuk mendinginkan diri. Selain itu, dalam kehidupan seorang wanita, jaringan-jaringan vagina menjadi lebih tipis dan berkurang kelembabannya seiring dengan kadar estrogen yang menurun. Gejala lain yang dialami wanita adalah berkeringat dimalam hari.

3)  Vagina Kering
Perubahan pada organ reproduksi, diantaranya pada daerah vagina sehingga dapat menimbulkan rasa sakit pada saat berhubungan intim. Selain itu, akibat berkurangnya estrogen menyebabkan keluhan gangguan pada epitel vagina, jaringan penunjang, dan elastisitas dinding vagina. Padahal, epitel vagina mengandung banyak reseptor estrogen yang sangat membantu mengurangi rasa sakit dalam berhubungan seksual.

4)  Tidak dapat menahan air seni
Ketika usia bertambah, air seni sering tidak dapat ditahan pada saat bersin dan batuk. Hal ini akibat estrogen yang menurun sehingga salah satu dampaknya adalah inkonsitensia urin (tidak dapat mengendalikan fungsi kandung kemih). Perlu diketahui, dinding serta lapisan otot polos uretra perempuan juga mengandung banyak reseptor estrogen. Kekurangan estrogen menyebabkan terjadinya gangguan penutupan uretra dan perubahan pola aliran urin menjadi abnormal sehingga mudah terjadi infeksi pada saluran kemih bagian bawah.

5)  Hilangnya jaringan penunjang
Rendahnya kadar estrogen dalam tubuh berpengaruh pada jaringan kolagen yang berfungsi sebagai jaringan penunjang pada tubuh. Hilangnya kolagen menyebabkan kulit kering dan keriput, rambut terbelah-belah, rontok, gigi mudah goyang dan gusi berdarah, sariawan, kuku rusak, serta timbulnya rasa sakit dan ngilu pada persendian.
6)  Penambahan berat badan
7)  Gangguan mata
8)  Nyeri tulang dan sendi

i. Perubahan otot
Penurunan berat badan sebagai akibat hilangnya jaringan otot dan jaringan lemak tubuh. Presentasi lemak tubuh bertambah pada usia 40 tahun dan berkurang setelah usia 70 tahun. Penurunan Lean Body Mass ( otot, organ tubuh, tulang) dan metabolisme dalam sel-sel otot berkurang sesuai dengan usia. Penurunan kekuatan otot mengakibatkan orang sering merasa letih dan merasa lemah, daya tahan tubuh menurun karena terjadi atrofi. Berkurangnya protein tubuh akan menambah lemak tubuh. Perubahan metabolisme lemak ditandai dengan naiknya kadar kolesterol total dan trigliserida.

Ciri – ciri perubahan fisik masa usia lanjut akan berpengaruh juga pada kondisi kesehatannya, seperti berikut :
•  Keadaan tubuh: Kadar lemak dalam tubuh meningkat akibat penurunan aktivitas fisik dan kurang makanan berserat. Daya motorik otot menurun membuat orang sulit bergerak. Jumlah air di dalam tubuh berkurang. Massa tulangpun menurun karena kondisi tulang mulai rapuh, sementara pertumbuhan tulang sudah berhenti.
•  Pencernaan: Gangguan pada gigi dan perubahan bentuk rahang mengakibatkan sulitnya mengunyah makanan. Daya penciuman dan perasa menurun, hal ini menyebabkan turunnya selera makan yang berakibat kekurangan gizi. Menurunnya produksi asam lambung dan enzim pencernaan, mempengaruhi penyerapan vitamin dan zat-zat lain pada usus. Penurunan perkembangan lapisan otot pada usus, melemahkan dinding usus, dan menurunkan daya cerna usus. Fungsi hati yang memproses racun, seperti obat-obatan dan alkohol pun melemah.
•  Kekebalan tubuh: Akibat berkurangnya kemampuan tubuh memproduksi antibodi pada masa lansia, sistim kekebalan tubuhpun menurun. Hal ini membuat lansia rentan terhadap berbagai macam penyakit.
• Jantung: Daya pompa jantung menurun karena elastisitas pembuluh arteri melemah, semua ini akibat perubahan kolagen dan elastin dalam dinding arteri.
•  Pernafasan: Fungsi paru-paru menurun akibat berkurangnya elastisitas serabut otot yang mempertahankan pipa kecil dalam paru-paru tetap terbuka. Penurunan fungsi ini akan lebih berat jika orang bersangkutan memiliki kebiasaan merokok dan kurang berolahraga.
•  Otak dan syaraf. Menurunnya kemampuan fungsi otak melemahkan daya ingat. Akibatnya, orang lansia suka sering lupa makan atau minum obat, yang pada akhirnya akan menimbulkan penyakit, dll.

C.      PERUBAHAN PSIKOLOGIS PADA MASA TUA

Proses menua (aging) adalah proses alami yang disertai adanya penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial yang saling berinteraksi satu sama lain. Keadaan itu cenderung berpotensi menimbulkan masalah kesehatan secara umum maupun kesehatan jiwa secara khusus pada lansia.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan jiwa lansia. Faktor-faktor tersebut hendaklah disikapi secara bijak sehingga para lansia dapat menikmati hari tua mereka dengan bahagia. Adapun beberapa faktor yang dihadapi para lansia yang sangat mempengaruhi kesehatan jiwa mereka adalah sebagai berikut:
a. Penurunan Kondisi Fisik
b. Penurunan Fungsi dan Potensi Seksual

Faktor psikologis yang menyertai lansia antara lain :
• Rasa tabu atau malu bila mempertahankan kehidupan seksual pada lansia
• Sikap keluarga dan masyarakat yang kurang menunjang serta diperkuat oleh tradisi dan budaya.
• Kelelahan atau kebosanan karena kurang variasi dalam kehidupannya.
• Pasangan hidup telah meninggal.
• Disfungsi seksual karena perubahan hormonal atau masalah kesehatan jiwa lainnya misalnya cemas, depresi, pikun dsb.

c. Perubahan Aspek Psikososial
Pada umumnya setelah orang memasuki lansia maka ia mengalami penurunan fungsi kognitif dan psikomotor. Fungsi kognitif meliputi proses belajar, persepsi, pemahaman, pengertian, perhatian dan lain-lain sehingga menyebabkan reaksi dan perilaku lansia menjadi makin lambat. Sementara fungsi psikomotorik (konatif) meliputi hal-hal yang berhubungan dengan dorongan kehendak seperti gerakan, tindakan, koordinasi, yang berakibat bahwa lansia menjadi kurang cekatan.

Dengan adanya penurunan kedua fungsi tersebut, lansia juga mengalami perubahan aspek psikososial yang berkaitan dengan keadaan kepribadian lansia. Beberapa perubahan tersebut dapat dibedakan berdasarkan 5 tipe kepribadian lansia sebagai berikut:
1. Tipe Kepribadian Konstruktif (Construction personalitiy), biasanya tipe ini tidak banyak mengalami gejolak, tenang dan mantap sampai sangat tua.
2. Tipe Kepribadian Mandiri (Independent personality), pada tipe ini ada kecenderungan mengalami post power sindrome, apalagi jika pada masa lansia tidak diisi dengan kegiatan yang dapat memberikan otonomi pada dirinya.
3. Tipe Kepribadian Tergantung (Dependent personalitiy), pada tipe ini biasanya sangat dipengaruhi kehidupan keluarga, apabila kehidupan keluarga selalu harmonis maka pada masa lansia tidak bergejolak, tetapi jika pasangan hidup meninggal maka pasangan yang ditinggalkan akan menjadi merana, apalagi jika tidak segera bangkit dari kedukaannya.
4. Tipe Kepribadian Bermusuhan (Hostility personality), pada tipe ini setelah memasuki lansia tetap merasa tidak puas dengan kehidupannya, banyak keinginan yang kadang-kadang tidak diperhitungkan secara seksama sehingga menyebabkan kondisi ekonominya menjadi morat-marit.
5. Tipe Kepribadian Kritik Diri (Self Hate personalitiy), pada lansia tipe ini umumnya terlihat sengsara, karena perilakunya sendiri sulit dibantu orang lain atau cenderung membuat susah dirinya.

d. Perubahan yang Berkaitan Dengan Pekerjaan
Pada umumnya perubahan ini diawali ketika masa pensiun. Meskipun tujuan ideal pensiun adalah agar para lansia dapat menikmati hari tua atau jaminan hari tua, namun dalam kenyataannya sering diartikan sebaliknya, karena pensiun sering diartikan sebagai kehilangan penghasilan, kedudukan, jabatan, peran, kegiatan, status dan harga diri. Reaksi setelah orang memasuki masa pensiun lebih tergantung dari model kepribadiannya.

e. Perubahan Dalam Peran Sosial di Masyarakat
Akibat berkurangnya fungsi indera pendengaran, penglihatan, gerak fisik dan sebagainya maka muncul gangguan fungsional atau bahkan kecacatan pada lansia. Misalnya badannya menjadi bungkuk, pendengaran sangat berkurang, penglihatan kabur dan sebagainya sehingga sering menimbulkan keterasingan. Hal itu sebaiknya dicegah dengan selalu mengajak mereka melakukan aktivitas, selama yang bersangkutan masih sanggup, agar tidak merasa terasing atau diasingkan.
Karena jika keterasingan terjadi akan semakin menolak untuk berkomunikasi dengan orang lain dan kadang-kadang terus muncul perilaku regresi seperti mudah menangis, mengurung diri, mengumpulkan barang-barang tak berguna serta merengek-rengek dan menangis bila ketemu orang lain sehingga perilakunya seperti anak kecil.

HUBUNGAN SOSIO-EMOSIONAL LANSIA

Keberadaan lingkungan keluarga dan sosial yang menerima lansia juga akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sosio-emosional lansia, namun begitu pula sebaliknya jika lingkungan keluarga dan sosial menolaknya atau tidak memberikan ruang hidup atau ruang interaksi bagi mereka maka tentunya memberikan dampak negatif bagi kelangsungan hidup lansia.
Menurut teori aktivitas (activity theory), semakin orang dewasa lanjut aktif dan terlibat, semakin kecil kemungkinan mereka menjadi renta dan semakin besar kemngkinan mereka merasa puas dengan kehidupannya. Dalam hal ini penting bagi para dewasa lanjut untuk menemukan peran-peran pengganti untuk tetap menjaga keaktifan mereka dan keterlibatan mereka di dalam aktivitas kemasyarakatan. Dengan adanya aktivitas pengganti ini maka dapat menghindari individu dari perasaan tidak berguna, tersisihkan, yang membuat mereka menarik diri dari lingkungan.
Dalam teori rekonstruksi gangguan sosial (social breakdown-reconstruction theory) (Kuypers & Bengston, 1973) menyatakan bahwa penuaan dikembangkan melalui fungsi psikologis negative yang dibawa oleh pandangan-pandangan negatif tentang dunia sosial dari orang-orang dewasa lanjut dan tidak memadainya penyediaan layanan untuk mereka. Rekonstruksial dapat terjadi dengan merubah pandangan dunia sosial dari orang-orang dewasa lanjut dan dengan menyediakan sistem-sistem yang mendukung mereka. Ketersediaan layanan bagi dewasa lanjut dapat mengubah pandangan mereka mengeanai lingkungan sosialnya. Mereka akan tetap mampu untuk berperan aktif dengan layanan yang ada dan juga mereka akan mengubah pandangan dunia sosial yang negatif dan meniadakan pemberian label sebagai seseorang yang tidak mampu (incompetent). Dorongan untuk berpartisipasi aktif orang-orang dewasa lajut di masyarakat dapat meningkatkan kepuasan hidup dan perasaan positif mereka terhadap dirinya sendiri.

II.  GANGGUAN PSIKOLOGIS PADA MASA TUA

a. Gangguan persepsi
b. Proses berpikir
c. Gangguan Sensorik dan kognitif
d. Gangguan Kesadaran
e. Gangguan Orientasi
Gangguan orientasi terhadap waktu, tempat dan orang berhubungan dengan gangguan kognisi. Gangguan orientasi sering ditemukan pada gangguan kognitif, gangguan kecemasan, gangguan buatan, gangguan konversi dan gangguan kepribadian, terutama selam periode stres fisik atau lingkungan yang tidak mendukung. Pemeriksa dilakukan dengan dua cara: Apakah penderita mengenali namanya sendiri dan apakah juga mengetahui tanggal, tahun, bulan dan hari.
f.  Gangguan Daya ingat
g.  Gangguan Fungsi intelektual
Didalam buku “Psikologi Agama” yang ditulis oleh Bambang Syamsul Arifin, mengatakan bahwa manusia dari masa ke masa selalu bergerak melakukan kegiatan untuk meraih harapan kesempurnaan dalam hidup dan terhindar dari kekawatiran mereka, hal demikian tentu juga masih dirasakan oleh golongan orang-orang lanjut usia.

IMPLIKASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Proses pendidikan berlangsung secara terus menerus seumur hidup. Proses belajar juga berlangsung sepanjang hidup manusia (lifelong learning). Implementasi dalam program pendidikan sepanjang hidup melibatkan berbagai pertimbangan seperti filosofis, ekonomik, dan teknik pelaksanaan. Dari segi teknik pelaksanaan, bersumber dari hasil penelitian tentang belajar dan ingatan pada lanjut usia Lenher & Hultsch (1983. 463) yang mengusulkan beberapa hal sebagai berikut:
1.  


BAB III

PENUTUPAN

A. Kesimpulan
Usia lanjut adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang. Masa ini dimulai dari umur enam puluh tahun sampai meninggal, yang ditandai dengan adanya perubahan yang bersifat fisik dan psikologis yang semakin menurun.
 Proses menua (lansia) adalah proses alami yang disertai adanya penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial yang saling berinteraksi satu sama lain.
Badan kesehatan dunia (WHO) menetapkan 65 tahun sebagai usia yang menunjukkan proses penuaan yang berlangsung secara nyata dan seseorang telah disebut lanjut usia. Lansia banyak menghadapi berbagai masalah kesehatan yang perlu penanganan segera dan terintegrasi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggolongkan lanjut usia menjadi 4 yaitu : usia pertengahan (middle age) 45 -59 tahun, Lanjut usia (elderly) 60 -74 tahun, lanjut usia tua (old) 75 – 90 tahun dan usia sangat tua (very old) diatas 90 tahun.

B. Saran Dan Kritik
Dalam berusaha melengkapi makalah ini, tentu ada sesuatu yang kurang dan kami sebagai penulis baik dari pembahasan ataupun dari segi tulisan menyadari akan hal demikian. Maka dari itu kami akan berusaha lebih baik dengan selalu mengedapankan sumber-sumber yang lebih layak sebagai reverensi. Kami sangatlah mengharapkan masukan baik berupa kritik ataupun saran sehingga dapat menjadi sebuah instropeksi dari karya kami juga sebagai semangat dan  landasan baru untuk terus berinovasi dalam berkarya.

http://mnhmotivator.blogspot.com/2011/06/psikologi-perkembangan-masa-tua.html7:51 PM

Sunday 4 August 2019

SABIS SURABAYA 04-08-2019

SEJARAH SINGKAT
SEKOLAH BETHEL INJIL SEPENUH (SABIS)

Pada awal tahun 1988, Bapak Djabah Soekarno dari GBIS Yerusalem Baru Surabaya, sempat bertemu dengan Pdt. Darmo Handoyo dan mengemukakan ide/gagasan pentingnya Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) memiliki suatu lembaga pendidikan Alkitab. Sebagai Bendahara Badan Penghubung GBIS (BP-GBIS), dalam suatu Raker BP-GBIS yang dilaksanakan di GBIS Kristus Terang Dunia Surabaya, Pdt. Darmo Handoyo mengungkapkan ide/gagasan Bpk. Djabah Soekarno ini. Saat itu, Pdt. Harrie Rahardjo (alm) sebagai Ketua BP GBIS, menyambut dengan baik dan gembira atas usulan tersebut, demikian juga Staf BP GBIS yang lain, karena sebenarnya mereka juga memiliki kerinduan yang sama, yakni memiliki sekolah Alkitab di lingkungan GBIS. Saat itu banyak di antara pejabat GBIS adalah lulusan Sekolah Alkitab Tawangmangu (SAT) dan kebetulan Pdt.Harrie Rahardjo juga merupakan salah satu staf pengajar SAT. Bak gayung bersambut mak ide/gagasan tersebut segera direalisasikan.
Setelah menggumuli dalam doa dan melakukan persiapan-persiapan yang dipandang perlu, maka untuk merealisasikan kerinduan tersebut, pada tanggal 8 Agustus 1988, di GBIS Kristus Terang Dunia, berkumpullah staf BP-GBIS dan pejabat GBIS Jawa Timur serta beberapa aktivis GBIS yang memiliki kerinduan yang sama. Mereka pada hari itu juga kemudian bersepakat mendirikan Yayasan Bethel Injil Sepenuh (YABIS) yang akan menjadi pengelola dari sekolah Alkitab yang didirikan. Dipilihnya nama Yayasan Bethel Injil Sepenuh dikarenakan mereka rindu mempersembahkan karyanya bagi Tuhan melalui Badan Persekutuan GBIS dan seluruh anggotanya memang pejabat GBIS atau aktivis GBIS (khususnya di Jawa Timur).
Yayasan Bethel Injil Sepenuh ini kemudian dibuatkan Akta Notaris pada Kantor Notaris Sujati Subadi, SH dengan No.105 tanggal 18 Maret 1989, dan kemudian juga didaftarkan di Pengadilan Negeri Surabaya dengan No.112 tanggal 30 Mei 1989 dan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur dengan No. WM.07.02./BA.01.1/03419/1989, tanggal 24 Juli 1989. Dalam hubungannya dengan Badan Persekutuan GBIS, YABIS mengambil posisi sebagai Mitra Kerja dari GBIS dalam menyediakan hamba-hamba Tuhan yang siap terjun dalam ladang Tuhan. Akhirnya keberadaan YABIS sebagai Mitra Kerja GBIS dan keberadaan SABIS sebagai Lembaga Pendidikan resmi dalam Badan Persekutuan GBIS, ditetapkan sebagai salah satu keputusan dalam SIDANG MAJELIS BESAR GBIS XXI – TAHUN 1996 di Karangpandan Jawa Tengah.
Susunan Pengurus Yayasan Bethel Injil Sepenuh pada awal berdirinya adalah sebagai berikut:
Penasihat I : Ketua BP-GBIS (ex off) – Pdt.Harrie Rahardjo (alm)
Penishat II : Ketua MD GBIS Jatim-Bali (ex off) – Pdt.Andreas Soeparman
Ketua Umum : Pdt.Drs.Darmo Handoyo, Apt.
Ketua I : Pdt.David Soemantri, SH
Ketua II : E.Djabah Soekarno
Sekretaris I : Pdt.Drs.Doddy de Queljoe, MS
Sekretaris II : Pdm.Ir.Guana Tanjung, MDM
Bendahara I : Paulus Hermawan (alm)
Bendahara II : Jakobus B.Koeswandi
Komisaris I : Pdt.J.Jeffrey H, S.Th (alm)
Komisaris II : Pdt.Ny.J.I.Koeswandi (alm)
Departemen :
Pendidikan Theologi : Pdt. Paulus Ruswiyadi
Pendidikan Umum : Pdt.Drs.Doddy de Queljoe, Apt.
: Dra.Ny.Tirza Handoyo,Apt.
Sosial-Kesejahteraan : Pdt.Roosa Roesman, S.Th (alm)
: Pdt.Andreas Samin (alm)
: Hartono
Pembangunan : Pdm.Ir.Guana Tanjung, MDM
: Pdt.Rudianto Kusumo
Pelayanan Kesehatan : Drg.Ny.Nita Koeswandi
: Ny.Hanna Hermawan
Penerbit & Pers : Pdt. Arthur Aoys (alm)
: Pdt.Andreas Soeparman
Dalam pertemuan pertama pasca terbentuknya YABIS, salah satu keputusan penting yang ditetapkan adalah pendiri Sekolah Alkitab Bethel Injil Sepenuh (SABIS). Persiapan-persiapan dilakukan mulai dari penetapan kurikulum dan materi pelajaran, lama studi, staf pengajar, penerimaan siswa dan akhirnya pada bulan Agustus 1989 masuklah siswa angkatan I (pertama) yang berjumlah 27 (dua puluh tujuh) siswa aktif dan 2 (dua) siswa pendengar dengan masa studi 2 (dua) tahun termasuk masa praktek 2 (dua) bulan di setiap tahun. Dalam perkembangannya, masa praktek yang relatif pendek ini, dinilai belum bisa melihat dan menunjang pembentukan karakter (Character Building) dari para siswa yang akan segera diluluskan dan diterjunkan dalam ladang Tuhan, sehingga akhirnya diputuskan mulai Angkatan IV masa praktek ditambah I (satu) tahun penuh di gereja yang ditetapkan oleh pimpinan SABIS, sehingga masa pendidikannya resmi menjadi 3 (tiga) tahun. Dalam berbicara tentang Visi, Misi dan Tujuan didirikannya SABIS, para pendiri sempat membicarakan dan menggumuli secara khusus, kami sebagai pejabat-pejabat dan aktivis GBIS memikirkan bagaimana keterkaitan SABIS dengan Badan Persekutuan Gereja Bethel Injil Sepenuh, serta bagaimana SABIS dapat membantu program-program GBIS khususnya dalam penyediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan siap pakai.

VISI SABIS yang ditetapkan adalah:
“Menjadi Sekolah Alkitab yang mempersiapkan hamba-hamba Tuhan untuk memberitakan Injil dan siap membuka pos pelayanan baru dalam naungan Badan Persekutuan Gereja Bethel Injil Sepenuh”
MISI SABIS yang ditetapkan adalah:
Menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk sekolah Alkitab yang setara dengan diploma dua (D-2)
Menerima calon siswa dari berbagai denominasi / gereja.
Mengutamakan pendidikan karakter dan pembentukan kepribadian seorang hamba Tuhan yang bersedia melakukan Firman Tuhan serta menerima Pengakuan Iman GBIS

Agar pendidikan karakter dan pembentukan kepribadian dapat dicapai dengan baik, maka selama masa pendidikan para siswa aktif diwajibkan masuk dalam asrama yang disediakan SABIS. Lokasi Kampus ditetapkan di dalam kompleks GBIS Yerusalem Baru di jalan Wonorejo IV No.58 -62, Surabaya.
Susunan Pimpinan SABIS masa bakti 1989 – 1992 adalah sebagai berikut :
Kepala Sekolah : Pdt. Paulus Ruswiyadi
Wakil Kepala Sekolah I : Pdt.J. Jeffrey H., S.Th (alm)
Wakil Kepala Sekolah II : Pdt. Roosa Roesman, S.Th (alm)
Bendaharawan : Pdm. Rudianto Kusumo
Kepala T.U. : Pdm. Octavianus Ririhena (alm)
Staf Pengajar Tetap : Darto Zacheus, S.Th
: Untari Muryaningsih, S.Th
Selanjutnya Kepala Sekolah secara berturut-turut, dijabat oleh :
Pdt. Paulus Ruswiyadi (1989 – 1992)
Pdt.Drs. Doddy de Queljoe (1992 – 1995)
Pdt. David Soemantri, SH (1995 – sekarang)

Adapun staf pengajar aktif saat ini adalah:
Pdt. David Soemantri, SH (Kepala Sekolah) – Gembala Sidang GBIS Anugerah Lawang
Pdt. Henokh Utomo, S.Th (Wakil Kepala Sekolah) – GBIS Ebenhaezer Pacet
Pdm.H.Fernando Tampubolon, S.Th (Kepala Asrama) – Staf Gembala GBIS Kristus Terang Dunia Surabaya
Pdt. Stefanus Sarosa, S.Th – Gembala Sidang GBIS Hosana Pandaan
Pdt. Johannes Soemantri, S.Th – Gembala Sidang GBIS Pasuruan
Pdt. Apolos Yuda, Dip.Th – Wakil Gembala Sidang GBIS Anugerah Lawang
Pdt. Maruhum Silaban, S.Th., M.A – Gembala Sidang GBIS di Balikpapan dan Handil
Pdt. Rudianto Kusumo – Gembala Sidang GBIS Yerusalem Baru Surabaya
Pdt. Philips Sutisna, S.Th – Gembala Sidang GBIS Kristus Pembela Bandung
Pdt. Freddy J. Sutisna, SE., M.A – Gembala Sidang GBIS Kristus Pembela Semarang
Pdt. Zakheus Saryanto, S.Th – Gembala Sidang GBIS Sragen
Pdm. Stefy Langkay, S.Th – Staf Gembala GBIS Kristus Terang Dunia Surabaya
Pdt.Drs. Darmo Handoyo, Apt. – Gembala Sidang GBIS Kristus Terang Dunia Surabaya
Pdm. Otniel Rosa Setiawan, M.Psi – Staf Gembala GBIS Hosana Pandaan
Imanuel Waruwu, S.Th – Staf Gembala GBIS Kristus Terang Dunia Surabaya.
Satu hal yang perlu dicatat bahwa pada tahun 2008, karena pertumbuhan jumlah mahasiswa Fakultas Lintas Budaya yang cukup besar, maka kampus di kompleks GBIS Yerusalem Baru, tidak dapat menampung kedua lembaga pendidikan ini, oleh karena itu diputuskan bersama oleh Yayasan Anugerah Semata (Pengelola Fakultas Lintas Budaya) dan YABIS, mulai akhir bulan Desember 2008, kegiatan belajar-mengajar SABIS, tata usaha sekolah serta asrama siswanya secara resmi dipindahkan ke kompleks GBIS “Kristus Terang Dunia” jalan Embong Sawo 32 Surabaya, yang berlangsung sampai saat ini.
Jika melihat daftar nama pengurus YABIS pada awal berdirinya, maka kita dapatkan banyak di antara mereka yang telah dipanggil pulang ke rumah Bapa di Sorga, kami amat merasa kehilangan dengan kepergiaan mereka, namun ada juga yang sampai saat ini beliau-beliau yang tetap aktif memperhatikan YABIS, saat ini kepengurusan YABIS sebagai berikut:
Penasihat I : Ketua BP-GBIS – ex off (Pdt. Philips Sutisna, S.Th)
Penasihat II : Ketua MD GBIS Jatim-Bali – ex off (Pdt. Sakarija Kosasih)

Ketua : Pdt.Drs. Darmo Handoyo, Apt.
Wakil Ketua : E. Djabah Soekarno
Sekretaris : Pdt.Dr. Doddy de Queljoe, MS.
Wk. Sekretaris : Pdt. Rudianto Kusumo
Bendahara : Jakobus B. Koeswandi
Wk. Bendahara : Hartono
Pembantu Umum : Pdt. David Soemantri, SH
: Pdt. Johannes Soemantri, S.Th
: Pdt. Stefanus Sarosa, S.Th
: Pdt. Yoppy Subekti Theopilus, S.Th
Departemen:
Pendidikan Theologia : Pdt. Henokh Utomo, S.Th
Pendidikan Umum : Dra.Ny. Tirza Handoyo, Apt.
: Drg.Ny. Nota Koeswandi
Umum & Pemeliharaan : Pdm.Drs. Jotje Sembung
: Janto Sasmito

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...