UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 20 TAHUN 2003
TENTANG
SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
Disahkan di Jakarta
pada tanggal 8 Juli 2003
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
����� ttd.
MEGAWATI SOEKARNOPUTRI
��������� Diundangkan di Jakarta
��������� pada tanggal 8 Juli 2003
Sekretaris Negara Republik Indonesia
������������������������ ttd
������������ Bambang Kesowo
LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2003 NOMOR 78
PENJELASAN
ATAS
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 20 TAHUN 2003
TENTANG
SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
�I.� Umum
Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya.� Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat.� Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (1) menyebutkan bahwa setiap warga Negara berhak mendapat pendidikan, dan ayat (3) menegaskan bahwa Pemerintah mengusahakan� dan menyelenggarakan satu system pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.� Untuk itu, seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan Negara Indonesia.
Gerakan reformasi di Indonesia secara umum menuntut diterapkannya prinsip dempkrasi, desentralisasi, keadilan, dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.� Dalam hubungannya dengan pendidikan, prinsip-prinsip tersebut akan memberikan dampak yang mendasar pada kandungan, proses, dan manajemen system pendidikan.� Selain itu, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan memunculkan tuntutan baru dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam system pendidikan.�Tuntutan tersebut menyangkut pembaharuan system pendidikan, diantaranya pembaharuan kurikulum, yaitu diversifikasi kurikulum untuk melayani peserta didik dan potensi daerah yang beragam, diversifikasi jenis pendidikan yang dilakukan secara professional, penyusunan standar kompetensi tamatan yang berlaku secara nasional dan daerah menyesuaikan dengan kondisi setempat; penyusunan standar kualifikasi pendidik yang sesuai dengan tuntutan pelaksanaan tugas secara professional; penyusunan standar pendanaan pendidikan untuk setiap satuan pendidikan� sesuai� prinsip-prinsip� pemerataan dan keadilan; pelaksanaan manajemen pendidikan� berbasis sekolah dan otonomi perguruan tinggi; serta penyelenggaraan pendidikan dengan system terbuka dan multimakna.� Pembaharuan system pendidikan juga meliputi penghapusan diskriminasi antara pendidikan yang dikelola pemerintah dan pendidikan yang dikelola masyarakat, serta pembedaan antara pendidikan keagamaan dan pendidikan umum.
Pembaharuan system pendidikan nasional dilakukan untuk memperbaharui visi, misi, dan strategi pembangunan pendidikan nasional.� Pendidikan nasional mempunyai visi terwujudnya system pendidikan sebagai pranata social yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua Warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Dengan visi pendidikan tersebut, pendidikan nasional mempunyai misi sebagai berikut :
1.�� mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia;
2.�� membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar;
3.�� meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral;
4.�� meningkatkan keprofesionalan dn akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalamanan, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global; dan
5.�� memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Berdasarkan visi dan misi pendidikan nasional tersebut, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pembaharuan system pendidikan memerlukan strategi tertentu.� Strategi pembangunan pendidikan nasional dalam undang-undang ini meliputi :
1.�� pelaksanaan pendidikan agama serta akhlak mulia;
2.�� pengembangan dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi;
3.�� proses pembelajaran yang mendidik dan dialogis;
4.�� evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi pendidikan yang memberdayakan;
5.�� peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan;
6.�� penyediaan sarana belajar yang mendidik;
7.�� pembiayaan pendidikan yang sesuai dengan prinsip pemerataan dan berkeadilan;
8.�� penyelenggaraan pendidikan yang terbuka dan merata;
9.�� pelaksanaan wajib belajar;
10. pelaksanaan otonomi manajemen pendidikan;
11. pemberdayaan peran masyarakat;
12. pusat pembudayaan dan pembangunan masyarakat; dan
13. pelaksanaan pengawasan dalam system pendidikan nasional.
Dengan strategi tersebut diharapkan visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional dapat terwujud secara efektif dengan melibatkan berbagai pihak secara aktif dalam penyelenggaraan pendidikan.
Pembaruan system pendidikan nasional perlu pula disesuaikan dengan pelaksanaan otonomi daerah sebagaimana diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.
Sehubungan dengan hal-hal di atas, Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional perlu diperbaharui dan diganti.
II.� Pasal Demi Pasal
Pasal 1
����������� Cukup jelas
Pasal 2
����������� Cukup jelas
Pasal 3
����������� Cukup jelas
Pasal 4
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Pendidikan dengan system terbuka adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system).� Peserta didik dapat belajar sambil bekerja, atau mengambil program-program pendidikan pada jenis dan jalur pendidikan yang berbeda secara terpadu dan berkelanjutan melalui pembelajaran tatap muka atau jarak jauh.� Pendidikan multimakna adalah proses pendidikan yang diselenggarakan dengan berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak dan kepribadian serta berbagai kecakapan hidup.
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (5)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (6)
����������������� Memberdayakan semua komponen masyarakat berarti pendidikan diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat dalam suasana kemitraan dan kerja sama yang saling melengkapi dan memperkuat.
Pasal 5
����������� Cukup jelas
Pasal 6
����������� Cukup jelas
Pasal 7
����������� Cukup jelas
Pasal 8
����������� Cukup jelas
Pasal 9
����������� Cukup jelas
Pasal 10
����������� Cukup jelas
Pasal 11
����������� Cukup jelas
Pasal 12
����������� Ayat (1)
����������������� Huruf a
����������������������� Pendidik dn/atau guru agama yang seagama dengan peserta didik difasilitasi dan/atau disediakan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah sesuai kebutuhan satuan pendidikan sebagaimana diatur dalam Pasal 41 ayat (3).
����������������� Huruf b
����������������������� Pendidik dan/atau guru yang mampu mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan peserta didik difasilitasi dan/atau disediakan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan sebagaimana diatur dalam Pasal 41 ayat (3).
����������������� Huruf c
����������������������� Cukup jelas
����������������� Huruf d
����������������������� Cukup jelas
����������������� Huruf e
����������������������� Cukup jelas
����������������� Huruf f
����������������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)����������
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
Pasal 13
����������� Cukup jelas
Pasal 14
����������� Cukup jelas
Pasal 15
����������� Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
����������� Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
����������� Pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pascasarjana yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu pengetahuan tertentu.
����������� Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus.
����������� Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan terntentu maksimal setara dengan program sarjana.
����������� Pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuna tentang ajaran agama dan/atau menjadi ahli ilmu agama.
����������� Pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.
Pasal 16
����������� Cukup jelas
Pasal 17
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Pendidikan yang sederajat denagn SD/MI adalah program seperti Paket A dan yang sederajat dengan SMP/MTs adalah program seperti Paket B.
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
Pasal 18
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Pendidikan yang sederajat dengan SMA/MA adalah program seperti paket C.
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
Pasal 19
����������� Cukup jelas
Pasal 20
����������� Ayat (1)
����������������� Akademi menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu.
����������������� Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.
����������������� Sekolah tinggi menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
����������������� Institut menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau pendidikan vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memeuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
����������������� Universitas menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau pendidikan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memeuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
Pasal 21
����������� Ayat (1)
����������������� Gelar akademik yang dimaksud antara lain, sarjana, magister, dan doctor.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (5)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (6)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (7)
����������������� Cukup jelas
Pasal 22
����������� Cukup jelas
Pasal 23
����������� Ayat (1)
����������������� Guru besar atau professor adalah jabatan fungsional bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan perguruan tinggi.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
Pasal 24
����������� Cukup jelas
Pasal 25
����������� Cukup jelas
Pasal 26
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Pendidikan kecakapan hidup (life skills) adalah pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan social, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri.
����������������� Pendidikan kepemudaan adalah pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan kader pemimpin bangsa, seperti organisasi pemuda, pendidikan kepanduan/kepramukaan, keolahragaan, palang merah, pelatihan, kepemimpinan, pecinta alam, serta kewirausahaan.
����������������� Pendidikan pemberdayaan perempuan adalah pendidikan untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan.
����������������� Pendidikan kesetaraan adalah program pendidikan onoformal yang menyelenggarakan pendidikan umum setara SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang mencakup program paket A, paket B, dan paket C.
����������������� Pendidikan dan pelatihan kerja dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dengan penekanan pada penguasaan keterampilan fungsional yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (5)
����������������� Kursus dan pelatihan sebagai bentuk pendidikan berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dengan penekanan pada penguasaan keterampilan, standar kompetensi, pengembangan sikap kewirausahaan serta pengembangan kepribadian professional.� Kursus dan pelatihan dikembangkan melalui sertifikasi dan akreditasi yang bertaraf nasional dan internasional.
����������� Ayat (6)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (7)
����������������� Cukup jelas
Pasal 27
����������� Cukup jelas
Pasal 28
����������� Ayat (1)
����������������� Pendidikan anak usia dini diselenggarakan bagi anak sejak lahir sampai dengan enam tahun dan bukan merupakan prasyarat untuk mengikuti pendidikan dasar.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Taman Kanak-kanak (TK) menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.
����������������� Raudhatul Athfal (RA) menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam yang menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi diri seperti pad ataman kanak-kanak.
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (5)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (6)
����������������� Cukup jelas
Pasal 29
����������� Cukup jelas
Pasal 30
����������� Cukup jelas
Pasal 31
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Bentuk pendidikan jarak jauh mencakup program pendidikan tertulis (korespondensi), radio, audio/video, TV, dan/atau berbasis jaringan computer.
����������������� Modus penyelenggaraan pendidikan jarak jauh mencakup pengorganisasian tunggal (single mode), atau bersama tatap muka (dual mode).
����������������� Cakupan pendidikan jarak jauh dapat berupa program pendidikan berbasis mata pelajaran/mata kuliah dan/atau program pendidikan berbasis bidang studi.
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
Pasal 32
����������� Cukup jelas
Pasal 33
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Pengajaran bahasa daerah pada jenjang pendidikan dasar di suatu daerah disesuaikan dengan intensitas penggunaannya dalam wilayah yang bersangkutan.
����������������� Tahap awal pendidikan adalah pendidikan pada tahun pertama dan kedua sekolah dasar.
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
Pasal 34
����������� Cukup jelas
Pasal 35
����������� Ayat (1)
����������������� Standar isi mencakup ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan ke dalam persyaratan tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
����������������� Komptensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati.
����������������� Standar tenaga kependidikan mencakup persyaratan pendidikan prajabatan dan kelayakan, baik fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.
����������������� Standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, dan sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
����������������� Peningkatan secara berencana dan berkala dimaksudkan untuk meningkatkan keunggulan local, kepentingan nasional, keadilan, dan kompetensi antar bangsa dalam peradaban dunia.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Badan standardisasi, penjaminan, dan pengendalian mutu pendidikan bersifat mandiri pada tingkat nasional dan propinsi.
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
Pasal 36
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Pengembangan kurikulum secara berdiversifikasi dimaksudkan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan pada satuan pendidikan dengan kondisi dan kekhasan potensi yang ada di daerah.
����������� Ayat (3)
����������� ����� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
Pasal 37
����������� Ayat (1)
����������������� Pendidikan agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
����������������� Pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
����������������� Bahan kajian bahasa mencakup bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing dengan pertimbangan :
����������������� 1.� Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional;
����������������� 2.� Bahasa daerah merupakan bahasa ibu peserta didik; dan
����������������� 3.� Bahasa asing terutama bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting kegunaannya dalam pergaulan global.
����������������� Bahan kajian matematika, antara lain, berhitung, ilmu ukur, dan aljabar dimaksudkan untuk mengembangkan logika dan kemampuan berpikir peserta didik.
����������������� Bahan kajian ilmu pengetahuan alam, antara lain, fisika, biologi, dan kimia dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap lingkungan alam dan sekitarnya.
����������������� Bahan kajian ilmu pengetahuan social, antara lain, ilmu bumi, sejarah, ekonomi, kesehatan, dan sebagainya dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi social masyarakat.
����������������� Bahan kajian seni dan budaya dimaksudkan untuk membentuk karakter peserta didik menjasi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.� Bahan kajian seni mencakup menulis, menggambar/melukis, menyanyi, dan menari.
����������������� Bahan kajian jasmani dan olah raga dimaksudkan untuk membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas.
����������������� Bahan kajian keterampilan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki keterampilan.
����������������� Bahan kajian muatan local dimaksudkan untuk membentuk pemahaman terhadap potensi di daerah tempat tinggalnya.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
Pasal 38
����������� Cukup jelas
Pasal 39
����������� Ayat (1)
����������������� Tenaga kependidikan meliputi pengelola satuan pendidikan, penilik, pamong belajar, pengawas, peneliti, pengembang, pustakawan, laboran, dan teknisi sumber belajar.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
Pasal 40
����������� Ayat (1)
����������������� Huruf a
����������������������� Yang dimaksud dengan penghasilan yang pantas dan memadai adalah penghasilan yang mencerminkan martabat guru sebagai pendidik yang professional di atas kebutuhan hidup minimum (KHM).
����������������������� Yang dimaksud dengan jaminan kesejahteraan social yang pantas dan memadai, antara lain, jaminan kesehatan dan jaminan hari tua.
����������������� Huruf b
����������������������� Cukup jelas
����������������� Huruf c
����������������������� Cukup jelas
����������������� Huruf d
����������������������� Cukup jelas
����������������� Huruf e
����������������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
Pasal 41
����������� Ayat (1)
����������������� Pendidik dan tenaga kependidikan dapat bertugas di mana pun dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Pemberian fasilitas oleh Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah dimaksudkan untuk menghindari adanya daerah yang kekurangan atau kelebihan pendidik dan tenaga kependidikan, serta juga dimaksudkan untuk peningkatan kualitas satuan pendidikan.
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
Pasal 42
����������� Cukup jelas
Pasal 43
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Program sertifikasi bertujuan untuk memenuhi kualifikasi minimum pendidik yang merupakan bagian dari program pengembangan karier oleh Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah.
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
Pasal 44
����������� Cukup jelas
Pasal 45
����������� Cukup jelas
Pasal 46
����������� Ayat (1)
����������������� Sumber pendanaan pendidikan dari pemerintah meliputi Anggran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan sumber pendanaan pendidikan dari masyarakat mencakup antara lain sumbangan pendidikan, hibah, wakaf, zakat, pembayaran nadzar, pinjaman, sumbangan perusahaan, keringanan dan penghapusan pajak untuk pendidikan, dan lain-lain penerimaan yang sah.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
Pasal 47
����������� Cukup jelas
Pasal 48
����������� Cukup jelas
Pasal 49
����������� Ayat (1)
����������������� Pemenuhan pendanaan pendidikan dapat dilakukan secara bertahap.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (5)
����������������� Cukup jelas
Pasal 50
����������� Ayat (1)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (5)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (6)
����������������� Yang dimaksud dengna otonomi perguruan tinggi adalah kemandirian perguruan tinggi untuk mengelola sendiri lembaganya.
����������� Ayat (7)
����������������� Cukup jelas
Pasal 51
����������� Ayat (1)
����������������� Yang dimaksud dengan manajemen berbasis sekolah/madrasah adalah bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendidikan, yang dalam hal ini kepala sekolah/madrasah dan guru dibantu oleh komite sekolah/madrasah dalam mengelola kegiatan pendidikan.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������������� Cukup jelas
Pasal 52
����������� Cukup jelas
Pasal 53
����������� Ayat (1)
����������� ����� Badan hokum pendidikan dimaksudkan sebagai landasan hokum bagi penyelenggara dan/atau satuan pendidikan, antara lain, berbentuk Badan Hukum Milik Negara (BHMN).
����������� Ayat (2)
����������� ����� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������� ����� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������� ����� Cukup jelas
Pasal 54
����������� Cukup jelas
Pasal 55
����������� Ayat (1)
����������� ����� Kekhasan satuan pendidikan yang diselenggarakan masyarakat tetap dihargai dan dijamin oleh undang-undang ini.
����������� Ayat (2)
����������������� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������� ����� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������� ����� Cukup jelas
����������� Ayat (5)
����������� ����� Cukup jelas
Pasal 56
����������� Cukup jelas
Pasal 57
����������� Cukup jelas
Pasal 58
����������� Cukup jelas
Pasal 59
����������� Cukup jelas
Pasal 60
����������� Cukup jelas
Pasal 61
����������� Cukup jelas
Pasal 62
����������� Cukup jelas
Pasal 63
����������� Cukup jelas
Pasal 64
����������� Cukup jelas
Pasal 65
����������� Ayat (1)
����������� ����� Peraturan perundang-undangan yang dimaksud antara lain mencakup undang-undang tentang imigrasi, pajak, investasi asing, dan tenaga kerja.
����������� Ayat (2)
����������� ����� Pelaksanaan pendidikan agama sesuai dengan ketentuan Pasal 12 ayat (1) huruf a.
����������� Ayat (3)
����������� ����� Cukup jelas
����������� Ayat (4)
����������� ����� Sistem pendidikan Negara lain mencakup kurikulum, system penilaian, dan penjenjangan pendidikan.
����������� Ayat (5)
����������� ����� Cukup jelas
Pasal 66
����������� Ayat (1)
����������� ����� Cukup jelas
����������� Ayat (2)
����������� ����� Cukup jelas
����������� Ayat (3)
����������� ����� Peraturan Pemerintah yang dimaksud dalam ayat ini, antara lain, mengatur tata cara pengawasan dan sanksi administrative.
Pasal 67
����������� Cukup jelas
Pasal 68
����������� Cukup jelas
Pasal 69
����������� Cukup jelas
Pasal 70
����������� Cukup jelas
Pasal 71
����������� Cukup jelas
Pasal 72
����������� Cukup jelas
Pasal 73
����������� Cukup jelas
Pasal 74
����������� Cukup jelas
Pasal 75
����������� Cukup jelas
Pasal 76
����������� Cukup jelas
Pasal 77
����������� Cukup jelas
�����������
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2003 NOMOR 4301
No comments:
Post a Comment