PEMANFAATAN TEKNOLOGI
DALAM PENDIDIKAN
Makalah ini dilatarbelakangi oleh tinjauan pendidikan yang akan
datang (di masa depan), dengan faktor-faktor yang menentukan pendidikan
Indonesia nantinya, maka tindakan antisipatif dan adaptif yang tepat dan
berwawasan luas dianggap akan mampu mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan.
Sejalan dengan prinsip pendidikan yang dikemukakan Kasmadi (1992), hendaknya
diterapkan dalam perkembangan dunia yang semakin global dengan tantangan utama
(oleh Pannen : 1999) masalah nilai tambah dan kesejahteraan, hilangnya batas
negara dan dominasi ilmu pengetahuan dan teknologi pada negara-negara
berkembang. Dalam pada itu kesulitan-kesulitan yang dihadapi pendekatan
tradisional dan konvensional dalam pemecahan masalah pendidikan menghantarkan
pada perlunya pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Makalah ini dibatasi pada
pemanfaatan teknologi dalam pendidikan secara umum, yaitu cara pemanfatan
teknologi dalam pendidikan.
1.
Teknologi Dalam Pendidikan
Berdasarkan beberapa pendapat, pemakalah menyimpulkan Teknologi
merupakan penerapan (aplikasi) dari sains yang bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan manusia dan mempercepat pencapaian tujuan dari setiap kegiatan yang
akan dilakukan. Sedangkan pendidikan dapat diartikan secara sempit (formal)
maupun luas (formal maupun nonformal). Dalam hal ini pendidikan diartikan
secara alternatif sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat
dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan yang
berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan
peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup
secara tepat di masa yang akan datang.
Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap kemungkinan sarana
(alat) yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam pendidikan dan
latihan. Ellington (1989) menyatakan bahwa teknologi dalam pendidikan pada
dasarnya adalah apa yang oleh teknologi pendidikan dipopulerkan dengan nama
alat bantu pandang dengar (audiovisual aid). Selanjutnya dikembangkan dalam
pembelajaran untuk pencapaian tujuan pembelajaran tertentu. Teknologi dalam
pendidikan merupakan perpaduan Aspek Teoritis Dalam Pendidikan, Aspek
Perangkat Keras (komponen yang saling bergantung tetapi tidak berbeda
satu sama lainnya) dan Aspek Perangakat Lunak (berkenaan
dengan benda yang dipakai pada perangkat keras).
2.
Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan
Pengguanaan teknologi telah berjalan lama sesuai perkembangan dan
aspeknya. Eric Hasby membagi revolusi dalam pendidikan menjadi 4, yaitu: Pertama, saat
masyarakat mendiferensiasikan peranan orang dewasa, Kedua, digunakannya
tulisan sebagai sarana pendidikan, Ketiga, ditemukannya mesin
cetak dan Keempat, penggunaan teknologi canggih sebagai
perkembangan bidang elektronik. Dari apa yang dialami ternyata bahwa terdapat
hubungan timbal balik antara teknologi dan pendidikan, hal ini lebih terkhusus
lagi dengan teknologi komunikasi.
Kecenderungan
pendidikan yang dikaitkan dengan perkembangan teknologi komunikasi dikemukakan
Miarso dan Iskandar (1974) sebagai berikut :
a. Kecenderungan
pendidikan sepanjang jaga
b. Pendidikan
gerak cepat tetapi tepat
c. Pendidikan
yang mudah dicerna dan diresapi
d. Pendidikan
yang memikat hati
e. Penyebaran
pusat pendidikan
f. Pendidikan
mustari (tepat pada saat penyampaiannya)
g. Pendidikan
yang murah
Kegunaan
teknologi dalam pendidikan dinyatakan Komisi Instruksional AS,
sebagai berikut :
a. meningkatkan
produktivitas pendidikan
b. memungkinkan
pendidikan individual
c. memberikan
dasar yang lebih ilmiah terhadap pengajaran
d. lebih
memantapkan pengajaran
e. memungkinkan
belajar seketika
f. memungkinkan
penyajian pendidikan lebih luias dan merata
Agar
penggunaan teknologi dalam pendidikan tepat sasaran, maka pengelola pendidikan
harus mengetahui klasifikasi teknologi dalam pendidikan, di antaranya :
teknologi tingkat rendah, media audiovisual, format komputer, telekomunikasi
dan teknologi lunak.
3.
Implementasi Teknologi Dalam Pendidikan
Implementasi
teknologi dalam pendidikan dapat dilihat pada sektor berikut:
a. Pendidikan
Dasar dan Menengah, teknologi diharapkan mempengaruhi peningkatan motivasi,
menguatkan pengajaran, meningkatkan lingkungan psikologi di dalam kelas
b. Pendidikan
Tinggi, penggunanan teknologi dimaksudkan untuk merangsang dan memotivasi
mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat mengembangkan
penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis maupun terapan
c. Belajar
Jarak Jauh, menyediakan media perantara antara pelajar dan lembaga
pendidikannya
d. Pendidikan
Luar Biasa, berfungsi sebagai alat bantu bagi anak-anak yang menglami
kelainan
e. Pendidikan
dan Latihan, berpengaruh langsung terhadap persiapan tenaga kerja yang
semakin kompleks untuk menghasilkan tenaga terampil
f. Dalam
Pendidikan Matematika, hal ini berkaitan dengan program-program yang telah
disiapkan, alat peraga dan penyelesaian soal-soal
g. Dalam
Pendidikan Sains, beruapa aplikasi program komputer dan sistem
pemodelan
h. Dalam
Pendidikan Bahasa, berkaitan dengan penulisan, mendengarkan, telekomunikasi
dan lainnya.
Simpulan
Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk memperlancar kegiatan instruksional. Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan usaha peningkatan produktivitas pendidikan, memungkinkan pendidikan bersifat individual, cepat dan lainnya. Implementasi teknologi dalam pendidikan hendaknya selektif sesuai konteks sesuai karakteristik si belajar dan tingkat kognitifnya.
Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk memperlancar kegiatan instruksional. Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan usaha peningkatan produktivitas pendidikan, memungkinkan pendidikan bersifat individual, cepat dan lainnya. Implementasi teknologi dalam pendidikan hendaknya selektif sesuai konteks sesuai karakteristik si belajar dan tingkat kognitifnya.
No comments:
Post a Comment