PEMANFAATAN TEKNOLOGI
DALAM PENDIDIKAN
Makalah ini dilatarbelakangi oleh tinjauan pendidikan yang akan
datang (di masa depan), dengan faktor-faktor yang menentukan pendidikan
Indonesia nantinya, maka tindakan antisipatif dan adaptif yang tepat dan
berwawasan luas dianggap akan mampu mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan.
Sejalan dengan prinsip pendidikan yang dikemukakan Kasmadi (1992), hendaknya
diterapkan dalam perkembangan dunia yang semakin global dengan tantangan utama
(oleh Pannen : 1999) masalah nilai tambah dan kesejahteraan, hilangnya batas
negara dan dominasi ilmu pengetahuan dan teknologi pada negara-negara
berkembang. Dalam pada itu kesulitan-kesulitan yang dihadapi pendekatan
tradisional dan konvensional dalam pemecahan masalah pendidikan menghantarkan
pada perlunya pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Makalah ini dibatasi pada
pemanfaatan teknologi dalam pendidikan secara umum, yaitu cara pemanfatan
teknologi dalam pendidikan.