Tuesday 20 June 2017

 
Macam-Macam Metode Pembelajaran
Metode adalah cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Metode ceramah.
Dalam metode ceramah proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru umumnya didominasidengan cara ceramah.Dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (TIK), ada beberapa motode yang umumdigunakan, diantaranya adalah :
a. Metode Tanya jawab
Metode tanya jawab adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan mengahasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi tersebut. Metoda TanyaJawab akan menjadi efektif bila materi yang menjadi topik bahasan menarik, menantang danmemiliki nilai aplikasi tinggi. Pertanyaaan yang diajukan bervariasi, meliputi pertanyaan tertutup(pertanyaan yang jawabannya hanya satu kemungkinan) dan pertanyaan terbuka (pertanyaandengan banyak kemungkinan jawaban), serta disajikan dengan cara yang menarik. b.
Metode Diskusi
 Metode diskusi adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melalui pemecahan masalah, atau analisis sistem produk teknologi yang pemecahannya sangat terbuka.Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan siswa bila diskusi itu melibatkan semua anggotadiskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah.Jika metoda ini dikelola dengan baik, antusiasme siswa untuk terlibat dalam forum ini sangattinggi. Tata caranya adalah sebagai berikut: harus ada pimpinan diskusi, topik yang menjadi bahan diskusi harus jelas dan menarik, peserta diskusi dapat menerima dan memberi, dansuasana diskusi tanpa tekanan.
c. Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan siswauntuk melakukan suatu pekerjaan. Pemberian tugas dapat secara individual atau kelompok.Pemberian tugas untuk setiap siswa atau kelompok dapat sama dan dapat pula berbeda.Agar pemberian tugas dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran, maka: 1) tugas harus bisa dikerjakan oleh siswa atau kelompok siswa, 2) hasil dari kegiatan ini dapat ditindaklanjutidengan presentasi oleh siswa dari satu kelompok dan ditanggapi oleh siswa dari kelompok yanglain atau oleh guru yang bersangkutan, serta 3) di akhir kegiatan ada kesimpulan yang didapat.
d. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukanaktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya.Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiridengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan danmenarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya. Di dalam TIK, percobaan banyakdilakukan pada pendekatan pembelajaran analisis sistem terhadap produk teknik atau bahan.Percobaan dapat dilakukan melalui kegiatan individual atau kelompok. Hal ini tergantung daritujuan dan makna percobaan atau jumlah alat yang tersedia. Percobaan ini dapat dilakukandengan demonstrasi, bila alat yang tersedia hanya satu atau dua perangkat saja.
e. Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara pengelolaan pembelajaran dengan memperagakan ataumempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, benda, atau cara kerja suatu produk
 
teknologi yang sedang dipelajari. Demontrasi dapat dilakukan dengan menunjukkan benda baikyang sebenarnya, model, maupun tiruannya dan disertai dengan penjelasan lisan.Demonstrasi akan menjadi aktif jika dilakukan dengan baik oleh guru dan selanjutnya dilakukanoleh siswa. Metoda ini dapat dilakukan untuk kegiatan yang alatnya terbatas tetapi akandilakukan terus-menerus dan berulang-ulang oleh siswa.
f. Metode Tutorial/Bimbingan
Metode tutorial adalah suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan ataukelompok kecil siswa. Disamping metoda yang lain, dalam pembelajaran Pendidikan TeknologiDasar, metoda ini banyak sekali digunakan, khususnya pada saat siswa sudah terlibat dalam kerjakelompok.Peran guru sebagi fasilitator, moderator, motivator dan pembimbing sangat dibutuhkan olehsiswa untuk mendampingi mereka membahas dan menyelesaikan tugas-tugasnyaPenyelenggaraan metoda tutorial dapat dilakukan seperti contoh berikut ini:
 
Misalkan sebuah kelas dalam bahan ajar Pengerjaan Kayu 2, jam pelajaran pertamadigunakan dalam bentuk kegiatan klasikal untuk menjelaskan secara umum tentang teori dan prinsip.
 
Kemudian para siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk membahas pokok bahasan yang berbeda, selanjutnya dilakukan rotasi antar kelompok.
 
Sementara para siswa mempelajari maupun mengerjakan tugas-tugas, guru berkelilingdiantara para siswa, mendengar, menjelaskan teori, dan membimbing mereka untukmemecahkan problemanya.
 
Dengan bantuan guru, para siswa memperoleh kebiasaan tentang bagaimana mencariinformasi yang diperlukan, belajar sendiri dan berfikir sendiri.Perhatian guru dapat diberikan lebih intensif kepada siswa yang sedang mengoperasikan alat-alatyang belum biasa digunakan.

No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...