Friday 17 October 2014

Makalah kuliah bagaimana ya....?

Cara Membuat Dan Menyusun Tugas Makalah






Sebelum membuat makalah setidaknya kita tahu terlebih dahulu susunan-susunan / struktur dalam pembuatan makalah. dibawah ini sedikit saya paparkan susunan / isi makalah :
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Batasan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
thumbnail
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Menjelaskan isi dari batasan masalah pertama
2.2 Menjelaskan isi dari batasan masalah kedua
2.3 Menjelaskan secara rinci isi dari batasan masalah pertama dan kedua
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA.
“nah jika kita sudah mengerti susunan / isi makalah yang akan kita buat. maka, kita tinggal mencari reverensi ataupun literatur yang berhubungan dengan thema makalah yang akan kita buat.
1. Kata Pengantar : berisi kata2 harapan penulis, ucapan trimakasih, dll dari penulis
2. Daftar isi (jelas)
3. Pendahuluan : latar belakang pembuatan tugas, tujuan dan manfaat yg diinginkan
4. Pembahasan : inti makalah
5. Kesimpulan Dan Saran: ringkasan dari inti makalah dan saran dari penulis
7. Daftar Pustaka : sumber2 yg anda pakai
Dalam pembuatan makalah juga harus diperhatikan :
1. Jumlah lembaran Minimal 6 Lembar + Cover
2. Ukuran Kertas biasanya A4 ( Kwarto )
3. Ukuran Margin : Top=2. Bottom=2. Left =3 atau 4. right=2.
4. Ukuran Spasi : 1.5 Spasi
5. Font Dan size : Time News Roman ( 12 )
Semoga Bermanfaat. 

Tips Buat Makalah Kuliah Lebih Tebal

Tugas makalah sering membuat mahasiswa terjebak dalam mimpi buruk. Apalagi kalau makalah ilmiah itu harus panjang. 
Tips Buat Makalah Kuliah Lebih Tebal
SURABAYA - Tugas kuliah biasanya berbentuk makalah alias paperilmiah. Nah, tugas makalah ini pulalah yang sering membuat mahasiswa terjebak mimpi buruk. Pasalnya, enggak semua orang memiliki kemampuan menulis. Apalagi jika dosen mensyaratkan jumlah minimal halaman makalah yang harus dipenuhi. 

Biasanya, mahasiswa mengakali syarat ini dengan memperbesar ukuran huruf dan spasi antarbaris. Ngaku, deh, kamu termasuk mahasiswa yang memakai trik ini bukan? 

Nah, tinggalkan cara "kuno" itu. Ada enam cara lebih modern dan ilmiah untuk membuat panjang makalah kita sesuai keinginan dosen. Simak tips ini. 

1. Fokus ke konten
Dosen sudah khatam banget deh soal trik teknis mahasiswa memperpanjang makalah. Jadi, ketimbang sibuk menyesuaikan jenis dan ukuran font, lebih baik kita fokus ke konten. 

Tambahkan kutipan untuk memperkuat contoh-contoh yang kamu ajukan. Riset yang baik akan membantumu mendapatkan beberapa kutipan relevan yang dapat memperkuat argumenmu. Tetapi, perhatikan baik-baik rambu-rambu mengutip, ya! Jangan sembarangan copy paste kalau enggak mau dicap plagiat. 

2. Contoh tambahan di tiap paragraf Jika kesulitan menambahkan kutipan, beri tambahan contoh untuk mendukung argumentasimu. 

3. Detail per paragraf Pastikan setiap paragraf memiliki satu kalimat utama, satu kalimat pendukung dan satu kalimat simpulan yang juga dapat berfungsi sebagai transisi ke paragraf berikutnya. 
Tentu saja, satu paragraf harus memiliki lebih dari tiga kalimat. 

Formulasi ini bisa jadi membuatmu tidak sadar telah menulis sekian banyak kalimat. Dan hasilnya, makalahmu akan lebih panjang, deh. Demikian dilansir About.com, Minggu (10/8/2014). 

4. Argumentasi 

Pikirkan baik-baik argumen yang kontradiktif dengan argumenmu. Kemudian, pastikan kamu sudah menyebut dan merespons argumen-argumen tersebut dalam makalah. Cara ini efektif untuk memastikan kamu sudah mencantumkan semua hipotesa dasar dan tentu saja, membuat makalahmu lebih tebal. 

5. Konfirmasi dan konfirmasi lagi 

Setelah menuliskan pembukaan, hipotesa dan keputusan, konfirmasi lagi semua pernyataanmu. Lakukan konfirmasi itu minimal dua kali dan jika perlu tambahkan kalimat-kalimat pendukung lainnya. 

Bagian-bagian di luar pembahasan dan pembuktian hipotesa yang solid dan kuat bisa membantu makalahmu terlihat lebih baik. Bonus lainnya, kamu akan mengumpulkan makalah yang lebih panjang dan tebal.  
Selamat menulis makalah!:-)

No comments:

Post a Comment

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...