Friday 24 March 2017

Bisakah kita dapatkan beberapa referensi atau rujukan berkenaan dengan Kristus dalam tulisan para penulis sekular yang sezaman?

5. Bisakah kita dapatkan beberapa referensi atau rujukan berkenaan dengan Kristus dalam tulisan para penulis sekular yang sezaman?
Ada beberapa referensi berkenaan dengan Kristus dalam kaitannya dengan orang-orang Kristen, dalam karya beberapa ahli sejarah. Tacitus, yang adalah hakim
agung Romawi kuno di bawah Domitianus pada tahun 88 TM, hanya lima puluh delapan tahun setelah Penyaliban, merujuk kepada Kristus (XV Tawarikh: 44). Plinius yang lebih Muda, adalah pembela rakyat di Siria pada saat yang hampir bersamaan, juga merujuk kepada Dia (Surat Kiriman X:97). Ada juga beberapa rujukan di Lucianus, yang hidup di sekitar pertengahan abad kedua. Dia menyatakan secara sangat jelas kenyataan dari penyaliban Kristus. Suetonius dan Eusebius juga merujuk kepada Kristus. Selain bukti-bukti ini, terjadi penganiayaan terhadap orang-orang Kristen di bawah Nero, yang dicatat oleh semua ahli sejarah. Nero wafat pada tahun 68 TM, hanya tiga puluh delapan tahun setelah Penyaliban. Oleh karenanya jelas sekali kalau ada banyak orang Kristen sebelum masa itu. Bagaimana sekte ini bisa hidup tanpa adanya seorang pendiri? Apabila Anda melihat pohon ek tumbuh di tempat yang lima puluh tahun sebelumnya tidak ada, Anda akan menduga seseorang telah menanam biji pohon ek di sana, dan jika ada empat orang yang memberitahukan bagaimana, kapan dan oleh siapa pohon itu ditanam, maka Anda bagaimanapun akan mempercayai mereka. Jadi, ada alasan yang tepat untuk mempercayai cerita-cerita Injil, sewaktu Anda membaca sejarah sekular tentang keberadaan Jemaat Kristen lima puluh tahun setelah Penyaliban. Kisah-kisah mereka adalah penjelasan yang dapat dipercaya tentang sebuah kenyataan yang ditetapkan dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...