Thursday, 3 October 2019


SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA BERITA HIDUP


PROGRAM PASCASARJANA


S2-KK/ M.Ag. : Terakreditasi BAN-PT Nomor 120/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014
S2-PAK/ M.Pd.. : Terakreditasi BAN-PT Nomor 243/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/XII/2013
S3/ D.Th. : PIP Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Nomor DJ.III/Kep/HK.00.5/286/2012
Alamat Kampus: Jl. Solo - Kalioso KM. 7 Surakarta;  P.O. BOX 247 Solo 57102
)/Fax: (0271) 853244    e-Mail:  sttb_pascasarjana@yahoo.co.id



FORMULIR

PENGAJUAN JUDUL DISERTASI




Nama                                       =  EKO BASUKI


NIM                                         =  ...PAK


Program Studi                        =  Doktor Teologi / PAK


Judul Tesis / Disertasi             =  Peranan Pendidikan Agama Kristen Bagi
      Pertumbuhan Kerohanian Dan Keubahan
      Karakter Remaja Menurut Ulangan 6:4-5 GBIS  
      Yerusalem Baru Surabaya

Alasan Pemilihan Judul         =  -       
                                                     
Ringkasan Isi (Sinopsis)         =  -
                                                      
BIDANG STUDI (POKOK) =  Theologia/ Eksposisi/ Eksegesis/ Etika/ Sejarah
                                                      Gereja/ Missiologi (Penginjilan Sedunia)/
                                                      Praktika & PAK ---Penelitian Lapangan *)

DOSEN PEMBIMBING YANG DIAJUKAN : 
Dosen Pembimbing I                =  Pdt. Dr. Davidson M. Nessy, M.Th
Dosen Pembimbing II              =  Pdt. Dr. Marulak Pasaribu, D.Min.
(Usulan)

DOSEN PEMBIMBING YANG DITETAPKAN OLEH SEKOLAH             
Dosen Pembimbing I                =  _____________________________________________
Dosen Pembimbing II              =  _____________________________________________



                                                                                   
Disetujui oleh Pihak Sekolah                                                  Pemohon / Mahasiswa




_________________________                                                     Eko Basuki

cat. :    *)  coret yang tidak perlu
          ** )  Pengajuan 2 Judul ke sekolah



Menambah kasanah judul Skripsi dan Tesis Teologi Kependetaan


Shalom para pengunjung blog, selamat hari Kamis, 3 Oktober 2019. Setelah selesai Ibadah saya memposting beberapa judul untuk para pengunjung blog. Judul-judul atau beberapa variabel berikut ini hanya sebagai contoh. Dengan demikian postingan ini hendak memberi masukan kepada mereka yang sedang mengalami kesulitan dalam merumuskan judul penelitian. Judul-judul ini sifatnya hanya contoh saja.

1. Peranan Gereja dalam Pembinaan terhadap Keterlibatan Anggota Jemaat dalam sistem Perdagangan Tradisional Orang Tehit
2. Pengaruh Penggembalaan Terhadap Keluarga yang mengalami Kedukaan 3. Efektivitas Persekutuan Jemaat Terhadap Pekabaran Injil
4. Pengaruh Tingkat Pemahaman Teologis Pelayanan Kependidikan Gereja Terhadap Pengelolaan Sekolah Swasta
5. Pengaruh Kepemimpinan Adat Terhadap Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Pelayanan Gereja
6. Pengaruh Pelayanan Warga Kristen Terhadap Kesadaran Politik
7. Hubungan Harmonis Gereja-gereja di kota terhadap Harmonisasi Pelayanan
8. Kemandirian Gereja di Bidang Teologi Terhadap Kualitas Penginjilan
9. Efektivitas Pelayanan penggembalaan Pemuda Terhadap Kenakalan Pemuda
10. Hubungan Strategi dan Metode Pembinaan Majelis Jemaat di Daerah Pedesaan Terhadap Pertumbuhan Gereja Pedesaan
11. Urgensi Pemberantasan Buta Huruf Terhadap Kualitas Pertumbuhan Rohani
12. Peranan Gereja dalam pencegah Alkoholisme di Kalangan Pemuda
13. Evaluasi Teologis Kehadiran Zending Mennonite di Daerah
14. Pemanfaatan Persembahan Persepuluhan
15. Peranan Kepemimpinan Majelis Jemaat Terhadap Pertumbuhan Gereja di ..........
16. Pengaruh Adat Terhadap upacara pembaptisan Kudus di ...........
17. Efisiensi Penatalayanan Kristen Terhadap Ekonomi Gereja
18. Pengaruh Majelis Jemaat dan Pembinaan Jemaat Terhadap Semangat Penginjilan
19. Dinamika Persekutuan terhadap Pekabaran Injil
20. Pemahaman Teologis yang Sehat Terhadap Perjamuan Kudus
21. Hubungan Kearifan Lokal dengan Teologia Kerajaan Allah Terhadap Pertumbuhan Gereja Pedesaan
22. Peranan Pemuda Dalam Pertumbuhan Jemaat
23. Kontekstualisasi tari-tarian bernuansa adat dalam Liturgi Ibadah Gereja Terhadap Ibadah yang menyapa batin Warga Jemaat di ....
24. Keterbukaan Gereja terhadap Glosolalia dalam Ibadah Gereja Protestan
25. Efektivitas Pelayanan Gereja dalam lingkup Jemaat yang dikelola Perusahaan
26. Sikap Gereja Terhadap Anggota Jemaat yang Terlibat Minum Minuman Tuak
27. Peranan Gereja dalam memotivasi Jemaat dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Potensi Pala
28. Motivasi Gereja terhadap Penatalayanan Kekayaan Alam 29. Sikap Gereja terhadap pelayanan Hobat-Hobatan dalam Kehidupan Jemaat di Pedesaan
30. Sikap Gereja terhadap Praktek Penyembuhan Tradisionil di Pedesaan
31. Evaluasi Teologis terhadap Sikap Toleransi Bergama dalam Kehidupan Anggota Jemaat
32. Pengaruh Pendeta Go-Blog Terhadap Tingkat Pemahaman Anggota Jemaat dalam Pemahaman Alkitab
33. Manajemen waktu sebagai Anugerah Allah Terhadap Perkembangan Gereja
34. Tingkat Pemahaman Teologis Terhadap Pelayanan Gelandangan
35. Pengaruh prinsip hidup suami istri Terhadap Keutuhan Pernikahan Menurut Efesus 5:22-25
36. Pengaruh Suami Istri yang taat dan hidup dalam Kasih Terhadap Eksisntensi Keluarga Kristen Berdasarkan Efesus 5:22-30
37. Tinjuan Teologis Terhadap Kuasa Manusia Sebagai Mandat Allah
38. Pengaruh Roh Kudus Dalam Pertumbuhan Gereja-Gereja di Kota
39. Cara Penanggulangan Miras di Kalangan Perempuan Kristen
40. Dalam Nama Yesus Terhadap Kekuatan Magis di Pedesaan
41. Peranan Kepemimpinan Perempuan dalam Organisasi Gereja
42. Pengaruh Menciptakan Ibadah Kreatif Terhadap Semangat Beribadah Hari Minggu
43. Tinjaua Teologis Perjamuan Kudus Menurut Teologi Paulus dan Korelasinya terhadap Perjamuan Kudus Dalam Jemaat Gereja ...
44. Sikap Gereja terhadap pelayanan Waria dan Pelayanan Gereja
45. Peranan Pendeta dalam Entrepreneur Jemaat
46. Seketiduran di Rumah Kost
47. Memberdayakan Keluarga Yang Tidak Produktif (Mandul) dalam Pelayanan Gereja
48. Eksistensi Guru Sekolah Minggu dalam Gereja
49. Urgensi pelayanan Okultisme dalam Pelayanan Pastoral
50. Melayani Pekerja Seks Komersial di Kota dengan Sikap Kasih
51. Penderitaan dan Kehadiran Tuhan
52. Keyakinan Kepastian Keselamatan Terhadap Semangat Pelayanan Penginjilan
53. Peranan Gereja Perempuan Menurut Lukas 8:1-3
54. Pengaruh Menjadi Pentakostalisme Terhadap Perintisan Gereja
56. Peranan Pemimpin Kristen Memobilisasi Semangat Entrepreneur Kristen Anggota Jemaat terhadap Kemandirian Dana
57. Kreativitas dan Inovasi Tenun Etnik Daerah Sebagai Wujud Pertanggungjawaban Penatalayanan Gereja
58. Peranan Pendeta dalam Pengajaran Firman Terhadap Tingkat Pemahaman Jemaat Akan Firman Tuhan
59. Peranan Pendeta dalam Berkhotbah dan Mengajar Terhadap Kualitas Pertumbuhan Rohani Jemaat
60. Peranan Pelayanan Kependidikan Gereja berdimensi Pendidikan Kristen Multikultural Terhadap Keharmonisan Beragama
61. Pengajaran Gereja Berbasis Keesaan Allah Menurut Ulangan
61. Benarkan orang Kristen Kafir?: Jawaban Apologetis Kristen
62. Implementasi Makna Kasihilah sesamu seperti dirimu sendiri Terhadap Tuduhan Orang Kristen Kafir

by.Pak'de ekco

Contoh Penelitian Kualitatif Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Agama Kristen


Contoh penelitian kualitatif berikut ini adalah contoh penelitian untuk Disertasi dalam Bidang Pendidikan Agama Kristen yang dilakukan oleh Yonas Muanley. Bahan postingan ini hanya BAB I. Tujuan postingan ini yakni menolong para pengunjung blog yang sedang mencari bentuk penelitian dengan menggunakan METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF dengan penelitian lapangan. Rasanya metode penelitian kualitatif masih kurang dalam penelitian yang dikembangkan di Sekolah Tinggi Teologi. Itulah sebabnya Bahan Bab I ini diposting. Mohon tidak dikopi paste tanpa izin dari pemilik blog ini.

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah Penelitian

Pembelajaran adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kegiatan terstruktur edukatif antara pendidik dengan peserta didik, di dalam pembelajaran ada kegiatan mengajar dan belajar. Kegiatan mengajar dilakukan oleh guru dan dosen, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik.
Mengajar dan belajar atau mendidik dan belajar bukanlah sesuatu yang tidak dinarasikan dalam Alkitab, di dalam Alkitab justru terdapat banyak bukti tentang kegiatan mengajar. Memang benar bahwa mengajar yang disebutkan di dalam Alkitab tidak harus dibayangkan secara formal seperti yang terjadi sekarang ini di dalam kelas. Walaupun demikian konsep tentang mengajar dan praktik mengajar sudah ada dalam Alkitab.
Allah sendiri memulainya di taman Eden untuk dua manusia pertama, dan manusia pertama meneruskan kegiatan mendidik itu, kegiatan mendidik dan dididik (mengajar dan belajar) itu diwariskan dari generasi ke generasi manusia sepanjang zaman.
Di atas telah dinyatakan bahwa Alkitab mendeskripsikan tentang mengajar. Untuk menopang epistemologi pernyataan bahwa Alkitab memaparkan bukti-bukti yang kuat tentang mengajar perlulah sebuah ontology yang tentunya beranjak dari kesaksian teks kitab suci (Alkitab).
Data-data Alkitab menunjukkan kepada setiap orang yang membacanya bahwa memang benar ada singgungan tentang mengajar dalam Alkitab. Usaha menemukan data-data tentang mengajar berdasarkan Alkitab bermaksud untuk memberi kepastian bahwa mengajar adalah bagian dari kesaksian Alkitab. Data-data itu dapat diruntut dalam ayat-ayat Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Ayat-ayat dalam Perjanjian Lama yang berhubungan dengan kata mengajar dapat diperhatikan dalam nats-nats ini: Kel. 4:12, 35:34, Ul. 20:18, Hak. 13:8, II Sam. 22:35, II Raj. 12:2, II Taw. 17:7,9, Ezr. 7:10, Neh. 8:9,9:20, Ayb. 4:3, 15:5, 36:2, Maz. 18:34, 32:8, 71:17, 119:102, 144:1, Kid. 8:2.
Pada ayat-ayat di atas dipakai kata “mengajar”, frasa mengajar dalam ayat-ayat ini dipakai dalam beberapa pengertian yaitu dalam arti kiasan dan  literal (pembahasannya dalam kajian teori bab II disertasi). Sedangkan data-data Perjanjian Lama tentang “mendidik” dapat dilihat dalam: II Raj. 10:6, Ams. 6:23, 9:7, sementara data tentang  “didikan” dapat diperhatikan dalam ayat-ayat ini: Ayb. 5:17, Ams. 1:2, 3, 7,8, 3:1, 4:1, 13, 5:12, 23, 8:33, 10:17, 12:1, 13:1, 13:18, 15:5, 10, 32, 33, 19:20. Sedangkan data Perjanjian Baru tentang “mengajar” dapat dilihat dalam: Mat. 9:35, 11:1, 13:54,21:23, 26:55, Mark. 1:21, 2:13, 4:1, 6:6, 10:1, 12:35, Luk. 4:31, 5:17, 6:6, 11:37, 12:1, 13:10, 22, 20:1, 21:37, Kis. 13:43. Sedangkan data tentang “dididik/pendidik” dalam Perjanjian Baru muncul secara dua kali, yaitu Rom. 2:20 (pendidik orang bodoh), I Kor. 4:15 (beribu-ribu pendidik dalam Kristus …).

Misi Kristus Sedunia

PELAJARAN SEKOLAH MINGGU

  TANGGAL   PELAJARAN SEKOLAH MINGGU KATEGORI Babak pertama        ...