Monday 5 November 2018

Mengenal islam lebih dalam islamologi islam

MENGENAL ISLAM LEBIH DALAM - ISLAMOLOGI

ISLAM

(Arab:al-islām, الإسلام mendengarkan ( tolong · info ) : "menyerah kepadaTuhan") adalahagamayang percaya padasatu Tuhan, yaituAllah. Dengan lebih dari seperempatmiliar pengikut di seluruh dunia, menjadikan Islam agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen. Islam memiliki makna "menyerah", atau menyerah sepenuhnya kepadaTuhan(Arab:الله, Allāh). Para pengikut Islam dikenal sebagaiMuslim yang berarti "seseorang yang tunduk pada Tuhan", atau lebih sepenuhnya adalah Muslim untuk pria dan wanita untuk wanita. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah .
Daftar isi
1 aspek linguistik
2 Kepercayaan
2.1 Lima Rukun Islam
2,2 Enam Pilar Iman
3 ajaran Islam
3.1 Tuhan
3.2 Qur'an
3.3 Nabi Muhammad
4 Sejarah
4.1 Waktu sebelum kedatangan Islam
4.2 Kehidupan awal
4.3 Khalifah Rasyidin
4.4 Waktu berikutnya dari kekhalifahan
5 Demografi
6 Tempat ibadah
7 Lihat juga
8 Catatan Kaki
9 Daftar pustaka
9.1 Buku dan jurnal
9.2 Encyclopedia
9.3 Bacaan lebih lanjut
10 tautan Eksternal
Aspek linguistik
Kata Islam merupakan penyataan kata nama yang berasal dari akar triliteral s-lm , dan didapat dari tatabahasa bahasa Arab Aslama , yaitu bermaksud "untuk menerima, menyerah atau tunduk." Dengan demikian, Islam berarti penerimaan dan penyerahan kepada Tuhan, dan para pengikutnya harus menunjukkan ini dengan menyembah-Nya, mematuhi perintah-perintah-Nya, dan menghindari politheisme . Kata ini memberi beberapa niat dari Al Qur'an . Dalam beberapa ayat, kualitas Islam sebagai kepercayaan ditegaskan: "Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam ..." Ayat lain menghubungkan Islām dan dīn (biasanya diterjemahkan sebagai "agama"): "... Hari ini aku telah menyempurnakan untukmu agamamu, dan telah menyempurnakan bagimu kebaikanku, dan telah menjadikannya sebuah agama bagimu." Namun ada orang lain yang menggambarkan Islam sebagai tindakan kembali kepada Tuhan - lebih dari sekedar konfirmasi iman.

Secara etimologis kata Islam diturunkan dari akar kata yang sama dengan kata salam yang berarti "damai". Kata 'Muslim' (pernyataan untuk pengikut Islam) juga terkait dengan kata Islām , kata itu berarti "orang yang tunduk kepada Allah" dalam bahasa Indonesia .
Kepercayaan
Kepercayaan dasar Islam dapat ditemukan pada dua kalimah shahādatāin ( "dua kalimat persaksian"), yaitu " Laa ilaha illallah, Muhammadar Rasulullah " - yang berarti "Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah". Ketika seseorang percaya dan kemudian mengucapkan dua kalimat kesaksian ini, itu dapat dianggap sebagai seorang Muslim atau seorang yang insaf (seorang yang baru masuk Islam dari kepercayaannya yang lama).
Muslim percaya bahwa Tuhan mengungkapkan Al-Qur'an kepada Muhammad sebagai Nabiyyin Khataman (Para Nabi Penutup) dan dengan asumsi bahwa Al Qur'an dan Sunnah (setiap kata dan tindakan Muhammad) sebagai sumber fundamental Islam. Mereka tidak menganggap Muhammad sebagai pendiri agama baru, tetapi sebagai pembaharu iman monoteistik Ibrahim , Musa , Isa dan nabi - nabi lainnya (untuk lebih lanjut, silakan baca artikel para nabi dan rasul dalam Islam ). Tradisi Islam menegaskan bahwa Yudaisme dan Kekristenan telah memutarbalikkan wahyu yang diberikan Tuhan kepada para nabi ini dengan mengubah teks atau memperkenalkan interpretasi palsu, atau keduanya.
Muslim juga percaya pada Alquransebagai kitab suci dan panduan hidup mereka yang disampaikan oleh Allah kepada Muhammad . melalui perantara Malaikat Jibril yang sempurna dan tidak ada keraguan di dalamnya ( Al-Baqarah [2]: 2 ). Allah juga berjanji untuk menjaga Al Qur'an hingga akhir hari dalam satu ayat.
Adapun sebagaimana dinyatakan dalam al-Qur'an , umat Islam juga diwajibkan untuk mengimani kitab suci dan firman-Nya yang diturunkan sebelum al-Qur'an ( Zabur , Taurat , Injil dan suhuf-suhuf lain dari para nabi lainnya) melalui para nabi dan rasul sebelumnya adalah benar. Kaum Muslim juga percaya bahwa selain Al Qur'an, semua kata-kata Tuhan sebelumnya telah mengalami perubahan manusia. Mengacu pada kalimat di atas, maka umat Islam meyakini bahwa al-Qur'an adalah satu-satunya kitab Allah yang benar-benar asli dan sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya.
Umat Islam juga meyakini bahwa agama yang dianut oleh seluruh nabi dan rasul utusan Allah sejak masa Adam adalah agama tauhid , dengan demikian tentu saja Ibrahim juga menganut ketauhidan secara hanif (murni imannya) maka menjadikannya seorang muslim . Pandangan ini menempatkan Islam bersama dengan Yudaisme dan Kristendalam klan agama yang percaya pada Abraham sebagai. Dalam Al-Qur'an, orang-orang Yahudi dan Kristen sering disebut Ahli Kitab atau Kitab Ahlul .
Hampir semua Muslim termasuk salah satu dari dua sekolah terbesar, Sunni (85%) dan Syiah (15%). Perpecahan terjadi setelah abad ke-7 setelah perselisihan tentang kepemimpinan politik dan agama dari komunitas Islam pada waktu itu. Islam adalah agama yang dominan di seluruh Timur Tengah , serta di sebagian besar Afrika dan Asia . Komunitas besar juga ditemui di Cina , Semenanjung Balkan di Eropa Timur danRusia . Ada juga sebagian besar komunitas imigran Muslim di bagian lain dunia, seperti Eropa Barat . Sekitar 20% Muslim tinggal di negara-negara Arab , 30% di subbenua India dan 15,6% di Indonesia , populasi berbasis Muslim terbesar.
 Lima Rukun Islam
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pilar-pilar Islam
Islam menyediakan banyak praktik keagamaan. Orang-orang percaya umumnya didorong untuk memegang Lima Pilar Islam , yang merupakan lima pilar yang menyatukan umat Islam sebagai sebuah komunitas. Selain ke Lima Pilar, hukum Islam ( syariah ) telah membangun tradisi perintah yang telah menyentuh hampir semua aspek kehidupan dan masyarakat. Tradisi ini mencakup semuanya mulai dari hal-hal praktis seperti halal, perbankan , jihad , dan zakat .
Isi dari lima Rukun Islam adalah:
Mengucap dua kalimah syahadat dan meyakini bahwa tidak ada yang berhak ditaati dan disembah dengan benar kecuali Allah saja dan meyakini bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul Allah.
Tetapkan doa wajib lima kali sehari.
Puasa selama Ramadan .
Membayar zakat .
Lakukan ziarah bagi mereka yang mampu.
Enam Pilar Iman
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pilar Iman
Muslim juga percaya pada Pilar Iman yang terdiri dari 6 hal:
Iman kepada Tuhan
Iman kepada para malaikat Allah
Iman dalam Kitab Allāh ( Al-Qur'an , Injil , Taurat , Zabur dan Suhuh)
Iman kepada Nabi dan Rasul Allah
Iman sampai Hari Penghakiman
Iman kepada qada dan qadar

Ajaran islam
Hampir semua Muslim termasuk salah satu dari dua sekolah terbesar, Sunni (85%) dan Syiah (15%). Perpecahan terjadi setelah abad ke-7 setelah perselisihan tentang kepemimpinan politik dan agama dari komunitas Islam pada waktu itu. Islam adalah agama yang dominan di seluruh Timur Tengah , serta di sebagian besar Afrika dan Asia . Komunitas besar juga ditemukan di Cina , Semenanjung Balkan di Eropa Timur dan Rusia . Ada juga sebagian besar komunitas imigran Muslim di bagian lain dunia, seperti Eropa Barat . Sekitar 20% Muslim tinggal di negara-negara Arab, 30% di subbenua India dan 15,6% di Indonesia , adalah negara Muslim terbesar berdasarkan populasinya.
Negara-negara dengan mayoritas Muslim Sunni adalah Indonesia , Arab Saudi , dan Pakistan sementara negara-negara dengan mayoritas Islam Syiah adalah Iran dan Irak . Doktrin antara Sunni dan Syiah berbeda dalam imamah (kepemimpinan) dan peletakan Ahlul Bait (keluarga dari keturunan Muhammad). Tetapi secara umum, baik Sunni dan Syiah percaya pada pilar-pilar Islam dan pilar-pilar iman bahkan dengan terminologi yang berbeda.
Allah SWT
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Allah dan Tauhid
Konsep teologis fundamental dari Islam adalah tauhid- keyakinan bahwa hanya ada satu Tuhan. Istilah Arab untuk Tuhan adalah Allah ; kebanyakan ilmuwan [ referensi? ] Percaya kata Allah didapat dari penyingkatan dari kata al- (si) dan 'ilāh '(dewa, bentuk maskulin), berarti "Tuhan" ( al-ilah '), tetapi yang lain menjejakkan asal usulnya dari Arami alaha . Firman Allah juga merupakan kata yang digunakan oleh orang Kristen (Kristen) dan orang Yahudi Arab sebagai terjemahan dari ho theos dari Perjanjian Baru dan Septuaginta . Yang pertama dari Rukun Islam,tauhid dituangkan dalam syahadat (pengakuan), yaitu bersaksi:
" لا إله إلا الله محمد رسول الله
Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah "
Konsep tauhid ini jelas dan sederhana dijelaskan dalam Surah Al-Ikhlas yang terjemahannya adalah:
Katakan: Dia adalah Allah, Yang,
Tuhan adalah Tuhan yang bergantung pada-Nya segala sesuatu,
Dia tidak memiliki anak, juga tidak memiliki anak,
dan tidak ada yang setara dengannya. "
Nama "Allah" tidak memiliki bentuk jamak dan tidak terkait dengan jenis kelamin tertentu. Dalam Islam sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur'an dikatakan:
"Dia adalah Pencipta langit dan bumi, Dia telah membuat bagi Anda pasangan Anda sendiri dan pasang ternak, Dia membuat Anda berkembang biak dengan itu." Tidak ada yang seperti Dia , dan Dia adalah Maha Mendengar dan Melihat. " ( Asy-Syu'ara ' [42]: 11 )
Allah adalah Nama Tuhan (ilah) dan satu-satunya Tuhan sebagai pengantar manusia melalui Al Qur'an:
"Sesungguhnya Aku adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, karena itu sembahlah Aku dan beribadah untuk mengingat Aku". ( Ta Ha [20]: 14 )
Penggunaan kata Tuhan secara linguistik menunjukkan kesatuan. Orang Muslim percaya bahwa Tuhan yang mereka sembah sama dengan Tuhan orang Yahudi dan orang Kristen, dalam hal ini Tuhan Abraham. Namun, Islam menolak ajaran Kristen menyangkut paham Trinitas dimana hal ini dianggap Politeisme .
Mengutip Alquran, An-Nisa ' [4]: 71 :
"Hai Ahli Kitab , jangan melampaui batas-batas agama, dan jangan mengatakan apapun terhadap Allah kecuali kebenaran: Mesias, Yesus putra Maryam, adalah utusan Allah, dan apa yang dia sampaikan kepada Maria dan ) Rasul Allah: Dan jangan percaya kepada Allah dan para rasul-Nya, dan katakan tidak: "Tuhan adalah tiga", hentikan itu dari itu, lebih baik bagi Anda: dari memiliki anak laki-laki, kepada-Nya milik semua yang ada di langit dan di bumi: Cukuplah Allah sebagai Pelindung.
Dalam Islam, visualisasi atau penggambaran Tuhan tidak bisa dibenarkan, itu terlarang karena bisa mengarah pada penyembahan berhala dan merupakan penghinaan, karena Tuhan tidak sama dengan apapun ( Asy-Syu'ara ' [42]: 11 ). Sebaliknya, Islam menggambarkan Tuhan dalam 99 nama / gelar / nama panggilan Tuhan ( asma'ul husna ) yang menggambarkan sifat ilahi-Nya sebagaimana ditemukan dalam Al Qur'an .
Al-Qur'an
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Al Qur'an


Al-Fatihah adalah bab pertama dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an adalah kitab suci Islam yang Tuhan nyatakan kepada Muhammad melalui malaikat Jibril . Secara harfiah Al Qur'an berarti membaca. Tetapi meskipun terdengar seperti mengacu pada buku / buku, orang-orang Muslim menyebut Al-Qur'an itu sendiri lebih dari kata-kata atau kalimat di dalamnya, bukan dalam bentuk fisiknya sebagai hasil cetakan.
Muslim percaya bahwa Al-Qur'an disampaikan kepada Muhammad melalui malaikat Gabriel. Kemerosotannya sendiri terjadi secara bertahap antara 610 dan kematiannya 632 AD. Meskipun Alquran lebih banyak ditransmisikan melalui hafalan, tetapi di samping itu ada banyak pengikut Muslim pada periode itu yang menulisnya pada tulang, batu dan dedaunan.
Muslim percaya bahwa Qur'an saat ini persis sama dengan yang diberikan kepada Muhammad, kemudian disampaikan lagi kepada para pengikutnya, yang kemudian menghafal dan menulis isi Alquran. Umumnya para ulama sepakat bahwa versi Al Qur'an saat ini pertama kali dikompilasi selama Khilafah Utsman bin Affan (Khalifah ke-3 Islam) mulai dari 650 hingga 656 M. Utsman bin Affan kemudian mengirimkan duplikat versi kompilasi ini ke semua arah kekuasaan Islam pada waktu itu dan memerintahkan agar semua versi selain dihancurkan untuk keseragaman.
Al Qur'an memiliki 114 surat, dan total 6,336 ayat (ada perbedaan tergantung pada bagaimana menghitung). Hampir semua Muslim menghafal setidaknya beberapa bagian dari keseluruhan Al-Qur'an, mereka yang menghafal keseluruhan Al-Qur'an dikenal sebagai hafiz (jamak: huffaz). Prestasi ini bukanlah sesuatu yang langka, diyakini bahwa saat ini ada jutaan alien Alquran di seluruh dunia. Di Indonesia ada kontes Musabaqah Tilawatil Qur'an yang dibaca al-Quran dengan tartil atau baik dan benar. Pembaca disebut Qari (pria) atau Qariah (wanita).
Muslim juga percaya bahwa Al-Qur'an hanya Arab . Terjemahan Qur'an ke berbagai bahasa bukanlah Al-Qur'an itu sendiri. Oleh karena itu terjemahan hanya memiliki posisi sebagai komentar atas Alquran atau hasil pencarian makna Al Qur'an, tetapi bukan Alquran itu sendiri.
Nabi Muhammad
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Muhammad dan hadits
Muhammad ( 570 - 632 ) adalah nabi terakhir dalam ajaran Islam yang mengakui kenabiannya sebagai salah satu syarat untuk disebut sebagai seorang Muslim (lihat keyakinan ). Dalam Islam Muhammad tidak diposisikan sebagai pembawa ajaran baru, tetapi lebih merupakan penutup dari serangkaian nabi sebelumnya.
Meskipun statusnya yang tinggi sebagai seorang Nabi, Muhammad di mata Islam adalah manusia biasa. Namun setiap kata dan perilaku dalam hidupnya diyakini sebagai bentuk ideal seorang Muslim. Karena itu dalam Islam dikenal istilah hadits yaitu kumpulan kata (sabda), perbuatan, tekad dan persetujuan Muhammad. Hadis adalah teks utama kedua (sumber hukum) Islam setelah Al Qur'an .
Sejarah
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Islam
Waktu sebelum kedatangan Islam
Semenanjung Arab sebelum munculnya Islam adalah kawasan trade-off di Jalur Sutra yang membuat satu antara Eropa dan Asia di timur. Sebagian besar orang Arab adalah penyembah berhala dan beberapa pengikut agama Kristen dan Yahudi . Mekah adalah tempat suci bagi orang Arab saat itu, karena ada berhala religius mereka, sumur Zamzam , dan yang paling penting adalah Ka'bah . Komunitas ini juga disebut ketidaktahuanatau dengan kata lain bodoh. Bodoh di sini bukan dalam kecerdasannya tetapi dalam pemikiran moral. Warga Quraisy terkenal dengan masyarakat yang suka berpuisi. Mereka menjadikan puisi sebagai salah satu hiburan sambil berkumpul di tempat-tempat keramaian.
Waktu awal


Negara-negara dengan populasi Muslim mencapai 10% (sunni dengan dominan merah dengan dominan syi'ah) (Sumber - CIA World Factbook , 2004).
Islam dimulai pada 611 ketika wahyu pertama terungkap kepada Nabi terakhir Muhammad bin Abdullah di Gua Hira ', Arab Saudi .
Muhammad lahir di Mekkah pada tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah (571 AD). Ia dilahirkan di tengah suku Quraisy pada zaman ketidaktahuan , dalam kehidupan turunnya gurun pasir dan penyembahan berhala . Muhammad lahir di panti asuhan, karena ayahnya Abdullah meninggal ketika dia masih di dalam rahim. Saat dia berumur 6 tahun, ibunya Aminahmati. Rumah ibunya, Muhammad dibesarkan oleh kakeknya Abdul Muttalib dan dilanjutkan oleh pamannya Abu Thalib . Muhammad kemudian menikahi seorang janda bernama Siti Khadijah dan menjalani kehidupan yang sederhana.
Ketika Muhammad berusia 40 tahun, dia mulai mendapatkan wahyu yang disampaikan oleh Malaikat Jibril , dan setelah itu untuk beberapa waktu mulai mengajarkan ajaran-ajaran Islam secara pribadi kepada teman-temannya. Setelah tiga tahun menyebarkan Islam secara diam-diam, akhirnya ajaran Islam kemudian juga disajikan secara terbuka kepada semua penduduk Mekah, sebagian menerima dan yang lain menentangnya.
Pada 622 M, Muhammad dan para pengikutnya pindah ke Madinah . Peristiwa ini disebut Hijrah , dan karena itu adalah dasar dari awal perhitungan kalender Islam . Di Madinah, Muhammad dapat menyatukan kaum anshar (kaum Muslim Madinah) dan Muhajirin (Muslim Mekah), sehingga umat Islam lebih kuat. Dalam setiap perang melawan orang-orang kafir, kaum Muslim selalu menang. Pada fase awal ini, perang tak terhindarkan antara Mekah dan Madinah.
Keuntungan dari diplomasi Nabi Muhammad SAW pada saat perjanjian Hudaibiyah, menyebabkan umat Islam memasuki fase yang sangat menentukan. Banyak pendukung Mekah sebelumnya yang kemudian berbalik untuk memeluk Islam, sehingga ketika penaklukan kota Mekah oleh umat Islam tidak terjadi pertumpahan darah. Ketika Muhammad mati, hampir semua Jazirah Arab telah masuk Islam.
Khalifah Rasyidin
Khalifah Rasyidin atau Khulafaur Rasyidin memilki arti pemimpin yang baik diawali dengan kepemimpinan Abu Bakar , dan dilanjutkan oleh kepemimpinan Umar bin Khattab , Utsman bin Affan dan Ali bin Abu Thalib . Saat ini umat Islam mencapai stabilitas politik dan ekonomi. Abu Bakar memperkuat dasar-dasar negara Muslim dan membatalkan pemberontakan beberapa suku Arab yang terjadi setelah kematian Muhammad. Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abu Talib berhasil memimpin pasukan dan Muslim pada umumnya untuk membela Islam, terutama untuk Syam , Mesir , dan Irak. Dengan penaklukan negara-negara ini, banyak rampasan perang dan wilayah kekuasaan yang dapat dicapai umat Islam.
Waktu berikutnya dari kekhalifahan
Setelah periode Khalifah Rasyidin, kepemimpinan umat Islam berganti dari tangan ke tangan dengan pemimpinnya yang juga disebut "khalifah", atau kadang-kadang "amirul mukminin", "sultan", dan sebagainya. Pada periode ini khalifah tidak lagi ditentukan berdasarkan yang terbaik dari orang-orang di kalangan umat Islam, tetapi dari generasi ke generasi dalam sebuah dinasti (Arab: bani ) begitu banyak yang menyamakannya dengan kerajaan ; misalnya kekhalifahan Umayyah , Abbasiyyah , kepada Umat ​​Utsmani .
Kekuatan besar kekhalifahan Islam telah menjadikannya salah satu kekuatan politik terkuat dan terbesar di dunia pada waktu itu. Munculnya tempat-tempat studi ilmu-ilmu agama, filsafat, sains, dan tata bahasa Arab di berbagai bidang dunia Islam telah mewujudkan kelanjutan dari budaya Islam yang besar. Banyak sarjana telah muncul dari berbagai negara Islam, terutama pada masa keemasan Islam sekitar abad ke-7 hingga abad ke-13.
Luasnya penyebaran agama Islam dan kehancuran kekuatan kekhalifahan yang telah dimulai sejak abad ke-18 menyebabkan munculnya sejumlah otoritas kekuasaan yang terpisah dalam bentuk "kesultanan"; misalnya Kesultanan Safawi , Kesultanan Seljuk Turki, Kekaisaran Mughal , Kekaisaran Samudera Pasifik dan Kesultanan Malaka , yang telah menjadi kekaisaran kekaisaran terkuat dan terkuat di dunia. Meskipun memiliki kekuatan terpisah, kesultanan masih secara nominal masih menghormati dan menganggap diri mereka bagian dari kekhalifahan Islam.
Pada abad ke-18 dan 19 M, banyak wilayah Islam jatuh ke tangan penjajah Eropa . Kesultanan Utsmaniyyah (Kerajaan Ottoman) yang secara nominal dianggap sebagai kekhalifahan Islam terakhir, akhirnya tumbang setelah Perang Dunia I . Kerajaan ottoman pada waktu itu dipimpin oleh Sultan Muhammad V. Karena dianggap kurang ketat oleh para pemudaTurki yang dipimpin oleh mustafa kemal pasha atau kemal attaturk, sistem pemerintahan dirubah dan diganti menjadi republik.
Demografi


Masjid Quba di Madinah , Arab Saudi .
Saat ini diperkirakan ada antara 1.250 juta hingga 1,4 miliar Muslim yang tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut sekitar 18% hidup di negara-negara Arab , 20% di Afrika , 20% di Asia Tenggara , 30% di Asia Selatan yakni Pakistan , India dan Bangladesh . Populasi Muslim terbesar di satu negara dapat ditemukan di Indonesia . Populasi Muslim juga dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan di Republik Rakyat Cina , Amerika Serikat , Eropa , Asia Tengah , dan Rusia .
Pertumbuhan Muslim sendiri diyakini 2,9% per tahun, sedangkan pertumbuhan penduduk dunia hanya 2,3%. Besaran ini menjadikan Islam sebuah agama dengan pertumbuhan pengikut cepat di dunia. [1] . Beberapa pendapat menghubungkan pertumbuhan ini dengan tingginya angka kelahiran di banyak negara Islam (enam dari sepuluh negara di dunia dengan angka kelahiran tertinggi di dunia adalah negara dengan mayoritas Muslim [2] . Namun belum lama ini, sebuah studi demografi telah menyatakan bahwa angka kelahiran negara Muslim sampai ke tingkat Barat. [3]
Tempat ibadah
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Masjid
Rumah ibadat umat Muslim disebut masjid atau mesjid. Ibadah yang biasa di masjid, seperti salat berjama'ah , upacara keagamaan, perayaan hari itu, diskusi keagamaan, mempelajari Alquran (membaca Al Qur'an ) dan lain sebagainya.
Lihat juga
Agama & Makan Malam
Ar-Rabb , Al-Malik , Ilah
Asma'ul Husna
Pemurnian dari kematian
Sarjana Muslim
Daftar topik-topik Islam
Hari Asyura
Hidayatullah
Isra 'Mi'raj
Jihad
Murtad
Nabi Islam
Perbankan Syariah
Puasa (Islam)
Rasulullah
Seni Islami
Shiratal Mustaqim
Sunni & Syiah
Sarjana
Waktu puasa puasa
Salafus Shalih
Sejarah Islam di Indonesia
Topik Islam
Penyebabnya Haji | Puasa | Syahadat | Salat | Zakat | Tauhid
Tokoh Islam Muhammad | Para Nabi | Ahlul Bait | Teman
Teks dan aturan Al-Qur'an | Fiqih | Hadist | Kalam | Sirah | Syari'ah
Mengalir Sunni : Hanafi , Hambali , Maliki , Syafi'i | Syiah : Dua Belas Imam , Ismailiyah , Zaidiyah | Lainnya: Ibadi , Khawarij , Murji'ah , Mu'taziliyah
Gerakan Islam Hizbut Tahrir | Ikhwanul Muslimin | Sufisme | Wahhabi | Salafiyah
Negara Islam di Afrika : Aljazair , Chad , Djibouti , Guinea , Libya , Mali , Mauritania , Maroko , Mesir , Nigeria , Sahara , Somalia , Senegal , Sudan , Tunisia | di Asia : Afghanistan , Arab Saudi , Azerbaijan , Bahrain , Bangladesh , Brunei , Indonesia ,Irak , Iran , Kirgizstan , Kuwait , Malaysia , Maladewa , Lebanon , Oman , Pakistan , Suriah , Tajikistan , Turkmenistan , Uzbekistan , Uni Emirat Arab | di Eropa : Albania , Bosnia-Herzegovina , Kosovo , Turki
Lainnya Indeks artikel tentang Islam
Catatan kaki
^ Islam Basics: About Islam and American Muslim , Council on American-Islamic Relations (CAIR), Copyright © 2007.
^ Agama & Etika: Sekilas tentang Islam , BBC - beranda, © MMVII.
^ "Agama-Agama Utama Dunia-Peringkat oleh Jumlah Penganut" (HTML) . http://www.adherents.com/Religions_By_Adherents.html#Islam . Diakses 3 Juli 2007 .
^ USC-MSA Compendium of Muslim Texts
^ L. Gardet; J. Jomier "Islam". Ensiklopedia Islam Online . Diperoleh 2007-05-02 .
^ "Leksikon Lane" . http://www.studyquran.org/LaneLexicon/Volume4/00000137.pdf . Diakses 3 Juli 2007 .
^ Qur'an  6: 125 , Al-Qur'an  61: 7 , Al-Qur'an  39:22
^ Qur'an  5: 3 , Al Qur'an  3:19 , Al Qur'an  3:83
^ Lihat:
Qur'an  9:74 , Al-Qur'an  49:14
L. Gardet; J. Jomier "Islam". Ensiklopedia Islam Online . Diperoleh 2007-05-02 .
^ Lihat:
Esposito (1996), hal.41
Ghamidi (2001): Sumber-sumber Islam
^ Lihat:
Accad (2003): Menurut Ibn Taymiya, although only some Muslims accept the textual veracity dari seluruh Alkitab, most Muslims will grant the veracity of most of it.
Esposito (1998), hal.6,12
Esposito (2002b), pp.4-5
FE Peters (2003), hal.9
F. Buhl; DI Welch "Muhammad". Ensiklopedia Islam Online . Diperoleh 2007-05-02 .
Hava Lazarus-Yafeh "Tahrif". Ensiklopedia Islam Online . Diperoleh 2007-05-02 .
^ Lihat:
Qur'an  2: 4
^ Lihat:
Qur'an  2: 130
^ Surah Yunus 10:72 "... dan saya diperintahkan bahwa saya harus menjadi orang yang menyerah (Muslim)."
^ Lihat:
Esposito (2002b), hal.21
Esposito (2004), pp.2,43
^ Lihat Demografi Islam
^ Esposito (2002b), hal.17
^ Lihat:
Esposito (2002b), pp.111,112,118
"Syari'ah". Encyclopaedia Britannica Online . Diperoleh 2007-05-02 .
^ Lihat:
Esposito (2002b), hal.21
Esposito (2004), pp.2,43
^ Lihat [[Islamic Demographics |]]
^ Lihat:
"Islam dan Kristen", Encyclopedia of Christianity (2001): Orang Kristen berbahasa Arab dan Yahudi juga menyebut Tuhan sebagai Allāh .
L. Gardet "Allah". Ensiklopedia Islam Online . Diperoleh 2007-05-02 .
^ Al-Qaththan, Syekh Manna 'Khalil. Mahabits fi 'Ulum Al-Qur'an (Pengantar Studi Ilmu Al-Qur'an) , Pustaka Al-Kautsar, 2006, Jakarta.
^ Nasr, Seyyed Hossein (2007). "Qur'an". Ensiklopedia Britannica Online . Diperoleh 2007-11-4 .
Daftar pustaka
Buku dan jurnal:
Accad, Martin (2003). "Injil-Injil dalam Wacana Muslim dari Kesembilan hingga Empat Belas: Sebuah Tabel Inventarisasi Eksegetis (Bagian I)". Hubungan Islam dan Kristen-Muslim 14 (1). ISSN 0959-6410.
Adil, Hajjah Amina; Syekh Nazim Adil Al-Haqqani, Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (2002). Muhammad: Utusan Islam . Dewan Tertinggi Islam Amerika. ISBN 978-1-930409-11-8 .
Ahmed, Akbar (1999). Islam Today: Pengantar Singkat Dunia Muslim (edisi ke-2). IB Tauris. ISBN 978-1-86064-257-9 .
Brockopp, Jonathan E. (2003). Etika Hidup Islami: aborsi, perang dan euthanasia . University of South Carolina menekan. ISBN 1-57003-471-0 .
Cohen-Mor, Dalya (2001). Masalah Nasib: Konsep Takdir di Dunia Arab sebagaimana Tercermin dalam Sastra Arab Modern . Oxford University Press. ISBN 0-19-513398-6 .
Curtis, Patricia A. (2005). Panduan tentang Hukum dan Peraturan Pangan . Blackwell Publishing Professional. ISBN 978-0-8138-1946-4 .
Eglash, Ron (1999). Fraktal Afrika: Komputasi Modern dan Desain Adat . Universitas Rutgers Press. ISBN 0-8135-2614-0 .
Ernst, Carl (2004). Mengikuti Muhammad: Memikirkan kembali Islam di Dunia Kontemporer . Universitas North Carolina Press. ISBN 0-8078-5577-4 .
Esposito, John ; John Obert Voll (1996). Islam dan Demokrasi . Oxford University Press. ISBN 0-19-510816-7 .
Esposito, John (1998). Islam: The Straight Path (edisi ke-3). Oxford University Press. ISBN 978-0-19-511234-4 .
Esposito, John ; Yvonne Yazbeck Haddad (2000a). Muslim di Jalur Amerikanisasi? . Oxford University Press. ISBN 0-19-513526-1 .
Esposito, John (2000b). Oxford History of Islam . Oxford University Press. 978-0195107999.
Esposito, John (2002a). Unholy War: Teror dalam Nama Islam . Oxford University Press. ISBN 978-0-19-516886-0 .
Esposito, John (2002b). Apa yang Semua Orang Harus Tahu tentang Islam . Oxford University Press. ISBN 0-19-515713-3 .
Esposito, John (2003). Kamus Islam Oxford . Oxford University Press . ISBN 0-19-512558-4 .
Esposito, John (2004). Islam: Jalan Lurus (Edisi Rev 3). Oxford University Press. ISBN 978-0-19-518266-8 .
Farah, Caesar (1994). Islam: Kepercayaan dan Peringatan (edisi ke-5). Seri Pendidikan Barron. ISBN 978-0-8120-1853-0 .
Farah, Caesar (2003). Islam: Kepercayaan dan Peringatan (edisi ke-7). Seri Pendidikan Barron. ISBN 978-0-7641-2226-2 .
Firestone, Rueven (1999). Jihad: Asal-usul Perang Suci dalam Islam . Oxford University Press. ISBN 0-19-512580-0 .
Friedmann, Yohanan (2003). Toleransi dan Paksaan dalam Islam: Hubungan Antar Agama dalam Tradisi Muslim . Cambridge University Press. ISBN 978-0-521-02699-4 .
Ghamidi, Javed (2001). Mizan . Dar al-Ishraq . OCLC 52901690 .
Goldschmidt, Jr., Arthur; Lawrence Davidson (2005). A Concise History of the Middle East (edisi ke-8). Westview Press. ISBN 978-0-8133-4275-7 .
Griffith, Ruth Marie; Barbara Dianne Savage (2006). Perempuan dan Agama di Afrika Diaspora: Pengetahuan, Kekuatan, dan Kinerja . Johns Hopkins University Press. ISBN 0-8018-8370-9 .
Hawting, GR (2000). Dinasti Pertama Islam: Kekhalifahan Umayyah AD 661-750 . Routledge. ISBN 0-415-24073-5 .
Hedayetullah, Muhammad (2006). Dinamika Islam: Sebuah Eksposisi . Penerbitan Trafford. ISBN 978-1-55369-842-5 .
Holt, PM; Bernard Lewis (1977a). Cambridge History of Islam, Vol. 1 . Cambridge University Press. ISBN 0-521-29136-4 .
Holt, PM; Ann KS Lambton, Bernard Lewis (1977b). Cambridge History of Islam, Vol. 2 . Cambridge University Press. ISBN 0-521-29137-2 .
Hourani, Albert ; Ruthven, Malise (2003). A History of the Arab Peoples . Belknap Press; Edisi yang direvisi. ISBN 978-0-674-01017-8 .
Humphreys, Stephen (2005). Antara Ingatan dan Keinginan . Universitas California Press. ISBN 0-520-24691-8 .
Kobeisy, Ahmed Nezar (2004). Konseling Muslim Amerika: Memahami Iman dan Membantu Rakyat . Praeger Publishers. ISBN 978-0-313-32472-7 .
Koprulu, Mehmed Fuad; Leiser, Gary (1992). Asal Usul Kekaisaran Ottoman . SUNY Press. ISBN 0-7914-0819-1 .
Kramer, Martin (1987). Shi'Ism, Resistance, dan Revolusi . Westview Press. ISBN 978-0-8133-0453-3 .
Kugle, Scott Alan (2006). Pemberontak Antara Roh Dan Hukum: Ahmad Zarruq, Kesucian, Dan Otoritas dalam Islam . Indiana University Press. ISBN 0-253-34711-4 .
Lapidus, Ira (2002). A History of Islamic Societies (edisi ke-2). Cambridge University Press. ISBN 978-0-521-77933-3 .
Lewis, Bernard (1984). Orang Yahudi Islam . Routledge & Kegan Paul. ISBN 0-7102-0462-0 .
Lewis, Bernard (1993). Orang Arab dalam Sejarah . Oxford University Press. ISBN 0-19-285258-2 .
Lewis, Bernard (1997). Timur Tengah . Scribner. ISBN 978-0-684-83280-7 .
Lewis, Bernard (2001). Islam dalam Sejarah: Ide, Orang, dan Acara di Timur Tengah (edisi ke-2). Pengadilan Terbuka. ISBN 978-0-8126-9518-2 .
Lewis, Bernard (2003). Apa yang Salah ?: Bentrokan Antara Islam dan Modernitas di Timur Tengah (edisi Reprint). Harper Perennial. ISBN 978-0-06-051605-5 .
Lewis, Bernard (2004). Krisis Islam: Perang Suci dan Teror yang Tidak Suci . Random House, Inc., New York. ISBN 978-0-8129-6785-2 .
Madelung, Wilferd (1996). Suksesi Muhammad: Sebuah Studi tentang Khilafah Awal . Cambridge University Press. ISBN 0-521-64696-0 .
Malik, Jamal; John R Hinnells, Inc. NetLibrary (2006). Sufisme di Barat . Routledge. ISBN 0-415-27408-7 .
Menski, Werner F. (2006). Hukum Komparatif dalam Konteks Global: Sistem Hukum Asia dan Afrika . Cambridge University Press. ISBN 0-521-85859-3 .
Mohammad, Noor (1985). "Doktrin Jihad: Suatu Pengantar". Jurnal Hukum dan Agama 3 (2).
Momen, Moojan (1987). Pengantar Islam Shi'i: Sejarah dan Doktrin Syiah Dua Belas . Universitas Yale Press. ISBN 978-0-300-03531-5 .
Nasr, Seyed Muhammad (1994). Our Religions: The Seven World Religions introduced by Preeminent Scholars from Each Tradition (Chapter 7) . HarperCollins. ISBN 0-06-067700-7 .
Novak, David (Februari 1999). "The Mind of Maimonides". Hal-Hal Pertama .
Parrinder, Geoffrey (1971). Agama-Agama Dunia: Dari Sejarah Kuno hingga Saat Ini . Hamlyn Publishing Group Limited. ISBN 0-87196-129-6 .
Patton, Walter M. (April 1900). "Doktrin Kebebasan di Korat". The American Journal of Semitic Languages ​​and Literatures (Brill Academic Publishers) 16 (3). ISBN 90-04-10314-7 .
Peters, FE (1991). "The Quest for Historical Muhammad". Jurnal Internasional Studi Timur Tengah .
Peters, FE (2003). Islam: Panduan untuk orang Yahudi dan Kristen . Princeton University Press. ISBN 0-691-11553-2 .
Peters, Rudolph (1977). Jihad di Abad Pertengahan dan Islam Modern . Penerbit Akademis Brill. ISBN 90-04-04854-5 .
Ruthven, Malise (2005). Fundamentalisme: Pencarian Makna . Oxford University Press. ISBN 0-19-280606-8 .
Sahas, Daniel J. (1997). John of Damascus on Islam: Bidah dari Ismaelites . Penerbit Akademis Brill. ISBN 978-90-04-03495-2 .
Sachedina , Abdulaziz (1998). Penguasa yang Adil dalam Islam Syiah: Otoritas Komprehensif dari Ahli Hukum dalam Yurisprudensi Imam . Oxford University Press US. ISBN 0-19-511915-0 .
Seibert, Robert F. (1994). "Ulasan: Islam dan Barat: Pembuatan Citra (Norman Daniel)". Review Penelitian Keagamaan 36 (1).
Menjual, Michael Anthony ; Emran Qureshi (2003). Perang Salib Baru: Membangun Musuh Muslim . Columbia University Press. ISBN 0-231-12667-0 .
Smith, Jane I. (2006). Pemahaman Islam tentang Kematian dan Kebangkitan . Oxford University Press. ISBN 978-0-19-515649-2 .
Spencer, Robert (2005). Mitos Toleransi Islami: Bagaimana Hukum Islam Memperlakukan Non-Muslim . Buku Prometheus. ISBN 978-1-59102-249-7 .
Stillman, Norman (1979). Orang-orang Yahudi dari Lands Arab: A History and Source Book . Philadelphia: Jewish Publication Society of America. ISBN 1-82760-198-1 .
Tabatabae, Sayyid Mohammad Hosayn ; Seyyed Hossein Nasr (penerjemah) (1979). Islam Syiah . Suny press. ISBN 0-87395-272-3 .
Tabatabae, Sayyid Mohammad Hosayn ; R. Campbell (penerjemah) (2002). Ajaran Islam: Sebuah Tinjauan dan Pandangan Hidup Nabi Suci Islam . Emas Hijau. ISBN 0-922817-00-6 .
Teece, Geoff (2003). Agama dalam Fokus: Islam . Franklin Watts Ltd. ISBN 978-0-7496-4796-4 .
Trimingham, John Spencer (1998). Perintah Sufi dalam Islam . Oxford University Press. ISBN 0-19-512058-2 .
Tritton, Arthur S. (1970) [1930]. Para Khalifah dan Subyek Non-Muslim mereka: Studi Kritis tentang Perjanjian Umar . London: Penerbit Frank Cass. ISBN 0-7146-1996-5 .
Turner, Colin (2006). Islam: Dasar-dasar . Routledge (Inggris). ISBN 0-415-34106-X .
Turner, Bryan S. (1998). Weber dan Islam . Routledge (Inggris). ISBN 0-415-17458-9 .
Waines, David (2003). Pengantar Islam . Cambridge University Press. ISBN 0-521-53906-4 .
Warraq, Ibn (2000). Pencarian untuk Sejarah Muhammad . Prometheus. ISBN 978-1-57392-787-1 .
Warraq, Ibn (2003). Meninggalkan Islam: Apostates Speak Out . Prometheus. ISBN 1-59102-068-9 .
Watt, W. Montgomery (1973). Periode Formatif Pemikiran Islam . Universitas Press Edinburgh. ISBN 0-85-224254-X .
Watt, W. Montgomery (1974). Muhammad: Nabi dan Negarawan (edisi Baru). Oxford University Press. ISBN 0-19-881078-4 .
Weiss, Bernard G. (2002). Studi dalam Teori Hukum Islam . Boston: Penyiar akademis Brill. ISBN 90-04-12066-1 .
Williams, John Alden (1994). Firman Islam . Universitas Texas Press. ISBN 0-292-79076-7 .
Williams, Mary E. (2000). Timur Tengah . Greenhaven Pr. ISBN 0-7377-0133-1 .
Ensiklopedia:
Berkshire Encyclopedia of World History . (2005). Ed. William H. McNeill, Jerry H. Bentley, David Christian. Berkshire Publishing Group. ISBN 978-0-9743091-0-1 .
Ensiklopedia Katolik . (1910). Ed. Gabriel Oussani.
The Columbia Encyclopedia (6th). (2000). Ed. Paul Lagasse, Lora Goldman, Archie Hobson, Susan R. Norton. Gale Group. ISBN 978-1-59339-236-9 .
Encyclopaedia Britannica Online . Encyclopaedia Britannica, Inc.
Encyclopedia of Christianity (1). (2001). Ed. Erwin Fahlbusch, William Geoffrey Bromiley. Eerdmans Publishing Company, dan Brill. ISBN 0-8028-2414-5 .
Encyclopedia of Christianity (1). (2005). Ed. John Bowden. Oxford University Press. ISBN 0-19-522393-4 .
Ensiklopedia Masa Depan . (1995). Ed. George Thomas Kurian, Graham TT Molitor. Buku Referensi MacMillan. ISBN 978-0-02-897205-3 .
Ensiklopedia Islam Online . Ed. PJ Bearman, Th. Bianquis, CE Bosworth, E. van Donzel, WP Heinrichs. Penerbit Akademis Brill. ISSN 1573-3912.
Ensiklopedia Islam dan Dunia Muslim . (2003). Ed. Richard C. Martin, Said Amir Arjomand, Marcia Hermansen, Abdulkader Tayob, Rochelle Davis, John Obert Voll. Buku Referensi MacMillan. ISBN 978-0-02-865603-8 .
Ensiklopedia Al-Qur'an Online . Ed. Jane Dammen McAuliffe. Penerbit Akademis Brill.
Ensiklopedia Agama (2). (2005). Ed. Lindsay Jones. Buku Referensi MacMillan. ISBN 978-0-02-865733-2 .
Ensiklopedia Ritual Keagamaan, Ritual, dan Festival (1). (2004). Ed. Salamone Frank. Routledge. ISBN 978-0-415-94180-8 .
The Encyclopedia of World History Online (6th). (2000). Ed. Peter N. Stearns. Bartleby.
Peradaban Islam Abad Pertengahan: Sebuah Ensiklopedia . (2005). Ed. Josef W. Meri . Routledge . ISBN 0-415-96690-6 .
Ensiklopedia Agama Dunia Merriam-Webster . (1999). Ed. Wendy Doniger . Merriam-Webster . ISBN 0-87779-044-2 .
Ensiklopedia Baru Islam: Edisi Revisi dari Ensiklopedia Ringkas Islam . (2003). Ed. Glasse Cyril. AltaMira Press. ISSN 978-0759101906.
Routledge Encyclopedia of Philosophy (1). (1998). Ed. Edward Craig. Routledge. ISBN 978-0-415-07310-3 .
Bacaan lebih lanjut:
Arberry, AJ (1996). Al-Quran Ditafsirkan: Sebuah Terjemahan (edisi pertama). Batu ujian. ISBN 978-0-684-82507-6 .
Hawting, Gerald R. (2000). Dinasti Pertama Islam: Kekhalifahan Umayyard AD 661-750 . Routledge. ISBN 0-415-24072-7 .
Khan, Muhammad Muhsin ; Al-Hilali Khan, Muhammad Taqi-ud-Din (1999). Noble Quran (edisi pertama). Publikasi Dar-Us-Salam. ISBN 978-9960-740-79-9 .
Kramer (ed.), Martin (1999). Penemuan Yahudi Islam: Studi dalam Kehormatan Bernard Lewis . Universitas Syracuse. ISBN 978-965-224-040-8 .
Kuban, Dogan (1974). Arsitektur Religius Muslim . Penerbit Akademis Brill. ISBN 90-04-03813-2 .
Lewis, Bernard (1993). Islam dalam Sejarah: Ide, Orang, dan Acara di Timur Tengah . Pengadilan Terbuka. ISBN 978-0-8126-9217-4 .
Lewis, Bernard (1994). Islam dan Barat . Oxford University Press. ISBN 978-0-19-509061-1 .
Lewis, Bernard (1996). Budaya dalam Konflik: Kristen, Muslim, dan Yahudi di Era Penemuan . Oxford University Press. ISBN 978-0-19-510283-3 .
Mubarkpuri, Saifur-Rahman (2002). Nektar Tertutup : Biografi Nabi . Publikasi Dar-Us-Salam. ISBN 978-1-59144-071-0 .
Najeebabadi, Akbar Shah (2001). Sejarah Islam . Publikasi Dar-Us-Salam. ISBN 978-1-59144-034-5 .
Nigosian, SA (2004). Islam: Sejarah, Pengajaran, dan Prakteknya (edisi Edisi Baru). Indiana University Press. ISBN 978-0-253-21627-4 .
Rahman, Fazlur (1979). Islam (edisi ke-2). Universitas Chicago Press. ISBN 0-226-70281-2 .
Walker, Benjamin (1998). Yayasan Islam: Pembuatan Iman Dunia . Penerbit Peter Owen. ISBN 978-0-7206-1038-3 .
Tautan eksternal:
Portal Islam
Wikimedia Commons memiliki galeri tentang:
Islam
Wikibooks memiliki buku berjudul
Islam
(id) Majelis Ulama Indonesia (MUI)
(id) Informasi Halal & Portal Ekonomi Syariah MUI - Panduan Halal
(id) Ikatan Intelektual Muslim Indonesia (ICMI)
(id) Pusat Studi Islam
(id) Studi Informasi Alam Islam (SINAI)
(id) Badan Amil Zakat, Infak dan Sedekah (BAZIS) DKI Jakarta
(de) Islam di Eropa Barat
(id) Ensiklopedia Islam
(id) Media Islami


Diperoleh dari " http://en.wikipedia.org/wiki/Islam "
Kategori : Agama | Islam | Kepercayaan
Kategori tersembunyi: Artikel berisi karakter Arab | Artikel dengan pernyataan yang tidak memiliki referensi | Artikel dengan pernyataan yang tidak termasuk referensi Desember 2010
Source Description above from the Wikipedia article Islam , licensed under CC-BY-SA , full daftar kontributor here . Community Pages are not affiliated with, or Endorsed by, anyone associated with the topic.
Islam Dari Wikipedia, ensiklopedia gratis
Langsung ke: navigasi , cari
Artikel ini adalah bagian dari seri Islam

Rasul

Nabi Muhammad
.
Kitab Suci

Al-Qur'an
.
Rukun Islam
1. Syahadat · 2. Salat · 3. Puasa
4. Zakat · 5. Haji
Rukun Iman
Iman kepada: 1. Tuhan
2. Malaikat · 3. Quran · 4. Nabi
5. Hari Terakhir · 6. Qada & Qadar
Tokoh Islam
Muhammad SAW
Nabi & Rasul · Sahabat
Ahlul Bait
Kota suci
Mekah & Medina
Kota suci lainnya
Jerusalem · Najaf · Karbala
Kufah · Kazimain
Mashhad · Istanbul · Ghadir Khum
Hari Raya
Idul Fitri · & · Idul Adha
Hari besar lainnya
Isra dan Mi'raj · Maulid Nabi
Ashura
Arsitektur
Masjid · Menara · Mihrab
Ka'bah · Arsitektur Islam
Departemen fungsional
Khalifah · Ulama · Muadzin
Imam · Mullah · Ayatullah · Mufti
Hukum Islam
Al-Qur'an · Hadis
Sunnah · Fiqih · Fatwa
Syariat · Ijtihad
Manhaj
Salafush Shalih
Mazhab
1. Sunni:
Hanafi · Hambali
Maliki · Syafi'i
2. Syiah:
Dua Belas Imam
Ismailiyah · Zaidiyah
3. Lainnya:
Ibadi · Khawarij
Murji'ah · Mu'taziliyah
Lihat Pula
Portal Islam
Indeks Islam






No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...