Friday 3 November 2017


Apa Baptisan Itu?

00:00
06:01

Jawaban Alkitab

Sewaktu dibaptis, seseorang dibenamkan ke dalam air lalu diangkat keluar. * Itulah kenapa Yesus dibaptis di sungai yang cukup besar. (Matius 3:13, 16) Demikian pula, seorang pria Etiopia meminta untuk dibaptis ketika dia melihat ”sebuah tempat yang banyak airnya”.—Kisah 8:36-40.

Arti baptisan

Alkitab menyamakan baptisan dengan penguburan. (Roma 6:4; Kolose 2:12) Baptisan air adalah lambang bahwa seseorang telah mati dari jalan hidup sebelumnya dan memulai kehidupan yang baru sebagai seorang Kristen yang berbakti kepada Allah. Langkah-langkah sebelum baptisan dan baptisan itu sendiri adalah cara Allah agar seseorang bisa mendapatkan hati nurani yang bersih karena beriman akan korban tebusan Yesus Kristus. (1 Petrus 3:21) Jadi, Yesus mengajarkan bahwa murid-muridnya harus dibaptis.—Matius 28:19, 20.

Apakah baptisan air menghapus dosa?

Tidak. Alkitab mengajarkan bahwa yang bisa menghapus dosa kita hanyalah darah korban tebusan Yesus. (Roma 5:8, 9; 1 Yohanes 1:7) Tapi, agar bisa mendapat manfaat dari korban itu, seseorang harus beriman kepada Yesus, mengubah cara hidupnya agar sesuai dengan ajaran Yesus, dan dibaptis.—Kisah 2:38; 3:19.

Apakah baptisan bayi itu ajaran Alkitab?

Bukan. Baptisan bayi tidak ada dalam Alkitab. Baptisan bayi adalah upacara yang dilakukan beberapa gereja untuk membaptis bayi (dengan memercikkan atau menuangkan air ke kepala bayi) dan memberikan nama baptis. Tapi, baptisan Kristen adalah untuk orang-orang yang sudah cukup dewasa untuk memahami dan memercayai ”kabar baik tentang kerajaan Allah”. (Kisah 8:12) Itu berarti seseorang perlu mendengar Firman Allah, menerimanya, dan bertobat. Bayi tidak bisa melakukan hal-hal ini.—Kisah 2:22, 38, 41.
Selain itu, baptisan bayi bertentangan dengan ajaran Alkitab. Alkitab menunjukkan bahwa anak-anak kecil yang memiliki orang tua Kristen dipandang kudus, atau bersih, oleh Allah karena orang tua mereka setia kepada-Nya. (1 Korintus 7:14) Jika baptisan bayi memang sesuai dengan ajaran Alkitab, itu berarti anak-anak kecil tidak perlu bergantung pada orang tua mereka untuk punya hubungan baik dengan Allah. *

Kesalahpahaman tentang baptisan Kristen

Kesalahpahaman: Pembaptisan dengan percikan atau penuangan air sama saja dengan pembaptisan dengan pembenaman.
Fakta: Semua baptisan yang ada di Alkitab adalah baptisan dengan pembenaman. Misalnya, sewaktu Filipus akan membaptis seorang pria Etiopia, mereka ”turun ke dalam air”. Lalu, ”mereka keluar dari air”.—Kisah 8:36-39. *
Kesalahpahaman: Alkitab menyiratkan bahwa anak-anak kecil juga dibaptis saat seluruh rumah tangga dibaptis. Misalnya, Alkitab menceritakan bahwa seorang penjaga penjara di Filipi ”dan rumah tangganya dibaptis”.—Kisah 16:31-34.
Fakta: Dalam kisah tentang seorang penjaga penjara yang menjadi Kristen tersebut, orang-orang yang dibaptis mengerti ”firman Yehuwa” dan ”sangat bersukacita”. (Kisah 16:32, 34) Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa anak-anak kecil dalam rumah tangga penjaga penjara itu tidak ikut dibaptis, karena mereka tidak bisa memahami Firman Yehuwa.
Kesalahpahaman: Yesus mengajarkan baptisan bayi dengan mengatakan bahwa Kerajaan surga adalah milik anak-anak kecil.—Matius 19:13-15; Markus 10:13-16.
Fakta: Ketika mengatakan itu, Yesus sedang tidak berbicara tentang baptisan. Tapi, dia sedang menjelaskan bahwa orang-orang yang ingin masuk ke dalam Kerajaan Allah harus menjadi seperti anak-anak kecil yang rendah hati dan mudah diajar.—Matius 18:4; Lukas 18:16, 17.

No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...